Dukung Ibu Kota Pindah, Herman Khaeron Demokrat: BUMN Harus Siap Lakukan Akselerasi

Oleh : Candra Mata | Minggu, 18 April 2021 - 20:22 WIB

Herman khaeron Fraksi Partai Demokrat (foto Ist)
Herman khaeron Fraksi Partai Demokrat (foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron mengungkapkan dalam rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur dibutuhkan konsolidasi secara koprehensif dengan berbagai intitusi dan kalangan.

Terlebih lagi bagi BUMN, menurutnya perusahaan milih negara ini harus melakukan akselerasi kesiapan pemindahan IKN ke Kaltim. Baik kesiapan infrastruktur dasar dan penunjang karus dibangun dengan baik dan serius.

“Oleh karena itu kita juga harus saling mendorong, kalau memang benar nanti dengan indikator-indikator pemindahan Ibu Kota Negara baru ini bisa dilaksanakan, nanti BUMN juga harus melakukan akselerasi untuk kesiapan itu. Jangan sampai hanya dibangun infrastruktur dasar, tetapi kemudian penunjangnya tidak ada," tandas Herman dalam lketerangan tertulisnya dari Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI ke Balikpapan, Kaltim yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id pada Minggu (18/4/2021).

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan, untuk pembangunan IKN baru, perlu konsolidasi yang luas dengan berbagai instrumen, institusi yang ada harus saling mendukung untuk pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan dalam pembangunan kota.

Kang Hero sapaan akrab Herman Khaeron tidak mengharapkan adanya celah fasilitas yang tidak siap.

"Bagaimana nanti susah komunikasi, listriknya byarpet misalkan, kemudian BBM-nya langka belum memadai ini kan juga persoalan-persoalan yang harus betul-betul dibicarakan dikonsolidasikan menjadi kebutuhan terhadap pendirian Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur," papar Hero.

Ide dan upaya memindahkan ibu kota negara sebetulnya bukan hal baru. Keputusan memindahkan dan memisahkan ibu kota negara dari pusat aktivitas perekonomian banyak dilakukan sejumlah negara maju.

Di berbagai negara, ketika ibu kota negara mulai jenuh dan muncul tanda-tanda kota megapolitan itu kehilangan kemampuannya menyediakan layanan pubik memadai bagi warga masyarakat.

"Maka keputusan memindahkan ibu kota negara memang harus diambil," tandas Herman Khaeron.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…