Cobain Segarnya Es Kacang Merah Khas Palembang Cocok Untuk Buka Puasa

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 06 Mei 2021 - 16:00 WIB

Resep Es Kacang Merah Khas Palembang (Cookpad/Yulia Prattiwi)
Resep Es Kacang Merah Khas Palembang (Cookpad/Yulia Prattiwi)

INDUSTRY.co.id - Berbuka puasa rasanya ingin menikmati minuman yang segar dan manis. Nah, salah satu minuman yang cocok untuk menu berbuka nanti cobain deh es kacang merah khas Palembang. 

Di Palembang sendiri, es kacang merah ini menjadi menu favorit masyarakat di sana sebagai menu berbuka puasa. Cara membuatnya pun cukup sederhana dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan.

Kacang merah mempunyai manfaat yaitu baik untuk kesehatan, seperti menangkal radikal bebas, menyehatkan pencernaan, mengoptimalkan fungsi otak serta meningkatkan energi pada tubuh. 

Melansir dari laman Cookpad, berikut resep es kacang merah khas Palembang yang dibuat oleh Yulia Prattiwi asal Manado, Sulawesi Utara.

Bahan-bahan

250 gr kacang merah (rendam semalaman)
500 ml air untuk merebus gula
3 sdm maizena
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
100 gr gula merah di iris

Saus santan

300 ml santan kental
1 sdm maizena
1 sdt garam

Bahan pelengkap

Sirup cocopandan
Susu kental manis cokelat
Es Batu

cara membuat

Pertama, rebus kacang sampai matang. Setelah matang, tiriskan. Sambil menunggu, rebus gula merah dan tambahkan garam serta gula pasir. Kemudian masukkan kacang rebus lagi selama 10 menit atau sampai gula dan garam larut.

Langkah selanjutnya nyalakan kompor kembali kemudian, siapkan kacang yang sudah dilarutkan dengan garam dan gula. Siapkan maizena dan larutkan dengan sedikit air lalu masukkan ke dalam rebusan kacang merah yang sebelumnya. Aduk, sampai mengental. 

Langkah terakhir siapkan gelas saji. Masukkan es batu, sirup, kacang merah, santan dan susu kental manis cokelat. Es kacang merah siap dinikmati selagi dingin dan segar. Selamat mencoba.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kesadaran Patuhi Protokol Kesehatan

Jumat, 18 Juni 2021 - 07:00 WIB

Tekan Laju Penularan COVID-19 Lewat Kesadaran Patuhi Protokol Kesehatan

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, perlu dilakukan pendekatan secara pentahelix, yaitu melibatkan unsur pemerintah, akademisi, swasta, komunitas, dan masyarakat. Satgas menekankan…

Mentan Syahrul Yasin Limpo bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:53 WIB

Porang, Dulu Tak Dilirik Sekarang Banyak Dicari Orang

Porang menjadi salah satu komoditas super prioritas Kementerian Pertanian untuk meningkatkan nilai ekspor. Dalam skala luas, komoditas ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan mulai…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melihat buah Porang

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:38 WIB

Penuhi 20 Persen Lebih Kebutuhan Porang Dunia, Teknologi Pangan Harus Dikembangkan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dan Menteri Pertanian Sayhrul Yasin Limpo mengunjungi Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

Menaker Ida Fauziyah

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:30 WIB

Menaker Ida: Reformasi Birokrasi Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi

Digitalisasi menjadi norma baru dan menjadi sangat penting bagi perusahaan modern maupun institusi Pemerintah sebagai pemberi layanan publik. Reformasi birokrasi salah satunya diwujudkan melalui…

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:00 WIB

KASAL Laksamana Yudo Resmikan Lanal Saumlaki Tanimbar Maluku

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., meresmikan Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki dalam rangka mendukung pengamanan laut di Alur Laut Kepulauan…