Alhamdulillah! Pemerintah Pastikan Seluruh Putra-putri Awak Kapal KRI Nanggala 402 Dapat Pendidikan Gratis Hingga Perguruan Tinggi

Oleh : Nata Kesuma | Jumat, 30 April 2021 - 13:40 WIB

Ilustrasi KRI Nanggala 402 (ist)
Ilustrasi KRI Nanggala 402 (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim menyampaikan duka cita yang mendalam dan komitmen Kementerian untuk mendukung pendidikan putra-putri 53 awak KRI Nanggala.

“Keluarga besar di kementerian sangat berduka cita atas wafatnya para patriot penjaga kedaulatan negara,” ujar Nadiem, seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Jumat (30/4/2021).

Nadiem juga mengatakan bahwa negara ini berhutang budi, bahkan nyawa kepada awak KRI Nanggala 402.

“Membantu anak-anak para patriot ini agar dapat mengenyam pendidikan adalah setidaknya yang dapat kami lakukan,’ tandasnya.

Turut hadir bersilaturahmi adalah Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Abdul Kahar. Kepala Puslapdikpun turut menyampaikan teknis arahan dari Menteri Nadiem.

“Beasiswa pendidikan diberikan bagi seluruh anak keluarga KRI Naggala 402. Pada tahap awal akan diberikan beasiswa kepada  51 anak yang terdiri dari 34 anak jenjang SD, 5 anak jenjang SMP, 4 anak jenjang SMA, dan 8 anak jenjang pendidikan tinggi,” jelasnya.

Kepala Puslapdik menambahkan bahwa tahun ini, beasiswa diberikan bagi putra-putri yang sudah masuk pendidikan formal.

“Nantinya beasiswa akan diberikan juga bagi putra-putri yang saat ini masih balita. Kesemuanya dilakukan secara bertahap” tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan silaturahmi langsung dengan keluarga awak KRI Nanggala 402, dalam kesempatan itu Presiden RI menyampaikan belasungkawa atas wafatnya para patriot bangsa.

“Pertama-tama atas nama negara, pemerintah, rakyat, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas gugurnya para patriot KRI Nanggala 402. Semoga arwah beliau-beliau diterima di sisi-Nya, diberikan tempat yang terbaik, diampuni dosa-dosanya," ujar Presiden beberapa waktu lalu.

Kepala Negara juga menyampaikan bahwa putra-putri para awak kapal akan mendapatkan perhatian khusus dari negara agar bisa mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi.

“Untuk putra-putri dari ibu-ibu sekalian nanti akan diatur oleh negara agar bisa sampai kuliah di perguruan tinggi,” tegas Presiden.

Untuk itu, Presiden telah menginstruksikan Panglima Tentara Nasional Indonesia dan Kepala Staf Angkatan Laut  untuk mengatur dan mengelola mekanisme pemberian beasiswa pendidikan tersebut.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dan Menkes Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU

Rabu, 23 Juni 2021 - 06:00 WIB

Isolasi Terpusat OTG Nagrak dan 4 Posko PPKM Mikro di Sidak Panglima TNI

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dan Menkes Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak)…

Prajurit Brigif 2 Marinir Cilandak

Rabu, 23 Juni 2021 - 05:40 WIB

Prajurit Batalyon Infanteri 6 Marinir Cilandak Drill Ratsus

Guna mengasah serta meningkatkan taktik bertempur, Prajurit Batalyon Infanteri 6 Marinir (Yonif 6 Mar) melaksanakan drill Pendaratan Khusus (Ratsus) di lapangan Apel Brigif 1 Kesatrian Marinir…

Prajurit Brigif 2 Marinir Sidoarjo

Rabu, 23 Juni 2021 - 05:20 WIB

Prajurit Brigif 2 Marinir Sidoarjo Laksanakan Pembinaan Fisik

Menjelang seleksi Pendidikan Pembentukan Bintara Singkat (Diktukbakat) prajurit Brigif 2 Marinir melaksanakan program pembinaan dan meningkatkan kemampuan fisik dengan latihan fisik di Kesatrian…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU

Rabu, 23 Juni 2021 - 05:00 WIB

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Tinjau Isolasi Terpusat OTG dan Kelurahan Rorotan Cilincing

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P., bersama Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., meninjau isolasi terpusat…

Prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir

Rabu, 23 Juni 2021 - 04:30 WIB

Jaga Fisik Tetap Prima, Prajurit Yonif 5 Marinir Surabaya Laksanakan Lari Siang

Dalam rangka membina fisik agar tetap prima, prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir melaksanakan lari siang di Kesatrian Marinir Soeroto II Ujung, Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Selasa (22/06/2021).