Luar Biasa Inovasi AVEVA untuk Dunia Industri, Tahun Fiskal 2020/2021, AVEVA Tumbuh Signifikan dalam Layanan Perangkat Lunak Industri

Oleh : Kormen Barus | Senin, 31 Mei 2021 - 10:38 WIB

Tahun Fiskal 2020/2021, AVEVA Tumbuh Signifikan dalam Layanan Perangkat Lunak Industri
Tahun Fiskal 2020/2021, AVEVA Tumbuh Signifikan dalam Layanan Perangkat Lunak Industri

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Perusahaan global di bidang perangkat lunak industri AVEVA, baru-baru ini mengumumkan hasil kinerja perusahaan untuk tahun yang berakhir pada 31 Maret 2021 (FY21). Hasil tersebut menunjukkan bahwa AVEVA telah membuat kemajuan strategis, finansial, dan operasional dalam menghadapi pandemi.

Tahun lalu merupakan tahun pembuktian transformasi terbukti untuk AVEVA. Perusahaan dengan cepat merespon krisis Covid 19 melalui pemindahan karyawan ke pekerjaan jarak jauh dan melakukan transaksi bisnis secara virtual. Mengembangkan cara operasinya menunjukkan ketahanan dan kekuatan bisnis dan hubungannya dengan pelanggan. Saat ini, AVEVA adalah bisnis yang lebih kuat dan memiliki posisi yang lebih baik, dengan basis pelanggan yang lebih beragam. Ini memiliki peran mendasar untuk dimainkan dalam mendukung transisi energi pelanggan dan perjalanan efisiensi lingkungan.

 “Melalui 2021 kami membantu pelanggan industri kami untuk berhasil melewati tantangan jangka pendek pandemi sambil juga menciptakan solusi inovatif untuk mencapai tujuan digitalisasi mereka. Akuisisi OSIsoft membawa rasa kegembiraan yang nyata dari karyawan dan pelanggan kami dan percakapan kami sekarang difokuskan saat pengakuan kekuatan dan nilai dari rangkaian produk gabungan menjadi jelas,” ungkap Peter Herweck, CEO AVEVA Group plc saat acara press conference virtual yang berlangsung di London (25/5).

Bersamaan dengan keberhasilan mengatasi dampak pandemi global terhadap bisnis perusahaan, AVEVA juga telah menyelesaikan proses akuisisi OSIsoft senilai $ 5 miliar pada Maret 2021. Akuisisi ini menetapkan AVEVA sebagai pemimpin global yang jelas menyatukan aplikasi perangkat lunak industri dengan platform data industri terkemuka di pasar

Digitalisasi dunia industri yang sedang berlangsung terus menjadi pendorong permintaan mendasar untuk perangkat lunak AVEVA. Pertumbuhan jumlah pelanggan yang kuat terus berlanjut, dan perusahaan juga melayani Sofware as a Service (SaaS) kepada pelanggan dalam skala yang meningkat. Terlepas dari lingkungan ekonomi makro yang cukup menantang, AVEVA terus berinvestasi dalam pertumbuhannya di masa depan dengan meningkatkan investasi di bidang teknologi dan perangkat lunak kelas dunia seperti AI dan Cloud.

Meskipun transformasi digital tetap menjadi alasan utama pelanggan untuk mengadopsi solusi AVEVA, perusahaan juga memberikan kontribusi yang kuat terhadap keberlanjutan melalui produknya. Misalnya, penyebaran jarak jauh dari Pusat Operasi Terpadu AVEVA (AVEVA Unified Operations Centre) memungkinkan Saudi Aramco untuk memantau emisi dan mengoptimalkan penggunaan energy.

Sementara Neste, produsen diesel terbarukan dan bahan bakar penerbangan berkelanjutan terkemuka di dunia, menggunakan AVEVA’s Unified Supply Chain untuk mendorong kolaborasi antara tim jarak jauhnya, sehingga meningkatkan efisiensi. Beberapa pelanggan EPC AVEVA menggunakan AVEVATM Unified Engineering untuk membantu merintis desain produksi hidrogen, sementara perusahaan teknik lain menggunakan software AVEVA untuk tenaga angin lepas pantai.

Sementara pandemi berakibat tertundanya proyek padat modal yang telah direncanakan, pergeseran permintaan dari perangkat lunak desain 3D ke perangkat lunak pelaksanaan proyek justru mengalami pertumbuhan:

• Teknik rekayasa (engineering) yang menyumbang 42% pendapatan selama tahun fiskal tersebut, meraih kemenangan kontrak yang signifikan dengan EPC seperti Wood, Worley, dan Petrofac. Demikian pula, peralihan permintaan ke operasi pabrik menyebabkan peningkatan pesanan dari operator pemilik yang mengelola informasi teknik sebagai inti dari strategi digitalisasi dalam fasilitas pabrik yang ada, seperti kontrak dengan Shell dan BHP Group, sementara perusahaan juga mendapat peningkatan pesanan dari pasar Power End dengan kemenangan kontrak yang signifikan dari perusahaan termasuk EDF.

• Pemantauan & Pengendalian (monitoring & control) mewakili 32% dari total pendapatan AVEVA karena pelanggan terus fokus pada efisiensi operasi, operasi jarak jauh, dan kolaborasi. AVEVA juga melihat kekuatan di mid-stream Oil & Gas dengan beberapa kemenangan O&G termasuk dari SoCalGas. Di sektor lain, AVEVA juga meraih kemenangan pesanan yang signifikan dari pelanggan termasuk Grup BHP.

• Asset Performance Management mewakili 14% dari total pendapatan dengan AVEVA memenangkan pelanggan pertambangan pertamanya di APM dan melanjutkan peluncuran global yang substansial dengan jurusan Energi.

• Perencanaan & Operasi (planning & operations) mewakili 12% dari total pendapatan dengan pertumbuhan yang didukung oleh penjualan solusi perencanaan Rantai Pasokan untuk membantu pelanggan di sektor Energi beroperasi secara efisien dalam konteks pasar yang terganggu. Ada juga pertumbuhan di sektor food  & beverages, logam dan pertambangan untuk software Manufacturing Execution.

“Jelas bahwa ke depan, AVEVA memiliki batu loncatan yang kuat untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang di masa depan. Saat melihat ke depan, kami melakukannya dengan pengetahuan bahwa AVEVA diposisikan secara optimal untuk mendukung pelanggan dalam perjalanan digitalisasi mereka dan dalam menciptakan bisnis yang lebih berkelanjutan dan tangguh,” tutup Peter.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…