Cara Membuat Saus Tomat Rumahan yang Sehat untuk Anak-Anak

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 15 Juni 2021 - 13:15 WIB

Saus Tomat (Ist)
Saus Tomat (Ist)

INDUSTRY.co.id - Selain saus sambal, di rumah pasti Kamu sering menyediakan saus tomat botolan. Selain sebgai tambahan untuk bumbu masakan, saus tomat juga sering dipakai untuk teman makan gorengan, kentang, ataupu tempe. Rasanya yang manis dan gurih, membuat saus tomat ebih bisa dinikmati semua kalangan terutama anak-anak.

Saus tomat biasanya dijual di pasar ataupun supermarket dari berbagai merek serta ukuran. Meskipun lezat, kita tidak bisa pungkiri bahwa saus tomat botal ataupun kemasan mengandung bahan pengawet yang tidak bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi terus-menerus.

Maka dari itu, lebih baik dan sehat coba buat saus tomat di rumah. Meskipun terlihat susah dan ribet, tapi terjamin kesehatan dan lebih higienis. Dilansir dari laman indianexpress, Chef Kunal Kapur membagikan resep sederhana untuk membuat saus tomat di rumah yang cepat, dan sehat untuk keluarga terutama untuk anak-anak.

Bahan

1 kilogram tomat (potong kecil-kecil)
1 bit (ubi merah/opsional)
1/2 daun bawang (cincang)
3 siung bawang putih
1 ruas jahe (potong kecil)
3 siung bawang putih
1/2 cangkir gula
1/4 cangkir garam
cuka secukupnya
1 cabai merah kering

Cara membuat

Siapkan wajan, masukan potongan tomat kemudian masukan bahan-bahan lainnya. Lalu, masak selama 30 hingga 40 menit sampai tomat dan bahan-bahannya halus dan tercampur rata.

Kemudian, masukan campuran bahan tersebut ke dalam blender. Lalu, blender hingga teksturnya halus seperti saus tomat. Jika dirasa sudah halus, masukan saus tomat ke dalam botol. Saus tomat bisa dicoba sebagai cocolan gorengan, kentang, ayam goreng ataupun tempe goreng. Selamat mencoba.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional.

Peraih medali emas Hidilyn Diaz dari Filipina (Foto Reuters)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Anak Tukang Becak Ini Ungkap Rahasia Doa, Hingga Meraih Medali Emas Pertama Filipina di Olimpiade Tokyo

Jakarta-Para uskup Katolik Filipina mengucapkan selamat kepada Hidilyn Diaz, atas prestasinya meraih medali emas Olimpiade pertama Filipina. Atlet angkat besi ini, tidak hanya atas kemenangannya…

Menpora Amali Pastikan Semua Atlet Olimpiade Tokyo Dapat Apresiasi dari Pemerintah Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi dari pemerintah. Terutama para atlet yang sudah menyumbangkan medali untuk Indonesia dalam ajang olahraga paling bergengsi di dunia tersebut.(foto:putra/kemenpora.go.id)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Menpora Amali Sampaikan Kabar Baik! Semua Atlet Olimpiade Tokyo Akan Dapat Apresiasi dari Pemerintah

Jakarta-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi…

Ilustrasi Perjalanan Udara (Shutterstock)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 12:30 WIB

Krisis Covid-19, India Perpanjang Larangan Penerbangan Internasional Hingga 31 Agustsus 2021

India sekali lagi telah memperpanjang larangan penerbangan internasional hingga 31 Agustus 2021. Hal ini sesuai surat edaran yang telah dikeluarkan oleh regulator penerbangan Direktorat Jenderal…

HIPPINDO Buka Sentra Vaksinasi di Solo

Minggu, 01 Agustus 2021 - 12:28 WIB

Perluas Akses Vaksinasi Covid-19, HIPPINDO Buka Sentra Vaksinasi di Solo

Untuk membantu akselerasi program vaksinasi nasional, HIPPINDO memperluas akses vaksinasi Covid-19 dengan menyelenggarakan sentra vaksinasi di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah…