Menggunakan Hand Sanitizer Juga Ada Tata Caranya, Ini Tips dari WHO

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 07 Mei 2021 - 16:00 WIB

Hand Sanitizer (Klikdokter)
Hand Sanitizer (Klikdokter)

INDUSTRY.co.id - Ingat! Pandemi belum berakhir, untuk terhindar dari Covid-19 tentu kita sudah tahu untuk menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer jika tidak ada tempat mencuci tangan di sekitar.

Namun, cara menggunakan hand sanitizer pun juga ada aturannya. Karena jika tidak sesuai anjurannya dapat menyebabkan kering, dan iritasi hingga terluka sebab pada dasarnya hand sanitizier ini mengandung alkohol yang berbahya pada kulit.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan menggunakan hand sanitizer hingga ke seluruh permukaan. Usap tangan bersama-sama menggunakan teknik yang tepat sampai kering selama 20-30 detik.

Maka dari itu dilansir dari laman indianexpress, Jumat (7/5/2021), WHO membagikan beberapa tips dan fakta yang perlu diketahui saat menggunakan hand sanitizer.

Apakah aman menggunakan sanitizer berbasis alkohol?

Dalam akun Instagramnya, WHO menyebutkan bahwa alkohol pada hand sanitizer terbukti hanya sedikit saja yang diserap ke dalam kulit. Adapun juga produk lainnya yang mengandung emolien (yang memiliki efek menenangkan pada kulit) untuk mengurangi kekeringan kulit. 

Seberapa sering dapat menggunakan hand sanitizer?

Sementara para ahli juga merekomendasikan menggunakan sabun dan air untuk mencuci tangan, karena lebih aman dibandingkan menggunakan hand sanitizer. Sebab, hand sanitizer berbasis alkohol tidak menciptakan resistensi antibiotik. "Tidak seperti antiseptik dan antibiotik lainnya, patogen (kuman berbahaya) tampaknya tidak mengembangkan resistensi terhadap sanitizer berbasis alkohol," kata WHO.

Sering membersihkan tangan atau memakai sarung tangan? Mana yang lebih baik?

Banyak beredar bahwa Covid-19 bisa menempel pada barang-barang di sekitar. Makanya, banyak orang yang memilih mengenakan sarung tangan ketika mereka sedang berada di luar. Namun fakta menurut WHO, sarung tangan bisa berisiko perpindahan kuman dari satu permukaan ke permukaan lainnya, juga dapat merusak tangan saat melepasnya. WHO menyarankan, ketika mengenakan sarung tangan, pastikan untuk membersihkan tangan setelah melepaskannya. 

"Memakai sarung tangan tidak menggantikan membersihkan tangan. Berbeda dengan petugas kesehatan, mereka hanya memakai sarung tangan untuk tugas-tugas tertentu," jelas WHO.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…