Tidak Boleh Menyimpan Kopi di Dalam Lemari Es, Mengapa?

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 17 Mei 2021 - 20:15 WIB

Kopi Toraja (Foto Dije)
Kopi Toraja (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Kopi yang enak tergantung pada kualitas rasanya. Nah, salah satu cara agar kopi tetap berkualitas, yakni dengan menyimpan kopi dengan cara yang tepat dan benar. Kopi harus disimpan di tempat yang kering, sebab jika disimpan di dalam suhu yang lembab dapat menimbulkan rasa dan aroma yang asam. 

Selain itu, kopi juga tidak boleh disimpan di dalam kulkas, mengapa demikian? 

Menyadur dari laman Dailymail, menurut para ahli mengatakan bahwa kopi harus disimpan di dalam wadah kedap udara untuk mencegah basi. Jadi jika disimpan di dalam lemari es bersama dengan bahan makanan lain yang mengeluarkan bau, seperti ikan, daging dan keju, kopo akan dengan mudah menyerap bau ini.

Martin Isark seorang pencicip makanan dan minuman, mengatakan banyak orang yang masih salah menyimpan kopi yang benar dan tepat. "Biji kopi adalah produk alami dan seperti anggur akan memburuk jika disimpan dengan salah," katanya.

Lebih lanjut, Paul Rooke dari British Coffee Association, menambahkan kopi sama seperti banyak produk makanan dan minuman ketika terkena udara, akan menyebabkan rasa menjadi tidak berkualitas lagi.

"kuncinya, untuk penyimpanan yang ideal adalah wadah kedap udara yang disimpan di tempat yang sejuk," ujarnya.

Sementara, Inggris Barista Del Caffe menambahkan bahwa cara paling efektif untuk menyimpan kopi bubuk adalah dalam wadah kedap udara atau kantong tertutup yang sudah divakum. Namun, ia mengatakan ada kopi tertentu yang dapat disimpan di lemari es jika dilakukan dengan benar.

"Misalnya, beberapa ahli kopi menggunakannya selama proses ekstraksi untuk menciptakan espresso yang lebih kaya dan lebih tebal," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 21 Juni 2021 - 14:30 WIB

Menperin Agus Bawa Kabar Gambira! Ekspor Industri Pengolahan Naik 30% Capai USD 66,70 Miliar

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, pada Januari-Mei 2021, nilai ekspor industri pengolahan mencapai USD66,70 miliar, naik 30,53% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar…

Industri Petrokimia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 21 Juni 2021 - 14:07 WIB

Masuk Kategori Industri Hijau, Sektor Petrokimia Kokoh Jadi Pondasi Industri Nasional

Industri Petrokimia di Indonesia adalah salah satu industri yang berfungsi sebagai tulang punggung industri dalam negeri.

Bambang Soesatyo Ketum PB KODRAT

Senin, 21 Juni 2021 - 14:00 WIB

Selain Ketum IMI, Bamsoet Juga Ketum PB KODRAT

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dilantik menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) periode 2021-2025 menggantikan Harry Tanoe Soedibyo. Sehingga…

Hotel Angsana Laguna Phuket Thailand

Senin, 21 Juni 2021 - 14:00 WIB

Laguna Phuket Berkolaborasi industri untuk Konfirmasi Dibukanya Kembali Phuket pada Pasar Internasional 1 Juli

Tokoh-tokoh terkemuka dari sektor swasta dan pemerintah berkumpul di Angsana Laguna Phuket pada 12 Juni untuk mengkonfirmasi kembali pembukaan kembali Phuket untuk pengunjung internasional pada…

APD tenaga Medis (Foto Antaranews.com)

Senin, 21 Juni 2021 - 13:57 WIB

Alhamdulilah, Puji Tuhan, Vaksin Terbukti Ampuh! 90% Nakes di Kudus yang Terpapar Covid-19 Telah Sembuh

Kudus-Kondisi tenaga kesehatan (nakes) di Kudus, Jawa Tengah, yang sempat terpapar COVID-19 akibat menangani pasien di fasilitas pelayanan kesehatan kini telah berangsur pulih.