Selain Air Kelapa, Berikut Makanan dan Minuman yang Dapat Atasi Dehidrasi

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 07 Juli 2021 - 10:00 WIB

Minum Susu (Foto Dok Merdeka)
Minum Susu (Foto Dok Merdeka)

INDUSTRY.co.id - Terkadang ketika sedang banyak kegiatan kita merasa tidak haus dan sering lupa untuk minum, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. 

Dehidrasi merupakan kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diambil. Banyak hal dapat menyebabkan Kamu menjadi dehidrasi, termasuk panas, obat-obatan, gangguan pencernaan, dan kelelahan berlebihan. Ini dapat menyebabkan merasa pingsan, pusing, haus, lelah, atau memiliki mulut kering atau kesulitan berfokus.

Dilansir dari laman healthline, Rabu (7/7/2021) berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat menyelamatkan Kamu dari dehidrasi. 

Air kelapa

Tidak dipungkiri lagi bahwa air kelapa memang baik dikonsumsi untuk yang sedang dehidrasi. Karena, air kelapa mengandung elektrolit yang merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk fungsi-fungsi penting, seperti keseimbangan cairan yang tepat dan menjaga jantung berdetak dalam ritme normal. 

Air kelapa sangat bagus untuk diminum ketika mengalami dehidrasi, karena menyediakan air yang sangat dibutuhkan dan memasok elektrolit dan beberapa karbohidrat, air kelapa juga dapat membantu mencegah kram otot. 

Kaldu dan sup

Seperti air kelapa, kaldu dan sup memberikan kandungan air dan elektrolit yang tinggi. Diketahui, kaldu tulang dan sup lainnya dengan protein hewani juga menyediakan kolagen. Ini adalah protein yang berasal dari hewani yang penting untuk sendi yang sehat, yang mungkin sangat penting jika dehidrasi yang disebabkan oleh kelelahan berlebihan.

Jika Kamu membuat kaldu tulang di rumah, perlu diingat bahwa memasaknya selama lebih dari delapan jam agar dapat meningkatkan kandungan kalsium dan magnesiumnya. Mineral ini masing-masing penting untuk tulang dan otot. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran yang berbeda juga meningkatkan nutrisi. 

Semangka dan melon

Buah dan sayuran memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat menjadi pilihan yang bagus untuk membuat Kamu tetap terhidrasi. Ini terutama berlaku dengan buah-buahan seperti semangka, melon madu, dan cantaloupe (blewah). Ini semua memiliki kandungan air yang sangat tinggi yang baik untuk dijadikan pilihan ketika Kamu mengalami dehidrasi.

Gazpacho

Gazpacho adalah sup tomat dan sayuran mentah yang populer di Spanyol dan Portugal, terutama di bulan-bulan musim panas. Untuk membuat gazpacho, Kamu dapat mencampur tomat mentah bersama mentimun dingin, sepotong paprika, minyak zaitun, bawang putih, bawang merah, dan sedikit garam dan merica, lalu dimasak menjadi hidangan yang menyegarkan dan menghidrasi.

Susu

Segelas susu memberikan cairan serta protein, karbohidrat, dan lemak. Ini adalah pilihan yang baik untuk untuk Kamu karena mengandung banyak elektrolit yang membantu menghilangkan dehidrasi.

Susu tinggi air dan memiliki elektrolit dan nutrisi penting. Ini adalah pilihan yang bagus jika Kamu dehidrasi karena terlalu sering mengalami gangguan atau panas, atau jika Kamu sedang mengalami nafsu makan yang buruk.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).