Pupuk Indonesia Raih 2021 Corporate Branding PR Awards

Oleh : Herry Barus | Jumat, 23 April 2021 - 10:20 WIB

2021 Corporate Branding PR Awards
2021 Corporate Branding PR Awards

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Pupuk Indonesia (Persero) mendapat penghargaan "2021 Corporate Branding PR Awards" kategori Petrochemical dari The Iconomics, yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta, Kamis (22/4).

 Kepala Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, mengatakan bahwa penghargaan ini menjadi bukti jika keterbatasan akibat wabah Covid-19 tidak membatasi tim komunikasi Pupuk Indonesia untuk berkarya. Karena, komunikasi merupakan salah satu aspek terpenting dalam menjalankan bisnis.

 "Komunikasi harus mampu memainkan peran strategis. Apalagi Pupuk Indonesia tengah melangkah menjadi perusahaan nasional berkelas dunia, untuk nutrisi tanaman dan solusi pertanian yang berkelanjutan serta mampu memberikan dampak ekonomi dan sosial secara nasional. Maka hal ini harus disampaikan dengan baik kepada publik," ujar Wijaya.

 Ia mengatakkan, era informasi digital seperti saat ini dapat menjadi ancaman bagi citra dan reputasi siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Untuk itu, Kompartemen Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia harus mampu mengelola aspek komunikasi dengan positif melalui optimalisasi semua platform media komunikasi perusahaan.

 Apalagi keterbatasan akses sosial akibat Covid-19 menjadikan bobot kinerja komunikasi semakin ekstra. Namun pandemi ini mendorongnya untuk menggali potensi yang selama ini belum tergarap dengan optimal.

 Disampaikan Wijaya, saat ini peran strategis komunikasi di Pupuk Indonesia dilakukan dengan mengampanyekan program Agro Solution. Program komprehensif ini dibangun untuk meningkatkan kesejahteraan petani di tengah pandemi melalui peningkatan produktivitas, kemudahan akses permodalan, pendampingan, off-taker hasil panen, dan suplai agro input serta lainnya.

 Sementara itu, penghargaan ini diperoleh Pupuk Indonesia bersama dengan Pupuk Sriwidjaja Palembang dan Petrokimia Gresik selaku anggota holding.

 "Penghargaan ini akan terus memotivasi tim PR di Pupuk Indonesia dan lingkungan anak perusahaan untuk terus berkarya di bidang komunikasi. Agro Solusi untuk Indonesia, sukses untuk kita semua," tandasnya.

 Sedangkan, Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro mengatakan bahwa, wabah Covid-19 sangat menantang, termasuk bagi dunia usaha. Adaptasi yang dilakukan perusahaan akan mempengaruhi pendekatan yang dilakukan oleh PR dalam membangun citra positif perusahaan.

 

Corporate image ini sangat penting karena berkaitan dengan kepercayaan mitra maupun stakeholder. Sebagai apresiasi kepada institusi terbaik dalam membangun citra perusahaan, tambah Bram S. Putro, Iconomics memberikan 2021 Corporate Branding PR Awards.

 "Awards ini diberikan melalui proses riset yang mengukur pondasi reputasi organisasi yaitu Commercial, Organizational, dan Social," ujarnya.

 Dari masing-masing pondasi tersebut dibedah lebih dalam menjadi 9 aspek. Dalam pilar Commercial dinilai aspek product & service quality, size & presencedan growth.  Adapun pada pilar Organizational yang dinilai aspek competency, employment welfare dan cleanliness & honesty. Terakhir, pilar Social yang terdiri dari aspek social-environmental contribution, custom value, dan familiarity.

 Sedangkan, teknik riset yang digunakan untuk menghasilkan para pemenang tersebut melalui survei yang dilakukan secara online kuantitatif dengan total responden lebih dari 10 ribu. Survei online ini menyasar responden dari 10 kota besar di Indonesia. Adapun waktu survei dilakukan pada Februari hingga Maret 2021.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…