MOVI dan PUF Sains Lab Ciptakan Revolusi Rokok Elektrik Lewat NICSAL99+

Oleh : Hariyanto | Senin, 07 Juni 2021 - 19:13 WIB

Dok MOVI
Dok MOVI

INDUSTRY.co.id - Jakarta - MOVI (Ministery of Vape Indonesia) dan PT PUF Sains Lab mengembangkan jenis garam nikotin baru yang diberi nama NICSAL99+ yang memberikan sensasi tendangan yang jauh lebih halus dan nyaman ditenggorokan, sehingga dapat dipakai sebagai pengganti rokok konvensional sekaligus mengurangi risiko kesehatan konsumen dari asap rokok.

Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan tren di industri rokok konvensional yang mulai beralih ke rokok elektrik, telah memunculkan produk – produk alternatif dengan risiko yang lebih kecil kepada penikmat nikotin. Seperti diketahui asupan nikotin dari asap rokok menimbulkan risiko efek samping bagi kesehatan, karena mengandung lebih dari 250 zat berbahaya.

“Tinjauan baru kami memperkuat temuan, bahwa e-Cigg hanya sebagian kecil dari risiko merokok, setidaknya 95% lebih sedikit berbahaya dan risiko yang dapat diabaikan bagi para pengamat. Namun lebih dari separuh perokok memiliki keyakinan yang keliru, bahwa e-Cigg sama berbahayanya dengan merokok, atau mereka tidak mengetahui soal ini,” demikian pernyataan dari Kementerian Kesehatan Inggris (Public Health of England).

Public Health of England juga memperingatkan, bahwa bahaya yang diakibatkan dari rokok konvensional 20 kali lebih besar dari rokok elektrik.

“Banyak studi yang menunjukan, bahwa beralih dari rokok konvensional ke rokok elektrik berbasis uap (bukan asap) memberikan banyak benefit dan memperkecil risiko bagi konsumen. Dalam rangka mencari alternatif ini, MOVI Bersama PT PUF Sains Lab telah mengadakan riset selama 2 tahun belakangan melalui teknologi Low Pressure Low Temperature (LPLT) dan High Pressure Low Temperature (HPLT) untuk menemukan pengganti nikotin yang tepat, sehingga bisa membantu perokok beralih dari rokok konventional kepada rokok elektrik,” jelas Dimasz Jeremia, CEO MOVI yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (7/6/2021).

Dimasz yang juga Penasehat Aliansi Vaper Indonesia menuturkan, bahwa MOVI dan PUF Sains LAB adalah satu-satunya produsen natural extract tobacco yang menghadirkan sensasi kretek asli Indonesia dengan menggunakan ekstraksi tembakau lokal yang dibuat di lab MOVI sendiri.

“Kami ingin menumbuhkan kepercayaan bagi para konsumen, bahwa produk kami telah diteliti dan diproduksi dengan standar internasional, karena itu kami satu - satunya produsen yang membangun pabrik e-liquid dengan standar farmasi internasional, sehingga mutu dan kualitas produk kami bisa terjaga dengan baik,” tutur Dimasz.

“MOVI in a nut shell adalah perusahaan teknologi, dengan mengandalkan ekstraksi asli bahan alam, kami mengembangkan bio technology dan hardware technology, sehingga bisa membuat ENDS – electronic nicotin delivery system – yang terbaik,“ imbuh Dimasz.

Kesuksesan produk NICSAL99+ dibuktikan dengan telah dijalinnya kerjasama dengan merek e-liquid asal Amerika Serikat yaitu Five Pawns.  CEO Five Pawns, Galvin Tucker sendiri mengakui keunggulan dari NICSAL99+.

Pada bulan Juni ini, Five Pawns telah memberikan lisensi kepada MOVI untuk memproduksi e-liquid Five Pawns di luar California, USA, dengan menggunakan NICSALT99+. Five Pawns adalah merek legendaris dari California, dan untuk pertama kalinya memberikan ijin produksi e-liquid di luar fasilitas Five Pawn di Irvine, California.

“Indonesia adalah negara yang kaya, tembakau dan cengkeh kita diakui kualitasnya, tetapi sangat disayangkan merek dan produk rokok elektrik yang beredar di Indonesia kebanyakan berasal dari luar negeri,” tutur Dimasz.

Dimasz menegaskan, hingga saat ini banyak komoditi Indonesia yang diekspor dalam bentuk mentah, kemudian dijual kembali ke dalam negeri dengan harga mahal. Untuk menjadi negara maju, Indonesia membutuhkan engineering dan science know how.

“Kita membuktikan, bahwa kita mampu dan akan terus mengembangkan know how engineering seperti yang diutarakan oleh idola saya, almarhum BJ Habibie: Dimanapun engkau berada selalulah menjadi yang terbaik dan berikan yang terbaik dari yang bisa kita berikan,” kata Dimasz.

Oleh karena itu, MOVI berkomitment untuk terus melakukan riset dan pengembangan terkait teknikal know how di industri ini. “MOVI juga giat mengembangkan bio technology, dimana nantinya tidak hanya garam nikotin yang bisa digunakan dalam alat vaporisasi KUY, AFLO atau PUFF, tapi juga diisi dengan kafein dan berbagai ekstrak bahan alam Indonesia yang dapat memberikan efek positif bagi kesehatan,” papar Dimasz.

Sebagai informasi PT PUF Sains Lab terbuka untuk bekerja sama dengan produsen lokal, selebriti, dan influencer yang ingin menggunakan pabrik yang dimilikinya untuk memproduksi likuid. “Di Indonesia hanya PT PUF Sains Lab yang memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, kami menawarkan kerja sama atau joint operation seperti yang kami lakukan dengan brand asal Amerika, Five Pawns,” tandas Dimasz.

MOVI adalah market leader di industri rokok elektrik di Indonesia dengan beberapa merek yang dimiliki yakni KUY, ISWTCH, PUFF, AFLO, Komodo Breakfast, Skcub, DistrictOne21, DPRO, dan EMOJI. Untuk merek KUY, saat ini menjadi vapor replacement pod nomor satu di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…