Ahli Sebut Cokelat Putih Dapat Turunkan Berat Badan dan Cegah Nafsu Makan

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 07 Juli 2021 - 13:00 WIB

Cokelat Putih (Ist)
Cokelat Putih (Ist)

INDUSTRY.co.id - Kita semua tahu bahwa cokelat hitam dapat membantu menurunkan berat badan. Berbagai penelitian di seluruh dunia telah menunjukkan bahwa cokelat hitam memiliki kemampuan untuk mengurangi nafsu makan. 

Tapi, tahukah Kamu bahwa cokelat putih dapat membantu membakar lemak pada tubuh? Ya, benar! Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa makan cokelat putih berbahan susu dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Selain itu, penelitian yang dipublikasikan dalam The FASEB Journal yang dilakukan pada sekelompok wanita pascamenopause juga menemukan bahwa itu dapat membantu mengelola kadar gula darah juga. 

Dilansir dari laman food ndtv, Rabu (7/7/2021), penelitian ini dilakukan bersama oleh para peneliti dari Brigham dan para ahli dari University of Murcia di Spanyol. penelitan mengambil beberapa survei cross-over pada 19 wanita pascamenopause. Mereka makan cokelat putih 100 gram di pagi hari (satu jam setelah waktu bangun) atau di malam hari (satu jam sebelum tidur).

Hasilnya, makan cokelat putih di pagi atau malam hari tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Lalu, makan cokelat di pagi atau sore hari dapat memengaruhi nafsu makan, tidur, komposisi mikrobiota (kesehatan usus). Lalu hasil ketiga, asupan cokelat yang tinggi pada jam-jam pagi dapat membantu membakar lemak dan mengurangi kadar glukosa darah. Selanjutnya, makan cokelat putih pada malam hari lalu keesokan paginya akan merasa lebih fresh dan meningkatkan metabolisme.

Penulis penelitian, Dr Frank A.J.L Scheer menjelaskan temuan kami menyoroti bahwa tidak hanya 'apa' tetapi juga 'kapan' kita makan dapat berdampak pada mekanisme fisiologis yang terlibat dalam pengaturan berat badan.

Sesuai laporan ANI, penulis terkait Dr Marta Garaulet lebih lanjut menyatakan bahwa subjek penelitian tidak menambah berat badan meskipun meningkatkan asupan kalori mereka. Bahkan, mereka menemukan penurunan nafsu makan dan kenginan mengonsumsi makanan manis yang konsisten.

Mempertimbangkan semua faktor di atas, kami mengatakan, silakan dan nikmati cokelat putih saat melakukan diet penurunan berat badan. Tapi selalu ingat, moderasi adalah kunci! Juga, konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan sesuatu yang baru ke dalam diet.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jalin Kerja Sama, Kemenag dan Perpusnas Luncurkan Portal Web Kepustakaan Keagamaan

Kamis, 23 September 2021 - 20:46 WIB

Pemulihan Pembelajaran di Madrasah Mengandalkan Buku Teks

Jakarta-Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meluncurkan portal web Kepustakaan Keagamaan.

Ilustrasi Digital Skills (Ist)

Kamis, 23 September 2021 - 20:45 WIB

Pentingnya Memiliki Kemampuan Digital Saat Ini

Berkembangnya teknologi digital juga turut membawa kemampuan-kemampuan baru yang bisa dimiliki oleh masyarakat khususnya para generasi muda dan usia produktif. Mereka juga harus mengetahui sebenarnya…

JULO meluncurkan fitur lengkap kredit digital untuk dapat Hidupkan Hidupmu melalui stabilitas keuangan

Kamis, 23 September 2021 - 20:36 WIB

Dahsyat! Perusahaan Teknologi Karya Anak Bangsa Ini Ciptakan JULO, Kredit Digital Lengkapi Fitur Isi Pulsa Hingga Scan QRIS

JAKARTA- Sebagai perusahaan teknologi asal Indonesia, PT JULO Teknologi Finansial (JULO) meluncurkan kredit digital dengan berbagai fitur transaksi meliputi kelengkapan transaksi cash dan non-cash.

Direktur Human Capital Pegadaian Ridwan Arbian Syah

Kamis, 23 September 2021 - 20:18 WIB

Paling Disasar Pencari Kerja, BUMN Pegadaian Beberkan Rahasia Kelola SDM sehingga Raih Berbagai Penghargaan

Jakarta- PT Pegadaian menorehkan prestasi menggembirakan di bidang sumber daya manusia pada ajang penghargaan regional dan nasional. Perseroan meraih penghargaan HR Asia Best Companies to Work…

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

Kamis, 23 September 2021 - 20:15 WIB

Peluang dan Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh saat Pandemi Covid-19

Semenjak pandemi berlangsung dan pembelajaran dialihkan menjadi jarak jauh. Kita semua tiba-tiba menjadi guru baik untuk anak atau adik-adik.