Ogah Kayak di India, Pemda Diminta Terbitkan Aturan Penutupan Tempat Wisata

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 15 Mei 2021 - 11:51 WIB

Wisatawan padati Pelabuhan Ratu- foto Pojoksatu.id
Wisatawan padati Pelabuhan Ratu- foto Pojoksatu.id

INDUSTRY.co.id - jakarta, Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus meminta Pemerintah pusat perlu konsisten dan tegas terkait pelarangan dibukanya tempat wisata selama libur Lebaran. Untuk itu ia mendorong pemerintah mengeluarkan surat edaran terkait pelarangan pembukaan tempat wisata.

Menurutnya, penutupan tempat wisata berguna untuk meminimalisir adanya kerumunan, sehingga potensi klaster baru bisa diperkecil demi mencegah meningkatnya kasus positif Covid-19 seperti di India.

"Makanya perlu surat edaran atau instruksi dari Mendagri Tito Karnavian kepada seluruh kabupaten kota dan provinsi, yang meminta kepada kepala daerah untuk menutup tempat wisata," ucap Guspardi dalam siaran persnya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id pada Sabtu (15/5/2021).

Ia juga menyampaikan, pemerintah daerah harus memahami potensi kerumunan yang ditimbulkan di tempat wisata saat lebaran. Pemda sebaiknyanya  menutup tempat wisata saat momen liburan Idul Fitri meskipun tanpa instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Artinya ada surat menteri atau tidak tapi (kalau) tidak diindahkan percuma juga, yang paling penting kita punya kesamaan visi misi dalam cegah pandemi Covid-19,” tegas politisi Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Dikatakannya, khusus untuk daerah zona hijau dan kuning jika pemda setempat membolehkan lokasi wisata di buka, namun tetap harus membatasi jam operasional dan jumlah pengunjung.

"Pemberlakuan prokes secara ketat harus tetap di tegakkan dan dilarang keras melakukan kerumanan. Pemda juga harus melibatkan aparat keamanan  untuk mengawasinya," ujarnya.

Guspardi mengingatkan, mencegah jauh lebih baik dari pada lepas kendali dan terjadi tsunami Covid-19 seperti India. Apalagi sudah ditemukan varian baru mutasi Covid-19 yang lebih ganas penyebarannya.

"Kita harus sungguh-sungguh waspada. Karena masalah kesehatan dan keselamatan nyawa masyarakat lebih utama penanganannya dari pada aspek-aspek lain," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:45 WIB

Basmi Produk Impor, Menperin Agus Pastikan Bakal Perpanjang Safeguard Keramik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan akan memperpanjang safeguard ubin keramik yang masa berlakunya berakhir pada Oktober 2021.

Menteri Keuangan Sri Mulyani (dok Kemenkeu)

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:18 WIB

Alhamdulillah! Sri Mulyani Berikan Kabar Gembira Buat Jutaan Perempuan Indonesia

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Webinar Platform for Collaboration on Tax (PCT)Tax & SDGs Event Series: Tax and Gender Workshop⁣ di Jakarta, mengungkapkan sebuah kabar baik dimana menurutnya,…

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Logistik dan Rantai Pasok, Rico Rustombi

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:01 WIB

Kadin dan Pelaku Logistik Dukung Penuh Pemberantasan Pungli dan Kelancaran Arus Barang

Para pelaku usaha sektor logistik menyambut positif langkah penindakan dan penertiban yang dilakukan aparat kepolisian terhadap para pelaku pungutan liar (pungli) terlebih khusus di kawasan…

MG Kop Run 2021

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:00 WIB

MG Mengajak Masyarakat Indonesia Wujudkan Hidup Sehat Melalui Ajang Kop Run 2021

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan, terlebih di masa pandemi, MG berkolaborasi dengan LFCdan AXA, mewujudkan wadah untuk para penggemar olahraga lari

Mulan Jameela

Kamis, 17 Juni 2021 - 13:40 WIB

Mulan Pamer Potret Pakai Baju Berlambang Gerindra di DPR, Netizen Puji Habis-habisan: Cakep Amat Teeeehh...

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulan Jameela menuai banjir pujian dari masyarakat usai mengunggah sebuah potret dirinya mengrnakan pakaian berlambang burung garuda. Untuk diketahui, pakaian tersebut…