Wow, Dahsyat! Harta Karun RI Kembali Ditemukan, Nilainya Bikin Geleng-geleng

Oleh : Ridwan | Selasa, 08 Juni 2021 - 15:30 WIB

Ilustrasi Cadangan Gas Bumi RI (ist)
Ilustrasi Cadangan Gas Bumi RI (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dulu Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia, tapi nyatanya, cadangan minyak di Indonesia diperkirakan hanya tersisa 9,5 tahun lagi.

Tetapi, cadangan minyak dan gas bumi Indonesia saat ini bertambah, pasalnya perusahaan asal Italia, Eni, berhasil menemukan cadangan migas besar di Kalimantan Timur.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai penemuan cadangan migas di lepas pantai Kalimantan Timur memberikan sinyal bahwa Indonesia masih memiliki potensi cadangan migas yang cukup besar.

Temuan cadangan migas ini setelah dilakukan kegiatan pemboran sumur appraisal Maha-2 di Wilayah Kerja West Ganal. Pemboran dimulai pada tanggal 16 April 2021 dan mencapai kedalaman akhir yaitu 2.970 meter dengan kedalaman air 1.115 meter pada tanggal 12 Mei 2021.

"Ini salah satu sinyal bahwa Indonesia masih punya cadangan migas yang cukup besar dan ini bukan sinyal yang pertama. Sinyal sebelumnya di blok West Madura pun sudah ditemukan. Saya kira dengan penemuan cadangan migas yang dilakukan Eni menambah sinyal bahwa industri migas kita belum sunset," ujarnya ketika dihubungi, Selasa (8/6/2021).

Menurutnya, penemuan cadangan di lapangan ini juga menunjukkan investasi hulu migas Indonesia masih cukup menjanjikan. Penemuan ini menunjukkan kepercayaan Eni sebagai salah satu perusahaan migas asal Italia terhadap prospek industri hulu migas di Indonesia.

"Ini seperti gula untuk menarik semut, dalam hal ini investor, bahwa Indonesia ini masih punya prospek besar. Tinggal bagaimana kita bisa mengoptimalkan potensi yang ada," ungkapnya.

Eni merupakan operator Blok West Ganal melalui afiliasinya, Eni West Ganal Limited, yang memegang 40 persen participating interest. Sementara Neptune Energy West Ganal B.V. dan PT Pertamina Hulu West Ganal masing-masing memegang 30 persen.

"Investasi hulu migas Indonesia masih menjanjikan dengan banyaknya cadangan yang belum dieksplorasi dan belum dioptimalkan," jelas Mamit. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi UMKM Go Digital (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:45 WIB

Untuk Bisa Bertahan di Masa Pandemi, UMKM Harus Punya Digital Skills

Di masa pandemi ini, banyak sekali perubahan yang tanpa disadari semua orang harus mengikutinya. Namun apapun yang terjadi saat ini masyarakat harus membuka diri dan berpikiran terbuka karena…

11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:17 WIB

Ekonomi Kawasan Banten Bakal Tumbuh Pesat, 11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jakarta– PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan sindikasi…

Ilustrasi Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:15 WIB

Perlunya Sosilasi Tuk Cegah Meningkatnya Kasus Kekerasan Gender Berbasis Online

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Sambal tabur BonCabe Level 50 Max End yang merupakan produk teranyar PT Kobe Boga Utama. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:11 WIB

BonCabe level 50 Max End, Maximize to The End

Jakarta - Para penggemar mie instan dan berbagai makanan gorengan tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya sambal, apalagi sambal botol alias sambal yang dikemas dalam botol dan penggunaannya…

Candi Borobudur

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:00 WIB

Ketum IMI Pastikan The FIM MXGP World Championship 2021 Digelar di Kawasan Candi Borobudur

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional bergengsi…