Yuk Disimak! Ini Tiga Lokasi Wisata Kuliner Seru untuk Buka Puasa Rekomendasi Menparekraf Sandiaga Uno

Oleh : Ridwan | Minggu, 11 April 2021 - 09:30 WIB

Pasar sore kauman Yogyakarta
Pasar sore kauman Yogyakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ramadan adalah salah satu momen yang ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia, khususnya Indonesia. Selain momen untuk mengumpulkan amal ibadah, bulan suci Ramadan juga memiliki keistimewaan sendiri karena tak sedikit kuliner khas dan unik bermunculan di sekitar kita.

Hal ini yang membuat bulan Ramadan menjadi spesial bagi masyarakat Indonesia, terlepas dari faktor keyakinannya. Semua orang di Indonesia gembira menyambut Ramadan. Namun sejak tahun kemarin, suasana Ramadan berubah seiring dengan fase adaptasi kebiasaan baru.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan pandemi ini membuat tren berwisata berubah.

"Pandemi ini membawa kita melakukan transformasi, tren pariwisata bergerak yang dulunya berbondong-bondong dan massal, kini pendekatannya perlu dikembangkan sebagai pariwisata yang berkelanjutan," ujar Menparekraf Sandiaga, awal April 2021.

Menyambut bulan Ramadan dengan berwisata #DiIndonesiaAja adalah pilihan yang tepat, terlebih banyak destinasi wisata kuliner yang aman dikunjungi. Asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan dengan sabun maka mengunjungi tempat-tempat berikut jelas bukan halangan.

Berikut tiga lokasi wisata kuliner seru untuk persiapan buka puasa:

Masjid Sunda Kelapa - DKI Jakarta

Jakarta adalah salah satu pusat kuliner di Indonesia, dan selama bulan Ramadan ada beberapa tempat yang bisa dijadikan tujuan mencari hidangan berbuka. Salah satunya adalah kawasan Masjid Sunda Kelapa. Pada saat bulan puasa, area pelataran masjid ini dipenuhi berbagai macam kuliner yang bisa membuat bingung memilih menu untuk disantap.

Pasar Sore Kauman - Daerah Istimewa Yogyakarta

Tempat ini merupakan salah satu pasar Ramadan legendaris di Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, pasar ini berada di Kampung Kauman yang berdekatan dengan Masjid Gedhe Kauman. Berkunjung ke tempat ini, wisatawan tak hanya disuguhi wisata religi dan sejarah tapi juga kuliner yang beragam. Jelas menggiurkan bukan? 

Jalan A Yani Denpasar - Bali

Meski mayoritas penduduk Bali memeluk agama Hindu, sentra kuliner Ramadan juga bisa ditemui di Denpasar. Tepatnya di sepanjang jalan A Yani, Denpasar Barat. Di tempat ini kalian bisa menemukan berbagai makanan khas buka puasa seperti kolak pisang, es cendol, bubur kacang hijau, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, cukup menarik wisata kuliner khas Ramadan #DiIndonesiaAja? Sekali lagi, jangan abaikan protokol kesehatan di mana pun dan kapan pun ya!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…