5 Hidangan Tradisional Dari Berbagai Negara Muslim Rayakan Idul Fitri

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 12 Mei 2021 - 12:45 WIB

Sheer Khurma, Hidangan Lebaran Khas India, Pakistan dan Bangladesh (Ist)
Sheer Khurma, Hidangan Lebaran Khas India, Pakistan dan Bangladesh (Ist)

INDUSTRY.co.id - Merayakan Idul Fitri, identik dengan menyuguhkan makanan lezat dan nikmat. Hal ini tentu saja moment yang dinantikan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. 

Jika di Indonesia makanan yang disuguhkan pun bermacam-macam seperti rendang, opor ayam, sambal goreng kentang, semur daging hingga gulai ikan pun menjadi menu andalan warga Indonesia. 

Nah, bagaimana hidangan Muslim di berbagai belahan dunia lainnya yang merayakan Lebaran? Berikut beberapa hidangan menu yang lezat dan nikmat yang dilansir dari berbagai sumber

Sheer Khurma

Bagi warga Muslim India, Pakistan, dan Bangladesh saat Lebaran, mereka semua berkumpul untuk menikmati Sheer Kurma. Hidangan dengan rasa creamy ini memiliki variasi yang berbeda berdasarkan sub-budaya lokal. Namun, esensinya tetap sama. Dimasak dengan susu, mie panggang (atau Sevaiyan) dan buah-buahan kering. Disajikan baik panas maupun dingin, ini adalah makanan wajib yang ada di hari Idul Fitri di setiap rumah. 

Bolani

Lebaran di Afghanistan ada satu menu yang wajib dihidangkan saat perayaan Idul Fitri yakni Bolani. Makanan tradisional ini merupakan roti pipih yang diisi dengan sayuran hijau seperti bayam, kentang, dan juga labu.

Laasida dan Tagine

Ada dua menu yang wajib dihidangkan di atas meja umat Muslim di Maroko yakni Lassida dan Tagine. Bedanya, Lassida dimakan sebagai menu sarapan. Mirip dengan puding nasi, Lassida menggunakan bahan-bahan lainnya seperti couscous, mentega, dan madu. Memiliki cita rasa yang manis, hidangan ini cocok untuk menu sarapan di saat Lebaran.

Sementara Tagine, merupakan makanan tradisional yang berbahan dasar ayam. Pada saat Idul Fitri, masyarakat Muslim memasak Tagine dengan daging kambing, domba ataupun sapi yang disajikan dengan buah-buahan kering. 

Maamoul

Hidangan ini berasal dari Suriah dan Lebanon, Maamoul ini merupakan kue roti disebut juga sebagai permen Arab. Setiap negara memiliki berbagai variasi dari Maamoul ini. Namun, umumnya hidangan ini menggunakan isian buah kering di dalamnya.

Lokum

Lokum jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah "kesenangan Turki" atau disebut juga sebagai manisan Turki.  Memiliki tekstur kenyal seperti gel, Lokum terbuat dari pati, gula, dan buah kering, ini adalah makanan penutup yang sempurna saat Idul Fitri dan cocok dimakan bersama keluarga ataupun kerabat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…