Selain Air Kelapa, Berikut Makanan dan Minuman yang Dapat Atasi Dehidrasi

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 07 Juli 2021 - 10:00 WIB

Minum Susu (Foto Dok Merdeka)
Minum Susu (Foto Dok Merdeka)

INDUSTRY.co.id - Terkadang ketika sedang banyak kegiatan kita merasa tidak haus dan sering lupa untuk minum, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. 

Dehidrasi merupakan kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diambil. Banyak hal dapat menyebabkan Kamu menjadi dehidrasi, termasuk panas, obat-obatan, gangguan pencernaan, dan kelelahan berlebihan. Ini dapat menyebabkan merasa pingsan, pusing, haus, lelah, atau memiliki mulut kering atau kesulitan berfokus.

Dilansir dari laman healthline, Rabu (7/7/2021) berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat menyelamatkan Kamu dari dehidrasi. 

Air kelapa

Tidak dipungkiri lagi bahwa air kelapa memang baik dikonsumsi untuk yang sedang dehidrasi. Karena, air kelapa mengandung elektrolit yang merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk fungsi-fungsi penting, seperti keseimbangan cairan yang tepat dan menjaga jantung berdetak dalam ritme normal. 

Air kelapa sangat bagus untuk diminum ketika mengalami dehidrasi, karena menyediakan air yang sangat dibutuhkan dan memasok elektrolit dan beberapa karbohidrat, air kelapa juga dapat membantu mencegah kram otot. 

Kaldu dan sup

Seperti air kelapa, kaldu dan sup memberikan kandungan air dan elektrolit yang tinggi. Diketahui, kaldu tulang dan sup lainnya dengan protein hewani juga menyediakan kolagen. Ini adalah protein yang berasal dari hewani yang penting untuk sendi yang sehat, yang mungkin sangat penting jika dehidrasi yang disebabkan oleh kelelahan berlebihan.

Jika Kamu membuat kaldu tulang di rumah, perlu diingat bahwa memasaknya selama lebih dari delapan jam agar dapat meningkatkan kandungan kalsium dan magnesiumnya. Mineral ini masing-masing penting untuk tulang dan otot. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran yang berbeda juga meningkatkan nutrisi. 

Semangka dan melon

Buah dan sayuran memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat menjadi pilihan yang bagus untuk membuat Kamu tetap terhidrasi. Ini terutama berlaku dengan buah-buahan seperti semangka, melon madu, dan cantaloupe (blewah). Ini semua memiliki kandungan air yang sangat tinggi yang baik untuk dijadikan pilihan ketika Kamu mengalami dehidrasi.

Gazpacho

Gazpacho adalah sup tomat dan sayuran mentah yang populer di Spanyol dan Portugal, terutama di bulan-bulan musim panas. Untuk membuat gazpacho, Kamu dapat mencampur tomat mentah bersama mentimun dingin, sepotong paprika, minyak zaitun, bawang putih, bawang merah, dan sedikit garam dan merica, lalu dimasak menjadi hidangan yang menyegarkan dan menghidrasi.

Susu

Segelas susu memberikan cairan serta protein, karbohidrat, dan lemak. Ini adalah pilihan yang baik untuk untuk Kamu karena mengandung banyak elektrolit yang membantu menghilangkan dehidrasi.

Susu tinggi air dan memiliki elektrolit dan nutrisi penting. Ini adalah pilihan yang bagus jika Kamu dehidrasi karena terlalu sering mengalami gangguan atau panas, atau jika Kamu sedang mengalami nafsu makan yang buruk.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dr. Justisiari P. Kusumah, S.H., M.H. – Managing Partner K&K Advocates

Kamis, 23 September 2021 - 21:30 WIB

Memetakan Tanggung Jawab Platform Intermediary di Indonesia

Kehadiran Platform Intermediary/Platform Perantara sebagai akses informasi dan pengetahuan masih terus menjadi perbincangan dalam aspek tanggungjawab dan kewajiban hukum. Kemudahan konvergensi…

Merger BGR ke dalam PPI sesuai amanah Presiden yang telah diturunkan melalui PP Nomor 97 tahun 2021.

Kamis, 23 September 2021 - 21:29 WIB

Calon Holding Pangan Dukung Penuh Proses Penggabungan BGR ke dalam PPI

akarta-Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) / RNI, Arief Prasetyo Adi, sambangi Kantor Pusat PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) / PPI guna memberikan dukungan…

PT Link Net Tbk (LINK) (Foto DokIndustry.co.id)

Kamis, 23 September 2021 - 21:01 WIB

Curhat Pelanggan Direspon Cepat, Link Net Dianugerahi Penghargaan Indonesia Customer Service Champions

Jakarta– Dalam mewujudkan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan, PT Link Net Tbk dengan brand First Media terus melakukan berbagai upaya dan optimalisasi layanan,…

Produk Mie BonCabe level 30 Rasa Ramen Pedas yang diluncurkan PT Kobe Boga Utama, Kamis (23/09/2021), di Tangerang, Provinsi Banten. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Kamis, 23 September 2021 - 20:59 WIB

Kobe Boga Utama Luncurkan Mie BonCabe Level 30 Rasa Ramen Pedas

PT Kobe Boga Utama meluncurkan produk baru Mie BonCabe level 30 rasa Ramen Pedas pada acara Live Event “Ngeramen BonCabe” pada Kamis (23/09/2021). Acara tersebut dimeriahkan oleh para komika,…

Jalin Kerja Sama, Kemenag dan Perpusnas Luncurkan Portal Web Kepustakaan Keagamaan

Kamis, 23 September 2021 - 20:46 WIB

Pemulihan Pembelajaran di Madrasah Mengandalkan Buku Teks

Jakarta-Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meluncurkan portal web Kepustakaan Keagamaan.