Keren! Sederet K-Pop Idol yang Sukses Menyuarakan Kelesetarian Bumi

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 06 Mei 2021 - 08:15 WIB

BLACKPINK Ketika Menjadi Duta Dari 26th UN Climate Change Conference of the Parties (COP26). Pada acara itu BLACKPINK Menerima Ucapa Selamat Oleh Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson.
BLACKPINK Ketika Menjadi Duta Dari 26th UN Climate Change Conference of the Parties (COP26). Pada acara itu BLACKPINK Menerima Ucapa Selamat Oleh Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson.

INDUSTRY.co.id - Sebagai bentuk rasa peduli kelesetarian bumi, selain pandai bernyanyi dan juga menari para K-Pop idol pun juga gencar menyuarakan tentang kepeduliannya terhadap lingkungan dengan bentuk kampanye yang beragam.

Melalui kampanye, sederet K-Pop idol yang bergabung dengan 31 K-Pop idol dan menciptakan kampanye Kstar 4 Climate. Pada kampanye tersebut mereka merilis berbagai video yang menyeruakan tentang perubahan iklim.

Tujuan dari kampanye ini diharapkan dapat mendorong dan mengajak jutaan penggemar K-Pop di seluruh dunia untuk ikut serta menjaga lingkungan seperti dalam mengurangi jejak karbon, menggunakan listrik dengan energi terbarukan, atau mendaur ulang limbah.

"Para Idol tersebut melihat isu perubahan iklim sebagai isu yang urgent untuk digemakan. Sebagai public figure dan sebagai idol, mereka merasa harus membicarakan isu ini agar penggemarnya bisa ikut ambil bagian," kata Nurul Sarifah, Organizer Kpop4planet (gerakan media sosial global yang memperjuangkan keadilan iklim), melalui siaran pers yang Industry.co.id terima, Rabu, (5/5/2021).

Berikut sederet K-Pop idol yang gencar menyeruakan kepeduliannya terhadap bumi.

Lee Hyori

Sejak beberapa tahun belakang Lee Hyori sudah menerapkan gaya hidup hijau. Terbukti karena rumah yang dibangun bersama suaminya, Lee Sang Soon, di Pulau Jeju pun dibuat ramah lingkungan dengan menggunakan panel surya. Ia pun juga memakai material alam seperti batu dan kayu, dan membangun taman asri yang cukup luas. Sebagai aktivis lingkungan yang peduli akan kesejahteraan hewan, Lee Hyori juga mengadopsi beberapa ekor anjing dan kucing.

"Hyori terbilang vokal dalam mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan. Hal tersebut dapat memberikan dampak baik pada level individu. Jika banyak penggemar yang akhirnya ikut menerapkan gaya hidup ramah lingkungan nantinya gerakan ini bisa menjadi satu gerakan kolektif yang besar. Beberapa teman dekat Hyori, seperti Park Si Yeon, mengatakan bahwa Hyori memberi pengaruh baik terhadap orang-orang di sekitarnya. Ia mengedukasi dan memberi informasi terkait isu lingkungan, vegetarianism, hingga hak binatang,"tambah Nurul.

Red Velvet

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memilih Red Velvet sebagai Duta Hari Udara Bersih Internasional pada 7 September 2020. Dalam kampanye tersebut, mereka bertugas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa bumi yang kita tinggali sekarang dipenuhi oleh polusi udara yang beracun. 

Maka dari itu, Red Velvet mengajak generasi muda untuk mengatasi masalah polusi udara dan perubahan iklim dengan cara melakukan perubahan kecil dalam kehidupan sehari-hari. Mereka pun mengajukan sejumlah solusi, seperti mengurangi pemakaian kendaraan pribadi dan meminimalkan penggunaan kantong plastik sekali pakai.

BLACKPINK

BLACKPINK terpilih sebagai duta dari 26th UN Climate Change Conference of the Parties (COP26). Pada acara itu BLACKPINK menerima ucapan selamat dari Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, atas keberhasilan mereka membuat video kampanye untuk meningkatkan kesadaran generasi muda dalam mengatasi perubahan iklim. 

BLACKPINK memang memiliki perhatian khusus terhadap lingkungan. Mereka kerap memberi bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam. Misalnya, pada 2019 mereka mendonasikan 40 juta won untuk korban kebakaran hutan di Provinsi Gangwon, salah satu kebakaran terbesar di Korea Selatan. Kemudian pada 2020, Rose juga mengajak penggemarnya untuk berdonasi bagi satwa liar yang menjadi korban kebakaran hutan di Australia.
           
Mamamoo

Dalam video klip lagu Hip, grup ini menampilkan adegan climate strike, sambil membawa poster yang isinya menuntut tindakan nyata bagi bumi. 

Tentu hal tesebut sangatlah bagus mengingat, salah satu cara untuk meningkatkan awareness adalah melalui karya, termasuk lagu dan video klip. Hal ini dapat menjadi kampanye yang sukses, karena penggemar sering kali mendukung idol-nya dengan menyebarkan karya mereka.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…