Besok, Vaksinasi Gotong Royong Dimulai, Ketum Kadin Rosan: Titik Pertama di Jababeka

Oleh : Ridwan | Senin, 17 Mei 2021 - 07:15 WIB

Ketum KADIN Rosan P Roeslani
Ketum KADIN Rosan P Roeslani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan pelaksanaan vaksinasi gotong royong yang dibayar secara mandiri oleh perusahaan akan dimulai pada Selasa (18/5).

Proses vaksinasi akan diberlakukan di Jabodetabek terlebih dahulu yang diikuti oleh industri manufaktur.

"Hari Selasa kita mulai di 20 titik, termasuk di wilayah Kawasan Industri Jababeka. Ada juga sentra vaksinasi gotong royong yang disiapkan khusus untuk UMKM," kata Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Roeslani di Jakarta, kemarin.

Sejauh ini, lanjut Rosan, terdapat lebih dari 20 ribu perusahaan yang terdaftar di Kadin.

Vaksin gotong royong ditargetkan bisa menjangkau 20 juta karyawan pada tahun ini agar proses pemulihan ekonomi bisa mulai berjalan.

Ia menjelaskan, vaksin gotong royong masih terpusat di wilayah Jabodetabek.

Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan dan Kementerian BUMN. Pasalnya, wilayah tersebut merupakan zona merah yang sekaligus terdapat industri manufaktur dengan jutaan pekerja.

Selain itu, Rosan mengatakan, jumlah dosis vaksin yang baru tersedia juga belum banyak.

"Memang yang diminta untuk sektor manufaktur dulu, karena vaksin yang tersedia baru 480 ribu dosis," jelasnya.

Jenis vaksin yang digunakan tidak boleh sama dengan vaksin yang dipakai dalam program pemerintah. Vaksin gotong royong rencananya menggunakan Sinopharm dan CanSino dengan harga total Rp 1 juta untuk satu orang dengan dua kali penyuntikan.

Ia memastikan program tersebut 100 persen gratis untuk para karyawan yang perusahaannya telah mendaftar. Biaya pembelian vaksin ditanggung penuh oleh perusahaan.

"Itu juga yang kita sampaikan bahwa ini 100 persen gratis tidak dibebankan kepada pekerja," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:45 WIB

Gara-gara Tunda Bayar Kupon Bond 500 Juta Dolar, BEI Setop Perdagangan Saham Garuda (GIAA)

Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi mengumumkan penghentian sementara perdagangan saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.  Menurut BEI, penghentian tersebut dilakukan lantaran pemilik…

Direktur PT Buana Finance Tbk (BBLD), Herman Lesmana, ketika memberikan informasi mengenai kinerja perseroan dalam acara paparan publik secara virtual usai RUPST di Jakarta, Jumat (18/06/2021). (Foto: Bang Abe)

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:42 WIB

32 Persen Laba Bersih 2020 Buana Finance Dibagikan sebagai Dividen Tunai

Jakarta - Pemegang saham PT Buana Finance Tbk (BBLD) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (17/06/2021), menyetujui pembagian dividen tunai bernilai total Rp6,58 miliar…

Ilustrasi Melindungi Data Pribadi di Internet (ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:30 WIB

Berhati-hati Saat Menggunakan Sosmed, Perlunya Lindungi Data Diri dari Tindak Kejahatan di Internet

Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2020 Jumlah pengguna internet di Indonesia melonjak tinggi, lebih tinggi dari angka pertumbuhan penduduk. Selain itu…

Apartemen SQ Rés

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:10 WIB

Hadirkan Program Click & Stay, Intiland Tebar Banyak Promo Menggiurkan

PT Intiland Development Tbk. meluncurkan program promo spesial terbaru bertajuk ‘Click & Stay’ yang akan digelar selama dua bulan, mulai 21 Juni hingga akhir Agustus 2021.

Ilustrasi Membuat Content Creative (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:00 WIB

Dari Hobi, Kini Content Creator Bisa Jadi Profesi

Saat internet sudah cukup merata di Indonesia kemudian fasilitas smartphone sudah cukup mumpuni, setiap orang di era digital sekarang ini bisa manfaatkannya sebagai content marketing. Di mana…