Jepang Mengeluarkan Paspor Vaksinasi Covid-19 Untuk Warganya yang ke Luar Negeri

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 13 Juli 2021 - 14:00 WIB

Festival Sakura Kawazu, Jepang (Foto:facebook.com/KunjungiJepang)
Festival Sakura Kawazu, Jepang (Foto:facebook.com/KunjungiJepang)

INDUSTRY.co.id - Pemerintah Jepang telah mengumumkan bahwa negara tersebut akan mengeluarkan paspor vaksinasi Covid-19 secara gratis, untuk warganya yang sudah divaksin yang hendak berpergian ke luar negeri. 

Dilansir dari laman Times of India, Selasa (13/7/2021), menurut juru bicara pemerintahan, paspor vaksin tersebut tersedia untuk warga Jepang yang sepenuhnya divakisnasi Covid-19. 

Menurut laporan tersebut paspor vaksinasi mulai diterbitkan pada 26 Juli 2021 dalam bentuk kertas, sedangkan dalam bentuk digital sedang dipertimbangkan. Selain itu juga dilaporan beberapa kotamadya di Jepang akan dapat mengeluarkan sertifikat pada hari yang sama.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Katsunobu Kato menyebutkan bahwa pemerintah juga sedang merenungkan apakah akan memulai sertifikat tersebut untuk kegiatan ekonomi dalam negeri atau tidak, seperti yang diminta oleh komunitas bisnis.

Sementara, Federasi Bisnis Jepang, Keidanren menyarankan penggunaan sertifikat vaksin untuk meningkatkan batas kehadiran acara dan untuk diskon restoran di Jepang.

Jepang berharap untuk mendapatkan paspor vaksinasi yang diterima oleh negara-negara seperti Yunani, Italia, dan Perancis. Paspor vaksinasi harus memungkinkan wisatawan untuk tidak melakukan karantina, atau mungkin mendapatkan pengurangan masa karantina pada saat kedatangan.

Saat ini Jepang meningkatkan program vaksinasi. Jepang sudah memulai vaksinasi pada Februari 2021 yang diawali dari petugas kesehatan dan diperluas bagi warga usia 65 tahun ke atas mulai April. Pemerintah Jepang telah menyetujui tiga vaksin, yaitu Pfizer-BioNTech, Oxford-AstraZeneca dan Takeda, versi lokal dari vaksin mRNA buatan perusahaan AS Moderna.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.