Asyik! Di Bekasi Ada Kampung Bali, Lho!

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 11 Mei 2021 - 19:45 WIB

Kampung Bali di Bekasi Utara (Kemenparekraf)
Kampung Bali di Bekasi Utara (Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Di Kota Bekasi kini ada tempat wisata baru nih, yakni Kampung Bali. Berada di Bekasi Utara, Kampung Bali tersebut sebagai upaya untuk memperkenalkan adat istiadat, budaya, dan berbagai hal tentang kehidupan di Bali.

Kampung Bali ini pun akan menjadi destinasi wisata yang bermanfaat bagi masyarakat. Tentu hal ini mendapatkan dukungan penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam pengembangan Kampung Bali di Bekasi Utara sebagai salah satu destinasi hasil kreasi dari komunitas atau masyarakat.

"Untuk pengembangan satu destinasi kita perlu melakukan diskusi. Mulai dari target wisatawan dan sebagainya. Kemenparekraf siap mendukung pengembangan Kampung Bali melalui program-program yang ada," kata Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, Selasa (11/5/2021).

Beberapa program yang bisa dijalankan diantaranya adalah pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan-pelatihan yang dimiliki Kemenparekraf/Baparekraf. Sehingga kehadiran Kampung Bali benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat. 

Manfaat yang dimaksud bukan hanya kesejahteraan, tapi juga menjadikan kualitas kehidupan masyarakat semakin baik. Toleransi antar masyarakat yang semakin kuat. 

Kampung Bali sendiri diinisiasi oleh warga yang 70 persen diantaranya memang merupakan warga keturunan Bali. Sehingga suasana dan ornamen-ornamen yang ada di Jalan Merpati RT11/RW9 Kelurahan Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, ini kental dengan budaya Bali. Meski warga keturunan Bali menjadi mayoritas, toleransi dalam kehidupan masyarakat sangat kuat. 

"Dalam pengembangan destinasi, yang ingin dicapai tentunya adalah memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi masyarakat. Nilai-nilai toleransi di Kampung Bali akan menjadi kekuatan dari atraksi. Jadi orang datang ke sini tidak hanya melihat suasana seperti di Bali, tapi juga kehidupan warganya yang hidup dalam toleransi tinggi," kata Giri. 

Sementara Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, mengatakan, Kampung Bali merupakan satu dari beberapa kampung tematik yang tengah dikembangkan oleh Pemerintah Kota. Destinasi ini tidak hanya menggambarkan suasana Bali, tapi juga kental dengan nuansa seni, budaya, dan sejarah. 

Serta yang tidak kalah penting adalah edukasi tentang toleransi di masyarakat. 

"Saya berharap masyarakat berada di garda terdepan. Keragaman budaya, keragaman berbangsa dan bernegara," jelas Tri Adhianto. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…