Kementerian PUPR Bersihkan Sampah Waduk Jatigede untuk Tingkatkan Fungsi Tampungan Air

Oleh : Hariyanto | Selasa, 20 April 2021 - 09:10 WIB

Sampah Waduk Jatigede
Sampah Waduk Jatigede

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Dalam menjaga keberlanjutan fungsi dan manfaat Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung secara rutin dan teratur melakukan kegiatan operasi dan pemeliharaan kawasan bendungan, salah satunya bersih-bersih sampah daerah eksisting.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengelolaan fungsi bendungan yang ditujukan untuk merawat, termasuk mengecek kondisi bendungan beserta waduknya. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus Pemerintah tidak hanya mengejar pertumbuhan ekonomi dan peningkatan daya saing, namun juga pemerataan hasil-hasil pembangunan dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat.

Waduk Jatigede dibangun untuk menambah volume tampungan air dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan ketersediaan air nasional, khususnya di Provinsi Jawa Barat.

"Keberadaan Waduk Jatigede bermanfaat bagi masyarakat khususnya di wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa seperti Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Sumedang,” kata Menteri Basuki yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (20/4/2021).

Aksi bersih-bersih sampah daerah eksisting Waduk Jatigede dimulai sejak 4 Februari 2021 lalu, di kawasan pesisir Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang. Kegiatan dilanjutkan pada 7 Februari bersama Pemerintah Daerah dan komunitas masyarakat berhasil membersihkan sampah dan limbah seluas 60 m3.

Memasuki bulan Maret, BBWS Cimanuk Cisanggarung kembali mengadakan kegiatan bersih-bersih sampah bersama unsur TNI-Polri, Pemda, dan masyarakat sekaligus mengkampanyekan Gerakan Siapapun Membuang Sampah – Kami Pilih Aksi Nyata atau dikenal dengan Gerakan SMS-KAPAN.

Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi mengatakan penanganan sampah kawasan perlu dipikirkan apabila Bendungan Jatigede didorong untuk tujuan pariwisata.

"Penanganan sampah di Waduk  Jatigede tidak cukup melalui upaya teknis tetapi juga perlu mengubah budaya/mengedukasi masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan dan mendorong perilaku bersih dan sehat," tegas Ismail Widadi.

Bendungan Jatigede merupakan bendungan terbesar kedua di Indonesia setelah Bendungan Jatiluhur dengan kapasitas tampungan sebesar 979,5 juta m3. Bendungan ini sudah beroperasi penuh dan manfaatnya telah banyak dirasakan masyarakat, khususnya petani karena dapat meningkatkan intensitas tanam.

Areal persawahan yang mendapatkan jaminan pasokan air sudah mencapai potensi optimal untuk mengairi 90.000 hektar lahan sawah yang berada di Indramayu, Majalengka, dan Cirebon.

Selain untuk keperluan irigasi, Bendungan Jatigede juga untuk memenuhi kebutuhan air baku sebesar 3.500 liter/detik, dan manfaat lainya seperti pengendali banjir di Indramayu dan Cirebon seluas 14.000 hektar, yakni dengan mengendalikan aliran Sungai Cimanuk, serta penghasil Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 110 megawatt (MW).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.