Tips Cara Membuatnya Teh Hijau yang Sehat Anti Pahit dan Hambar

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 13 Juli 2021 - 12:00 WIB

Teh Hijau (ist)
Teh Hijau (ist)

INDUSTRY.co.id - Teh hijau merupakan minuman yang terkenal sehat untuk dikonsumsi apalagi bagi yang sedang menjalani hidup sehat ataupun diet. Teh hijau sangat populer karena dianggap sebagai teh penurunan berat badan. Selain itu, minuman ini juga mengandung nol kalori dan secangkir teh hiau dalam sehari dipercaya dapat memberikan sejumlah antioksidan yang baik untuk tubuh. 

Namun, ada beberapa orang yang tidak menyukainya karena rasanya yang pahit dan hambar. Jika Kamu ingin mencoba teh hijau tapi tetap ingin terasa enak dan sehat, berikut dilansir dari laman Times of India ini beberapa cara membuat campuran minuman teh hijau anti pahit dan hambar. 

Cara yang tepat untuk menyeduh

Umumnya, cara menyeduh teh hijau hanya dengan rebusan air atau merendam kantong teh hijau ke dalam cangkir berisi air hangat. Ternyata, cara tersebut dapat merusak atau menghilangkan rasanya. 

Lebih baik, tuangkan secangkir air ke dalam wajan dan letakkan di atas api sedang. Setelah mendidih, matikan apinya. Tambahkan air matang ke dalam cangkir dan tambahkan satu sendok teh daun teh hijau ke dalam saringan dan taruh di cangkir. Pastikan bagian bawah saringan benar-benar tenggelam dalam air dan daunnya direndam dalam air. Diamkan hanya selama dua menit setelah itu aduk dan teh hijau siap diminum.

Tambahkan madu dan lemon

Lemon dan madu adalah tambahan campuran favorit untuk teh hijau. Lemon memberikan sentuhan jeruk yang baik pada teh dan memberikan rasa segar. Di sisi lain, madu memberikan jenis rasa manis yang alami. Kamu juga dapat menambahkan beberapa jahe parut segar jika Kamu suka teh terasa sedikit pedas. Selain itu, lemon juga membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik dari teh hijau.

Tambahkan daun mint dan rempah-rempah

Jika Kamu menyukai teh herbal, maka tambahkan tiga sampai empat daun mint ke dalam cangkir. Ini akan memberikan rasa mint yang menyenangkan untuk teh hijau. Mint tidak hanya akan menambah rasa tetapi akan membuatnya lebih sehat.

Selain itu, Kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan rempah-rempah seperti, batang kayu manis, beberapa merica yang dihancurkan yang dipercaya dapat meningkatkan nilai gizinya dan juga menambah rasanya. Jika Kamu tidak suka madu, kayu manis bisa menjadi pengganti yang baik.

Dengan cemilan

Jika minum teh saja tampak membosankan bagi Kamu, padukanlah dengan camilan sehat. Hindari camilan berminyak dan digoreng saat minum teh hijau, karena membuat manfaat teh hijau tidak efektif. Kamu bisa memilih beberapa camilan sehat seperti, keripik kedelai, keripik wortel panggang, atau biskuit gandum.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dr. Justisiari P. Kusumah, S.H., M.H. – Managing Partner K&K Advocates

Kamis, 23 September 2021 - 21:30 WIB

Memetakan Tanggung Jawab Platform Intermediary di Indonesia

Kehadiran Platform Intermediary/Platform Perantara sebagai akses informasi dan pengetahuan masih terus menjadi perbincangan dalam aspek tanggungjawab dan kewajiban hukum. Kemudahan konvergensi…

Merger BGR ke dalam PPI sesuai amanah Presiden yang telah diturunkan melalui PP Nomor 97 tahun 2021.

Kamis, 23 September 2021 - 21:29 WIB

Calon Holding Pangan Dukung Penuh Proses Penggabungan BGR ke dalam PPI

akarta-Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) / RNI, Arief Prasetyo Adi, sambangi Kantor Pusat PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) / PPI guna memberikan dukungan…

PT Link Net Tbk (LINK) (Foto DokIndustry.co.id)

Kamis, 23 September 2021 - 21:01 WIB

Curhat Pelanggan Direspon Cepat, Link Net Dianugerahi Penghargaan Indonesia Customer Service Champions

Jakarta– Dalam mewujudkan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan, PT Link Net Tbk dengan brand First Media terus melakukan berbagai upaya dan optimalisasi layanan,…

Produk Mie BonCabe level 30 Rasa Ramen Pedas yang diluncurkan PT Kobe Boga Utama, Kamis (23/09/2021), di Tangerang, Provinsi Banten. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Kamis, 23 September 2021 - 20:59 WIB

Kobe Boga Utama Luncurkan Mie BonCabe Level 30 Rasa Ramen Pedas

PT Kobe Boga Utama meluncurkan produk baru Mie BonCabe level 30 rasa Ramen Pedas pada acara Live Event “Ngeramen BonCabe” pada Kamis (23/09/2021). Acara tersebut dimeriahkan oleh para komika,…

Jalin Kerja Sama, Kemenag dan Perpusnas Luncurkan Portal Web Kepustakaan Keagamaan

Kamis, 23 September 2021 - 20:46 WIB

Pemulihan Pembelajaran di Madrasah Mengandalkan Buku Teks

Jakarta-Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meluncurkan portal web Kepustakaan Keagamaan.