Kementerian PUPR Gelontorkan Anggaran Rp 10,5 Miliar untuk Penataan Rumah Cimanggis di Kampus UIII Depok

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 08 Mei 2021 - 13:47 WIB

 Rencana penataan Rumah Cimanggis
Rencana penataan Rumah Cimanggis

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya tengah melaksanakan kegiatan penataan bangunan kawasan pusaka Rumah Cimanggis yang berada di lingkungan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Depok.

Rumah Cimanggis merupakan Bangunan Cagar Budaya yang dilestarikan dan akan difungsikan menjadi galeri di lingkungan Kampus UIII.

“Penataan yang sedang berjalan saat ini dilaksanakan sesuai dengan kaidah-kaidah pelestarian, oleh karena itu kontraktor juga diminta untuk dapat menjaga kualitas pembangunan cagar budaya ini,” ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti yang dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (8/5/2021).

Rumah Cimanggis merupakan bangunan peninggalan Gubernur Jenderal VOC Petrus Albertus van der Parra yang dibangun untuk istrinya, Yohana van der Parra pada tahun 1771. Bangunan bersejarah ini dapat menjadi ikon menarik di Kampus UIII karena berdiri di area Kampus UIII.

Penataan Rumah Cimanggis dilaksanakan mulai September 2020 dan ditargetkan rampung pada Juli 2021. Saat ini progres pekerjaan fisik mencapai 39,91%. Proyek dengan anggaran Rp 10,5 miliar ini dikerjakan oleh kontraktor PT. Laga Pratama Interindo.

Penataan Rumah Cimanggis merupakan salah satu komitmen Kementerian PUPR untuk turut serta berkontribusi dalam pelestarian bangunan cagar budaya.

Di samping penataan Rumah Cimanggis, Kementerian PUPR juga tengah membangun Kampus UIII Tahap II yang ditargetkan rampung pada Juni 2021.

Pembangunan Kampus UIII Tahap II meliputi pembangunan Masjid Kampus 2 lantai seluas 5.200 m2 dengan kapasitas tampung 1.880 jamaah, gedung perpustakaan, dan apartemen mahasiswi dengan total biaya Rp 367 miliar.

Pembangunan Universitas UIII berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada tanggal 29 Juni 2016

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi UMKM Go Digital (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:45 WIB

Untuk Bisa Bertahan di Masa Pandemi, UMKM Harus Punya Digital Skills

Di masa pandemi ini, banyak sekali perubahan yang tanpa disadari semua orang harus mengikutinya. Namun apapun yang terjadi saat ini masyarakat harus membuka diri dan berpikiran terbuka karena…

11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:17 WIB

Ekonomi Kawasan Banten Bakal Tumbuh Pesat, 11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jakarta– PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan sindikasi…

Ilustrasi Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:15 WIB

Perlunya Sosilasi Tuk Cegah Meningkatnya Kasus Kekerasan Gender Berbasis Online

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Sambal tabur BonCabe Level 50 Max End yang merupakan produk teranyar PT Kobe Boga Utama. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:11 WIB

BonCabe level 50 Max End, Maximize to The End

Jakarta - Para penggemar mie instan dan berbagai makanan gorengan tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya sambal, apalagi sambal botol alias sambal yang dikemas dalam botol dan penggunaannya…

Candi Borobudur

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:00 WIB

Ketum IMI Pastikan The FIM MXGP World Championship 2021 Digelar di Kawasan Candi Borobudur

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional bergengsi…