Kesempatan Cuan Menjanjikan! Yuk Kenalan dengan Investasi Pinjaman Online dan Tips Memulainya

Oleh : Hariyanto | Senin, 21 Juni 2021 - 09:03 WIB

Iluastrasi Investasi-images IST
Iluastrasi Investasi-images IST

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tak ada yang bisa memprediksi kapan masa jaya seseorang akan tiba atau berakhir. Bisa saja seseorang yang saat ini sedang menikmati kesuksesan dalam karier atau keuangan, semuanya akan sirna dalam waktu dekat atau beberapa tahun ke depan.

Begitu pula sebaliknya, seseorang yang saat ini sedang terpuruk secara finansial sangat mungkin meraih kesuksesan di masa mendatang. Yang terpenting adalah bagaimana cara orang tersebut menjalani kehidupannya saat ini dan mempersiapkan masa depannya.

Berbicara soal cara menyiapkan masa depan, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan investasi, bukan? Ya, investasi merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan guna mempersiapkan kondisi finansial di masa mendatang.

Informasi yang diperoleh INDUSTRY.co.id, Senin (21/6/2021) menyebutkan bahwa investasi memiliki jenis yang beragam. Mayoritas masyarakat mungkin telah mengenal beberapa instrumen investasi, antara lain, saham, obligasi, pasar uang, dan sebagainya. Namun, mungkin baru sedikit saja yang pernah mendengar, atau bahkan terjun langsung pada produk investasi berupa investasi pinjaman online.

Nyatanya, pinjaman online bukanlah sekadar produk keuangan untuk mendapatkan bantuan finansial secara instan dan mudah. Melainkan, Anda juga bisa menggunakan layanan keuangan berbasis digital tersebut untuk investasi. Nah, bagi Anda yang masih awam dengan investasi pinjaman online, yuk simak penjelasan serta tips-tips memulainya berikut ini.

Apa Sih Investasi Pinjaman Online Itu?
Sesuai namanya, investasi pinjaman online merupakan suatu aktivitas menanam modal yang dilakukan dengan memberi pinjaman uang secara online guna mendapatkan keuntungan. Selain mampu memberikan cuan yang menjanjikan, produk investasi ini juga bisa dilakukan secara praktis dan mudah diakses.

Kunci utama dalam menjalani investasi ini adalah memastikan kredibilitas perusahaan investasinya. Bila perlu, lakukan riset lebih dulu guna mencari tahu apakah perusahaan investasi pinjaman daring tersebut aman dan dapat dipercaya. Pasalnya, kalau asal memilih media untuk berinvestasi pinjaman online, Anda berisiko mengalami kerugian karena ulah oknum yang tak bertanggung jawab.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Sebab, sekarang sudah ada banyak perusahaan penyedia layanan investasi pinjol yang dilengkapi dengan pengelolaan profesional, terpercaya, serta sistem keamanan terpadu. Selain itu, investasi jenis ini juga bisa dilakukan dalam jangka panjang karena layanan pinjaman online langsung cair dengan syarat KTP tidak akan pernah surut pengguna.

Sederet Tips Berinvestasi Pinjaman Online
Investasi identik dengan istilah “high risk, high return”. Artinya, keuntungan yang besar dalam berinvestasi berjalan searah dengan risiko kerugiannya. Hal serupa juga akan Anda rasakan saat berinvestasi pada pinjaman online ini.
Meski begitu, bagi pemula, ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan guna mengamankan investasi pinjaman online dan meminimalisir risikonya. Berikut adalah beberapa di antaranya.

- Cek Legalitas Perusahaan
Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum terjun ke dunia investasi pinjaman online adalah memeriksa legalitas perusahaan yang akan digunakan. Pilihlah perusahaan atau fintech yang memiliki legalitas dan kredibilitas yang sah, juga jelas.

Salah satu ciri fintech atau penyedia layanan pinjaman online yang legal dan terpercaya adalah yang telah mengantongi status terdaftar atau izin usaha dari OJK. Untuk mengeceknya, Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi OJK dan cek apakah perusahaan pinjaman online berada di bawah pengawasan lembaga tersebut atau tidak.

- Keuntungan yang Ditawarkan Layanan Pinjaman Online Wajar
Seperti yang sempat disinggung sedikit sebelumnya, keuntungan berinvestasi berbanding lurus dengan risiko yang diberikannya. Jika ada investasi pinjaman online yang menawarkan keuntungan tak masuk akal, waspada akan risiko penipuan. Pasalnya, dalam ukuran wajarnya, keuntungan investasi kredit online berada pada rasio 10 sampai 20 persen setiap tahunnya.

- Pahami Produk serta Skema Investasi
Tak kalah pentingnya, sebelum menanamkan modal pada sebuah layanan pinjaman online, pahami dulu produk investasi yang ditawarkan beserta skemanya. Hal tersebut meliputi nominal dana yang perlu diinvestasikan dan potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Selaku investor, tentu Anda harus melakukan penelusuran terhadap ulasan serta testimoni dari pengguna lainnya. Tujuannya tak lain agar terhindar dari risiko kerugian akibat penipuan dan sebagainya.

- Cari Tahu Struktur Organisasi atau Perusahaan Jasa Investasi
Kredibilitas perusahaan layanan investasi pinjaman online dapat dibuktikan dengan cara melihat struktur organisasinya. Gali informasi sebanyak mungkin terkait perusahaan pinjaman online yang bakal Anda jadikan platform untuk berinvestasi.

Pastikan lembaga keuangan tersebut mampu menjamin keamanan data nasabah dan investasinya, serta mempunyai reputasi yang mumpuni. Berbasis online, Anda tentu tidak akan kesulitan untuk mencari review sebuah layanan pinjaman online dari pengguna sebelumnya di internet. Yang terpenting, cek ulasan pada situs atau forum yang netral agar bisa mendapatkan hasil penelusuran yang akurat.

Lindungi Kondisi Keuangan di Masa Depan dengan Berinvestasi
Investasi adalah salah satu cara yang kerap dilakukan oleh banyak orang untuk mempersiapkan keuangan di masa depan. Melalui investasi, Anda bisa lebih cepat mencapai tujuan finansial yang ingin diraih, ataupun mempersiapkan dana pensiun di masa tua nanti. Nah, sebagai salah satu instrumen investasi dengan potensi cuan menjanjikan dan relatif minim risiko, pastikan untuk mengikuti tips-tips di atas jika ingin terjun ke investasi pinjaman online.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 22:05 WIB

Menperin Agus Ajak Industri Semen Berpartisipasi Kelola Limbah Medis

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah dalam proses menggerakkan industri semen untuk berpartisipasi dalam mengelola limbah medis di dalam negeri yang volumenya semakin meningkat.

dr soap luncurkan kampanye penyelamatan bumi

Rabu, 04 Agustus 2021 - 22:04 WIB

Ajak Masyarakat Cintai Bumi, dr soap Adakan Program Return & Earn untuk Daur Ulang Sampah

Upaya untuk menyelamatkan bumi terus dilakukan oleh berbagai pihak. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan formula yang ramah lingkungan. Selain tentu saja secara aktif ikut dalam upaya…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:55 WIB

Menperin Agus Sebut Insentif Fiskal untuk Industri Hijau Tengah Digodok Antar Kementerian/Lembaga

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya memacu penerapan industri hijau di Tanah Air, salah satunya upayanya melalui pemberian insentif fiskal. Menteri Perindustrian (Menperin)…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:52 WIB

Indonesia 4.0 Conference & Expo 2021 Menghadirkan Lebih dari 120 Perusahaan Penyedia Teknologi dan Solusi Bagi Industri 4.0

Jakarta-Sejak peluncuran Making Indonesia 4.0, Kementerian Perindustrian mengimplementasikan industri 4.0 pada berbagai sektor industri nasional melalui berbagai upaya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:30 WIB

Menperin Agus Bakal Percepat Industri Nasional Bertransformasi Terapkan Teknologi Industri 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu implementasi industri 4.0 di berbagai sektor industri nasional melalui berbagai upaya. Satu di antaranya pelaksanaan program Indonesia Industry…