Main Smartphone Bisa Sebabkan Jerawat dan Keriput

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 15 Juni 2021 - 12:15 WIB

Bahaya Bermain Smartphone Pada Kulit (Ist)
Bahaya Bermain Smartphone Pada Kulit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Selama pandemi, ketergantukan terhadap gagdet atau smartphone meningkat. Setiap hari, setiap waktu tatap mata dan genggaman tangan tidak pernah teralihkan dari layar smartphone. Apalagi semua informasi pun dapat dengan mudah dicari di smartphone.

Namun, penggunaan smartphone yang berlebihan dapat mengkibatkan gangguan kesehatan. Peningkatakan paparan dapat menyebabkan banyak masalah seperti sakit kelapa, nyeri leher, masalah penglihatan, bahkan dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, dan keriput.

Dilansir dari laman Indianexpress, Selasa (15/6/2021), seorang influencer kencatikan, Soumali Adhikary memberikan beberapa permasalahan kulit yang diakibatkan oleh penggunaan smartphone yang berlebihan dan cara mengatasinya.

Jerawat

Ketika mengangkat telepon, bakteri dan kotoran yang ada di smartphone bisa berpindah ke kulit wajaha yang dapat memicu terjadi jerawat bahkan bisa membuat peradangan pada kulit.

Cara mengatasi 

Bersihkan smartphone Kamu setiap hari dengan tisu antibakteri dan pastikan untuk membersihkannya segera setelah orang lain menggunakannya. 

Alergi

Jika tiba-tiba terdapat ruam, kemerahan di pipi Kamu, kemungkinan Kamu mengalami reaksi alergi karena penggunaan smartphone. Ini disebabkan sartphone menggunakan nikel dan kromium di dalam case yang menyebabkan dermatitis pada kulit atau disebut alergi.

Cara mengatasi

Solusinya, gunakan case smartphone agar tidak terkena langsung ke kulit jika mengangkat telepon. 

Keriput 

Terus-menerus menatap layar smartphone Kamu dapat memicu kerutan di sekitar mata, dan membuat leher terasa pegal. Umumnya kerutan dapat muncul di area sekitar alis. 

Cara mengatasinya

Para ahli menyarankan jika memegang smartphone sejajar dengan area mata. Lalu, gunakan krim mata yang memberikan efek merelaksasi, lalu krim firming kulit untuk mendukung fleksibilitas dan mengandung kolagen.

Cahaya biru 

Cahaya biru ini dapat menembus ke kulit Kamu. Menggunakan smartphone terus-menerus selama tiga jam dapat menyebabkan kulit seperti terpapar sinar matahari selama satu jam tanpa menggunakan sunscreen. Tentu hal ini dapat membahayakan kulit.

Cara mengatasi

Trik sederhana untuk menghindari pigmentasi cahaya biru adalah mengubah kebiasaan menggunakan ponsel terus-menerus. Cara lain, Kamu bisa beralih ke mode gelap atau malam serta menurunkan kecerahan pada smartphone Kamu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…