Anies Ubah 40 Rumah Warga Kampung Melayu Jadi Model Panggung, Warganet: Jenius! Presiden 2024

Oleh : Nata Kesuma | Sabtu, 10 April 2021 - 11:11 WIB

Denah Renovasi Rumah Panggung Kampung Melayu dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan (foto Kolase)
Denah Renovasi Rumah Panggung Kampung Melayu dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan (foto Kolase)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menayatakan akan merenovasi puluhan rumah di Kampung Melayu menjadi rumah bertingkat (panggung).

"Sebanyak 40 rumah warga di RT 13/04 Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, akan direnovasi menjadi model panggung," unggah Anies di Facebooknya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Sabtu pagi (10/4/2021).

Dalam unggahan tersebut, Anies juga menyampaikan pesan dari Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar yang menyatakan bahwa rumah warga tersebut akan dibangun berlantai tiga. 

Dimana untuk bagian atasnya dijadikan rumah, lalu bagian bawahnya dibuat model panggung setinggi 3,5 meter untuk usaha dan interaksi sosial. 

"Sebelum lebaran kita targetkan ini sudah selesai," ungkapnya.

Menurut Anies, Kawasan Kampung Melayu kerap kali dilanda banjir setiap tahunnya. Tak ayal membuat permukiman warga terendam. 

Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta melalui Pemerintah Kota Admistrasi Jakarta Timur berkolaborasi dengan berbagai pihak di antaranya Baznas Bazis DKI dan Karya Bakti TNI, menginisiasi Program Bedah Kampung, di kawasan Kampung Melayu. 

Nantinya, sambung Aniea, untuk dapat menselaraskan kawasan Bedah Kawasan, maka digunakan material lokal yang mudah didapat di sekitaran kampung, diantaranya yakni struktur beton plat bondeck, hebel untuk dinding, balok kayu untuk railing, baja ringan untuk rangka atap dan spandek berpasir untuk penutup atap.

Kampung vertikal, lanjutnya, merupakan konsep hunian yang bertransformasi dari menjadi kampung yang bentuk bersusun tegak lurus keatas dengan tujuan meminimalisas penggunaan lahan (Suminar, 2016).

"Kampung vertikal dapat menjadi salah satu alternatif bagi pertambahan penduduk dimasa mendatang dan kebutuhan akan tempat tinggal dan dapat difungsikan sebagai penyangga perekonomian rakyat (Yu Sing 2011)," tandas Anies

Tak hanya itu, menurutnya, konsep bedah rumah Kampung Melayu ini juga mengusung semangat Rasa Local Go Global.

"Bedah Kawasan Baznaz Bazis DKI d Kampung Melayu memiliki visi untuk dapat mengangkat pola pikir (upgrading maindset) bahwa kampong adalah kumuh dan tidak produktif," ucapnya.

"Dengan Kampung Vertikal, maka warga penerima bantuan dharapkan akan aktif untuk menjadi warga berdaya yang dipancing dengan fasilitas warung (Bedah Warung), area bertanam termasuk hidroponik fasitas kesenian dan sosial," pungkas Anies dalam keterangan denah grafisnya.

Hingga berita ini dibuat, konsep kampung vertikal tersebut menuai banyak apresiasi dari para warganet.

"Selalu memberikan solusi  yg terbaik utk rakyat..mantap..keren..," papar Widyastuti.

"Mantap... Lingkungan warga diperbaiki...Bukan digusur... Keren deh gue punya gubernur...Terbaik," kata Irianto RM.

"Inovasi yg jenius, bravo pak gubernur.," ucap Endang Heryana.

"Presiden Indonesia 2024," imbuh Muhammad Ilham.

"Masya Allah. Tabarakallah. Semoga berjaya menuju RI 1. Aamiin.," sebut Doni ucep.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…