4 Efek Buruk Berlebihan Minum Kopi, Salah Satunya Gangguan Cemas

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 03 Mei 2021 - 14:15 WIB

Kopi Sumatera (Foto Dok Industry.co.id)
Kopi Sumatera (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kopi menjadi salah satu minuman wajib yang dikonsumsi pagi hari, kebiasaan ini dipercaya bahwa minuman berkafein ini dapat memberikan efek dorongan energi untuk siap beraktifitas, serta dipercaya dapat menghilangkan kantuk. 

Bahkan, 85 persen masyarakat Amerika pun menjadikan kopi sebagai minuman favorit mereka. Meskipun kopi tidak selalu buruk, tapi sebaiknya tidak diminum secara berlebihan karena akan menimbulkan reaksi buruk pada tubuh. 

Dilansir dari laman eatthis, Senin (3/5/2021), berikut efek buruk jika Kamu terlalu berlebihan meminum kopi.

Tidur Tidak Nyenyak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein dalam jumlah besar bahkan enam jam sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur sehingga, tidur pun tidak nyenyak dan menjadi gelisah.

Merasa Cemas

Kopi adalah stimulan yang dapat menaikkan tingkat kewaspadaan di dalam rentang waktu singkat. Dengan demikian, minum kopi dalam jumlah yang banyak, dapat menyebabkan perasaan cemas, bahkan stres. 

Memberikan "Efek Pencahar"

Efek meminum kopi terlalu banyak juga dapat membuat Kamu lebih sering buang air besar. Sebab, kafein yang terkandung di dalamnya dapat mengaktifkan usus besar sehingga membuat perut Kamu menjadi sakit.

Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders, minum dua atau tiga cangkir kopi sehari dapat menyebabkan diare.

Membuat Berat Badan Bertambah

Recipe Developer, Kelli McGrane mengatakan mengonsumsi beberapa cangkir kopi dengan susu, krim, atau gula per hari dapat menyebabkan berat badan bertamabah. Ditambah, jika sedang lembur bekerja pasti menginginkan suatu minuman yang dapat menyemangatkan seperti, kopi. 

"Jadi, jika Kamu tidak berhati-hati dengan aditif, kopi yang biasa Kamu minum menyebabkan penumpukan lemak dan gula yang menyebabkan berat badan bertambah," tuturnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Taj Mahal, India (Dennis Jarvis/Flickr)

Senin, 17 Mei 2021 - 16:30 WIB

Taj Mahal Perpanjang Masa Penutupan Wisata Hingga Akhir Mei 2021

Lonjakan kasus harian Covid-19 di India semakin hari kian memburuk. Hal ini mengakibatkan rumah sakit penuh serta alat kesehatan yang dibutuhkan untuk pengobatan pasien pun menjadi terbatas.…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Senin, 17 Mei 2021 - 16:09 WIB

Kementan Pastikan Stok Komoditas Hewani Aman Pasca Lebaran

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menyampaikan stok ketersediaan daging komoditas hewani khususnya ruminansia masih tersedia…

Ekspansi Lucy in The Sky

Senin, 17 Mei 2021 - 16:01 WIB

Raih Dana IPO Sebesar Rp33,7 Miliar, Lucy in The Sky Tancap Gas Lakukan Ekspansi dan Pengembangan Bisnis

PT Lima Dua Lima Tiga Tbk. sebagai pemilik dan pengelola Lucy in The Sky telah resmi melantai di bursa saham pada 5 Mei 2021 lalu. Melalui Initial Public Offering (IPO), perseroan berhasil menghimpun…

Replika Kapal Titanic di Cina (Ist)

Senin, 17 Mei 2021 - 15:30 WIB

Cina Bangun Replika Kapal Titanic Untuk Tempat Wisata

Kapal pesiar mewah nan ikonik Titanic yang diabadikan melalui film layar lebar pada 1997 ini akan dibangun replikanya di Cina. Salah satu tujuan pembangunan ini adalah sebagai daya tarik wistawan…

Pembangunan Bendungan Ameroro

Senin, 17 Mei 2021 - 15:27 WIB

Pemerintah Siapkan Dana Sebesar Rp 1,48 Triliun Bangun Bendungan Ameroro Berkapasitas 43,44 Juta m3 di Sultra

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Bendungan Ameroro di Desa Tamesandi, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang juga masuk dalam daftar…