Ini Lho, Cara Atur Pola Makan yang Sehat Selama Puasa

Oleh : Irvan AF | Kamis, 18 Mei 2017 - 23:10 WIB

 Pakar nutrisi, Rita Ramayulis (kanan) saat berbicara pada talkshow "Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips", Senin (15/5/2017). (Foto: IST)
Pakar nutrisi, Rita Ramayulis (kanan) saat berbicara pada talkshow "Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips", Senin (15/5/2017). (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Umat Islam sedang menanti tibanya waktu yang sangat khusus, bulan suci Ramadan, dimana di bulan ini dilakukan kewajiban berpuasa selama sebulan penuh.

Dalam melaksanakan salah satu rukun Islam ini, umat Islam dituntut menjaga kesehatan dan kebugaran agar bisa menjalankan ibadah puasa dan amalan-amalan lainnya. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah menjaga pola makanan dengan menyantap makanan dan minuman yang menyehatkan dan menjaga kebugaran tubuh.

"Berpuasa adalah kesempatan bagi kita untuk hidup sehat karena memungkinkan tubuh mengalami pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami (detoksifikasi). Namun sayangnya ada banyak orang yang berpuasa tidak maksimal lantaran mengabaikan asupan makanan saat bersahur, berbuka dan saat makan malam," kata pakar nutrisi, DR.(c). Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, saat berbicara di kegiatan talkshow "Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips" di Hotel Ayana Midplaza, Sudirman, Senin (15/5/2017).

Rita menjelaskan puasa terbukti secara klinis berkhasiat dalam menjaga kesehatan karena puasa memberikan kesempatan bagi organ pencernaan beristirahat selama lebih kurang 14 jam, saat itulah terjadi proses regenerasi pada organ pankreas, usus, hati, kandung empedu, lambung dan terjadi penurunan free radical.

Saat berpuasa, paparnya, kebutuhan energi menjadi lebih sedikit meskipun kegiatan tetap sama seperti hari-hari biasanya. Hal itu terjadi lantaran efek puasa yang secara otomatis membuat tubuh melakukan penghematan energi. Tubuh akan beradaptasi dimana penggunaan energi untuk tubuh bekerja akan menurun dibanding jika seseorang sedang tidak berpuasa.

"Karena itu, konsumsi makanan perlu diatur, makanan harus tetap seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah, air serta serat sesuai dengan kebutuhan kalori. Tidak kalah pentingnya, hindari makanan dengan kalori tinggi dan yang menyebabkan dehidrasi karena akan mengganggu metabolisme tubuh untuk detoksifikasi".

Survei yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan menggarisbawahi bahwa menu makanan saat puasa sebaiknya tetap mengikuti prinsip seimbang dan beranekaragam terdiri dari 50% karbohidrat, 25% lemak dan 15% protein dari total kebutuhan energi, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan setiap orang. Sedangkan porsi makan sahur yang dianjurkan adalah 1/3 dari kebutuhan kalori sehari dan tidak terlalu kenyang.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi angkatan muda Partai Golkar. (Romeo Gacad/AFP)

Kamis, 25 April 2019 - 11:55 WIB

Ini 5 Caleg Kaltim Berpotensi ke Senayan

Partai Golkar menduduki posisi teratas perolehan suara sementara pileg daerah pemilihan Kaltim tahun 2019.m

OPPO F11 Pro Avengers

Kamis, 25 April 2019 - 11:39 WIB

OPPO Gandeng Marvel Studio Luncurkan F11 Pro Avengers: Endgame Edisi Terbatas

OPPO mengumumkan kerja sama dengan Marvel Studios yang memproduksi film Avengers: Endgame untuk meluncurkan edisi terbatas F11 Pro Avengers. Produk eksklusif ini akan menghadirkan pengalaman…

Ramadhan Buffet Millennium Hotel

Kamis, 25 April 2019 - 11:06 WIB

Berbagi Keindahan Semangat Ramadhan bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

Menyambut datangnya bulan suci penuh berkah yang menjadi perayaan penting bagi umat Muslim di seluruh dunia ini, Millennium Hotel Sirih Jakarta kembali hadir dengan berbagai penawaran promo…

Perkenalan jajaran direksi BGR Logistics

Kamis, 25 April 2019 - 10:49 WIB

Kementerian BUMN Lakukan Perubahan Susunan Direksi BGR Logistics

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini M. Soemarno, dalam lRapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, melakukan perubahan susunan direksi BGR Logistics…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Kamis, 25 April 2019 - 10:46 WIB

Tren Digital, Ribuan Kantor Cabang Tutup

Era digitalisasi mengubah segalanya. Orang yang biasanya berbelanja harus datang ke toko, kini bisa membeli via online.