DAMRI Kian Serius Siapkan Bus Listrik, Bulan Agustus 2021 Akan Uji Coba

Oleh : Hariyanto | Jumat, 21 Mei 2021 - 11:08 WIB

Armada DAMRI
Armada DAMRI

INDUSTRY.co.id - Jakarta - DAMRI terus berkomitmen mendukung percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan di Indonesia. Salah satu upaya DAMRI adalah dengan melakukan konversi bus listrik.

Hal tersebut sejalan dengan program Kementerian Perhubungan yang telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

Informasi yang dikutip INDUSTRY.co.id dari laman resmi, Jumat (21/5/2021) menyebutkan, DAMRI telah melakukan berbagai persiapan untuk mendorong percepatan program KBLBB di Indonesia.

Upaya tersebut adalah dengan melakukan konversi bus listrik yang dimulai dengan proses tahap awal berupa pelepasan body dan mesin bus untuk dilakukan pengkajian bersama mitra kerja sejak April 2021 di Pool DAMRI Cabang Bandara Soekarno-Hatta, Pupar, Jakarta Timur.

"Rencananya tahapan uji coba akan dijalankan pada Agustus 2021 mendatang," tulis pernyataan tersebut.

Selain konversi bus, DAMRI juga melakukan kerjasama operasi bersama mitra kerja lainnya melalui program uji coba bus listrik. Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui karakteristik operasional dan kebutuhan kapasitas baterai.

DAMRI berkomitmen untuk turut serta berkontribusi mencapai target kendaraan listrik berbasis baterai yang mencapai 20% populasi kendaraan di Indonesia pada tahun 2025. DAMRI berharap program konversi bus listrik ini dapat menjadi percontohan di sejumlah kota besar di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Bali.

Kendaraan listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle bisa menjadi preferensi bagi Indonesia menjadi negara pengekspor kendaraan listrik.

Indonesia telah memiliki Pelabuhan Patimban yang sangat terbuka bagi pengembangan industri kendaraan listrik karena memiliki car terminal yang memang diprioritaskan untuk aktivitas ekspor atau antarkota.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Pastikan Tak Ada Hari Tanpa Pembangunan Fasilitas Prajurit

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sangat memperhatikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan bagi Prajurit Siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan…

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 25 Juni 2022 - 03:07 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Mmainkan Peralatan Drumband Genderang Suling Canka

Gelar Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tahun 2022 di Akademi Militer, Magelang tanggal 23-24 Juni 2022, memberikan kenangan terindah bagi ratusan peserta dan tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

Iggi H Achsien ditunjuk sebagai komisaris utama Bank Muamalat menggantikan Ilham Akbar Habibie yang mengundurkan diri.

Jumat, 24 Juni 2022 - 20:26 WIB

Iggi Haruman Achsien Diangkat Sebagai Komisaris Utama Bank Muamalat

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengangkat Iggi Haruman Achsien diangkat sebagai komisaris utama.

Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Gunawan Arif Hartoyo (kiri) bersama perwakilan industri jasa keuangan (IJK) serentak menanam 20.000 Pohon Bakau yang di inisiasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan seluruh Industri Jasa Keuangan dalam rangka Pembangunan Keuangan Berkelanjutan di Bali.

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:55 WIB

BSI Bersama Industri Jasa Keuangan dan OJK Tanam 20.000 Pohon Bakau di Pesisir Pantai Bali

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong pembangunan keuangan berkelanjutan sebagai salah satu komitmen perseroan dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan di…