Menperin Agus Sebut Hubungan Indonesia-Jerman Ibarat Si Kembar Nakula-Sadewa

Oleh : Ridwan | Sabtu, 10 April 2021 - 18:10 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia menjadi official partner country Hannover Messe 2021: Digital Edition yang digelar pada 12-16 April 2021. Peluang strategis ini tak lepas dari kerja sama yang terjalin antara Indonesia dengan Jerman.

"Jerman merupakan salah satu mitra ekonomi terpenting Indonesia di Eropa. Hubungan diplomatik kedua negara telah ada sejak 1952," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Sabtu (10/4).

Menperin juga mengibaratkan Indonesia dan Jerman sebagai tokoh kembar pewayangan Nakula-Sadewa dalam pelaksanaan Hannover Messe 2021: Digital Edition ini. 

Kedua tokoh tersebut mencerminkan kekembaran kedua negara, Indonesia dan Jerman, yang aktif menjalin kerja sama erat dan komprehensif. Karakter ini juga menyimbolkan kerja sama yang sangat baik. 

"Mereka juga merupakan karakter berintelektual tinggi, dan yang tidak kalah penting, andal di bidangnya (mahir memanah)," jelasnya.

Menperin optimistis, penguatan sinergi Indonesia dan Jerman, khususnya di sektor industri, akan memacu pemulihan ekonomi nasional saat ini di tengah dampak pandemi Covid-19.

"Kolaborasi kedua negara ini salah satunya diwujudkan melalui pelaksanaan Hannover Messe sebagai ajang pameran teknologi industri ternama di dunia," terangnya.

Sementara itu, pada tahun 2023 nanti, Indonesia kembali dipercaya menjadi official partner country pada perhelatan tersebut. 

"Harapannya, kondisi pada 2023 sudah kembali seperti semula sehingga pameran bisa diselenggarakan di Hannover. Hal ini merupakan hasil dari hubungan diplomatik yang kuat, dan tentunya hasil dari kerja keras seluruh pihak, seperti Kementerian Luar Negeri melalui Duta Besar RI di Jerman," papar Agus.

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo dan Kanselir Jerman Angela Merkel akan meresmikan secara live pada pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition, tanggal 12 April 2021. 

Dalam rangkaian acara pembukaan tersebut, juga akan dilaksanakan Penandatangan Joint Declaration of Intent between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Federal Republic of Germany on Bilateral Dialogue regarding Quality Infrastructure (JDoI Infrastruktur Mutu). 

"Kami berharap, kerja sama ini dapat semakin memperlancar hubungan ekonomi antara kedua negara dan mengurangi hambatan-hambatan teknis yang selama ini dihadapi," kata Menperin.

Agus menambahkan, hubungan bilateral kedua negara semakin meningkat dan erat dengan adanya momentum kunjungan resmi Presiden RI Joko Widodo ke Berlin pada 17-18 April 2016. 

Presiden Jokowi dan Kanselir Angela Merkel telah menyepakati kembali penguatan hubungan kemitraan strategis (stepping up strategic partnership) kedua negara melalui tiga fokus bidang kerja sama.

Pertama, kerja sama pendidikan vokasi (technical vocational education training). Kedua, kerja sama tentang energi terbarukan (renewable energy). Dan, ketiga, kerja sama sektor maritim untuk kebutuhan negara dan kepentingan nasional Indonesia-Jerman di masa mendatang.

Kerja sama pendidikan vokasi antara Kementerian Perindustrian dengan Jerman dipayungi dalam kerangka kerja sama Sustainable Economic Development through Technical and Vocational Education and Training (SED-TVET) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia dan tingkat serapan lulusan pada sektor industri.

Adapun unit pendidikan Kemenperin yang mendapat dukungan melalui kerja sama SED-TVET meliputi empat perguruan tinggi vokasi, yakni Politeknik STTT Bandung, Politeknik AKA Bogor, Politeknik ATK Yogyakarta, dan Politeknik ATI Makassar. Selain itu, empat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK-SMAK Bogor, SMK-SMTI Pontianak, SMK-SMAK Makassar, dan SMK-SMTI Makassar).

Saat ini, terdapat sekitar 252 proyek investasi Jerman di Indonesia dengan nilai sekitar USD128 juta. Proyek investasi Jerman di Indonesia tersebut masih didominasi sektor-sektor perdagangan dan reparasi pendidikan, hotel dan restoran, industri logam dasar, barang logam, mesin dan elektronik, serta industri kimia dasar, barang kimia dan farmasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pertashop Dexlite Pertama Resmi Beroperasi

Jumat, 25 Juni 2021 - 09:23 WIB

Pertashop Dexlite Pertama Resmi Beroperasi di Sragen

Untuk pertama kalinya di Regional Jawa Bagian Tengah, Pertashop yang menyalurkan produk bahan bakar minyak (BBM) mesin diesel atau jenis gasoil, yaitu Dexlite resmi beroperasi.

Pembangunan Bendungan Ladongi

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:57 WIB

Progres Pembangunan Sudah 90,28 Persen, Bendungan Ladongi di Kolaka Timur Siap Impounding Pada Juli 2021

Bendungan Ladongi akan menahan aliran Sungai Ladongi dengan kapasitas tampung 45,95 juta m3 dan luas genangan serta area sabuk hijau sebesar 246,13 hektar (ha). Nantinya air yang tertampung…

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi (kiri) bersama Direktur Information Technology Bank Syariah Indonesia, Achmad Syafii (kanan) saat menunjukkan aplikasi BSI Mobile

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:20 WIB

Buka Rekening ke Cabang Enggak Zaman, BSI Bisa Onlie!

PT Bank Syariah Indonesia (Tbk) atau BSI terus melakukan transformasi digital untuk menghadirkan kemudahan layanan keuangan bagi nasabah dan masyarakat, termasuk membuka rekening secara daring…

Maybank dan Blibli

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:00 WIB

Maybank Finance dan Garasi.id, Blibli Hadirkan Kemudahan Jual Beli Mobil Baru

Blibli, e-commerce lokal terdepan, berkolaborasi dengan Maybank Finance, solusi pembiayaan dari salah satu bank terbesar di Indonesia, dan Garasi.id, pusat jual beli mobil bekas berkualitas,…

Anggota DPR RI Fraksi PKS Junaidi Auly

Jumat, 25 Juni 2021 - 07:00 WIB

Junaidi Auly Terima Aspirasi DPR Papua Terkait Revisi UU Dana Otsus Papua

Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), Junaidi Auly menerima aspirasi dan masukan dari Wakil Ketua dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) terkait revisi Undang-Undang (UU)…