Suku Bunga Acuan Tetap untuk Mendorong Berlanjutnya Pemulihan Ekonomi Domestik

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 Mei 2017 - 11:11 WIB

Bank Indonesia
Bank Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta-- Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia hari ini memutuskan suku bunga acuan tidak berubah selama tujuh bulan berturut-turut untuk mendorong berlanjutnya pemulihan ekonomi, ditengah-tengah kenaikan harga menjelang bulan puasa dan Lebaran. 

Sesuai dengan perkiraan PT Bahana Sekuritas, bank sentral kembali menahan BI 7-day repo rate tetap sebesar 4,75%, dengan tetap melihat berbagai risiko global termasuk perkembangan kebijakan AS dan geopolitik yang terjadi di Semenanjung Korea, ditengah-tengah semakin kuatnya pertumbuhan ekonomi negara maju diantaranya US, Eropa dan Cina. Jepang juga sudah memperlihatkan perbaikan ekonomi, yang tercermin pada kenaikan permintaan domestik dan ekspor. 

''BI terlihat semakin optimis dengan perbaikan ekonomi secara global, khususnya untuk ekonomi domestik, BI melihat transmisi kebijakan moneter telah memberi kontribusi positif terhadap perbaikan ekonomi,'' ungkap Ekonom Fakhrul Fulvian. 

Pertumbuhan ekonomi domestik pada kuartal pertama tahun ini mencatat angka yang positif sebesar 5,01%, lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu dan juga dibandingkan kuartal empat 2016. Bank sentral memperkirakan perekonomian sepanjang tahun ini akan tumbuh dikisaran 5% - 5,4% secara tahunan, in line dengan perkiraan BI, Bahana memperkirakan perekonomian tumbuh 5,3% pada 2017.

Perbaikan ini terutama ditopang oleh peningkatan ekspor yang membuat neraca perdagangan tetap surplus hingga April serta memberi dampak lanjutan pada perbaikan defisit transaksi berjalan selama kuartal pertama. Defisit transaksi berjalan pada kuartal pertama 2017, tercatat sebesar $2,4 miliar atau defisit 1% dari produk domestik brutto (PDB), penurunan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan defisit pada kuartal pertama tahun lalu tercatat sebesar $4,7 miliar atau 2,1% dari PDB.

Sehingga Bahana memangkas perkiraan defisit transaksi berjalan pada akhir tahun ini menjadi 1,6% dari PDB, dibandingkan perkiraan sebelumnya sebesar 2,1% dari PDB, juga perkiraan defisit untuk 2018 turun menjadi 2% dari perkiraan sebelumnya sebesar 2,3%. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Jumat, 03 Mei 2024 - 17:35 WIB

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, melakukan survei terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia . Temuan menunjukkan bahwa 54% UKM yang dipimpin oleh perempuan dan 48%…

Reboisasi lahan kritis merupakan upaya Telkom dalam pencegahan terjadinya erosi tanah

Jumat, 03 Mei 2024 - 16:48 WIB

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan pohon dengan penanaman…

Alfarisi Arifin, Direktur Utama Karubi Maru dan Enomoto Okuto, Kepala Koki Karubi Maru pada Pembukaan Gerai Kedua Karubi Maru Di Botani Square Mall Bogor

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:15 WIB

Gandeng Koki Asli Jepang Karubi Maru Berikan Pengalaman Menyantap Yakiniku Dalam Jyubako

Hadirkan pengalaman baru dalam menyantap yakiniku di dalam kemasan Jyubako atau yang lebih dikenal dengan bento box Karubi Maru buka gerai keduanya di Botani Square Mall Bogor.