Ini Kata Ahli Alasan Mengapa Orang Suka Marah-Marah Ketika Lapar

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 08 Juli 2021 - 14:00 WIB

Makan Junk Food (Dok: Halodoc)
Makan Junk Food (Dok: Halodoc)

INDUSTRY.co.id - Pernahkah Kamu merasa emosi, uring-uringan atau bahkan marah ketika sedang lapar? Ya, mungkin untuk sebagian orang merasakan hal tersebut dan mungkin ada yang tidak menyadarinya.

Menariknya, beberapa orang menyebut situasi ini sebagai 'hangry' atau perpaduan antara lapar dan marah. Jika Kamu pernah mengalami hal tersebut, jangan perlu khawatir. Mungkin, sebagaian orang pernah mengalami hal serupa. Tapi pernahkah Kamu bertanya-tanya apa yang membuat Kamu begitu marah dan emosi ketika lapar?

Menurut Praktisi Kesehatan dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik Shilpa Arora, makanan adalah bahan bakar untuk otak sehingga, dapat memberi energi pada setiap sel dalam tubuh. Penipisan nutrisi karena kelangkaan makanan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan indikasinya termasuk marah dan pemarah, mengalami kehilangan otot dan berbagai kekurangan. 

"Jika kita puas dan kenyang, kita melepaskan hormon untuk berbagai fungsi dalam tubuh kita. Serotonin dan melatonin adalah hormon yang membuat lebih santai. Sedangkan, jika kita tetap lapar tubuh kita masuk ke mode stres menghasilkan lebih banyak kortisol yang mengarah pada iritabilitas dan kemarahan," katanya seperti dikutip dari laman food ndtv.

Penjelasan sederhana, ketika lapar Kamu akan mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi untuk tubuh, seperti asupan karbohidrat, protein, dan lemak yang dicerna menjadi gula sederhana, asam amino dan asam lemak bebas. Nutrisi ini cenderung masuk ke aliran darah, dan didistribusikan ke organ dan jaringan yang digunakan untuk energi.

Ketika waktu berlalu setelah makan terakhir, jumlah nutrisi ini mulai turun inilah sebabnya mengapa mereka tidak sepenuhnya mencapai organ dan jaringan. Ketika kadar glukosa darah menurun, otak akan menganggapnya sebagai situasi kelaparan. Sementara bagian lain dari tubuh mungkin tidak tergantung pada glukosa untuk fungsinya, tetapi otak sangat tergantung padanya. 

Ketika glukosa menurunm akan menjadi sulit bagi otak berfungsi dengan baik. Sebagian orang mungkin akan merasa sulit berkonsentrasi, menjadi grogi dan pemarah. 

Jadi, cara terbaik untuk menghindari marah adalah dengan cepat makan sesuatu namun, cobalah makan makanan yang dapat memuaskan rasa lapar Kamu. Makanan sehat dan mengenyangkan seperti telur, gandum, kentang rebus, dan apel yang dapat mengenyangkan perut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wartawan Senior Eddie Karsito dan Tio Pakusadewo

Senin, 27 Juni 2022 - 13:10 WIB

Wartawan Senior Eddie Karsito Jadi Preman Gagu di Film Bunga Semerah Darah Karya Penyair Besar WS Rendra

Setelah banyak menolak karena alasan industri film kurang kondusif, Eddie Karsito akhirnya menerima peran untuk film ‘Bunga Semerah Darah’. Sebuah film yang ceritanya diadaptasi dari nukilan…

Infrastruktur listrik PLN

Senin, 27 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dugaan PLN Hambat Industri Pasang PLTS Atap, Ketua Umum AESI: Menteri ESDM Harus Lapor Presiden

Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa, menyarankan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan perihal kesulitan industri mendapatkan izin pemasangan…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…