Anies Ubah 40 Rumah Warga Kampung Melayu Jadi Model Panggung, Warganet: Jenius! Presiden 2024

Oleh : Nata Kesuma | Sabtu, 10 April 2021 - 11:11 WIB

Denah Renovasi Rumah Panggung Kampung Melayu dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan (foto Kolase)
Denah Renovasi Rumah Panggung Kampung Melayu dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan (foto Kolase)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menayatakan akan merenovasi puluhan rumah di Kampung Melayu menjadi rumah bertingkat (panggung).

"Sebanyak 40 rumah warga di RT 13/04 Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, akan direnovasi menjadi model panggung," unggah Anies di Facebooknya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Sabtu pagi (10/4/2021).

Dalam unggahan tersebut, Anies juga menyampaikan pesan dari Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar yang menyatakan bahwa rumah warga tersebut akan dibangun berlantai tiga. 

Dimana untuk bagian atasnya dijadikan rumah, lalu bagian bawahnya dibuat model panggung setinggi 3,5 meter untuk usaha dan interaksi sosial. 

"Sebelum lebaran kita targetkan ini sudah selesai," ungkapnya.

Menurut Anies, Kawasan Kampung Melayu kerap kali dilanda banjir setiap tahunnya. Tak ayal membuat permukiman warga terendam. 

Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta melalui Pemerintah Kota Admistrasi Jakarta Timur berkolaborasi dengan berbagai pihak di antaranya Baznas Bazis DKI dan Karya Bakti TNI, menginisiasi Program Bedah Kampung, di kawasan Kampung Melayu. 

Nantinya, sambung Aniea, untuk dapat menselaraskan kawasan Bedah Kawasan, maka digunakan material lokal yang mudah didapat di sekitaran kampung, diantaranya yakni struktur beton plat bondeck, hebel untuk dinding, balok kayu untuk railing, baja ringan untuk rangka atap dan spandek berpasir untuk penutup atap.

Kampung vertikal, lanjutnya, merupakan konsep hunian yang bertransformasi dari menjadi kampung yang bentuk bersusun tegak lurus keatas dengan tujuan meminimalisas penggunaan lahan (Suminar, 2016).

"Kampung vertikal dapat menjadi salah satu alternatif bagi pertambahan penduduk dimasa mendatang dan kebutuhan akan tempat tinggal dan dapat difungsikan sebagai penyangga perekonomian rakyat (Yu Sing 2011)," tandas Anies

Tak hanya itu, menurutnya, konsep bedah rumah Kampung Melayu ini juga mengusung semangat Rasa Local Go Global.

"Bedah Kawasan Baznaz Bazis DKI d Kampung Melayu memiliki visi untuk dapat mengangkat pola pikir (upgrading maindset) bahwa kampong adalah kumuh dan tidak produktif," ucapnya.

"Dengan Kampung Vertikal, maka warga penerima bantuan dharapkan akan aktif untuk menjadi warga berdaya yang dipancing dengan fasilitas warung (Bedah Warung), area bertanam termasuk hidroponik fasitas kesenian dan sosial," pungkas Anies dalam keterangan denah grafisnya.

Hingga berita ini dibuat, konsep kampung vertikal tersebut menuai banyak apresiasi dari para warganet.

"Selalu memberikan solusi  yg terbaik utk rakyat..mantap..keren..," papar Widyastuti.

"Mantap... Lingkungan warga diperbaiki...Bukan digusur... Keren deh gue punya gubernur...Terbaik," kata Irianto RM.

"Inovasi yg jenius, bravo pak gubernur.," ucap Endang Heryana.

"Presiden Indonesia 2024," imbuh Muhammad Ilham.

"Masya Allah. Tabarakallah. Semoga berjaya menuju RI 1. Aamiin.," sebut Doni ucep.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi tinjau Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Selasa, 18 Mei 2021 - 18:11 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Mencapai 73 Persen

Presiden Joko Widodo meninjau secara langsung perkembangan pembangunan konstruksi salah satu proyek strategis nasional, kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Pembangunan proyek tersebut saat…

XAURIUS

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:45 WIB

XAURIUS Resmi Luncurkan Token XAU, Cryptocurrency Pertama di Indonesia yang didukung oleh Emas, Lebih Stabil dan Aman

Pada kuartal pertama tahun 2021, sebuah perusahaan asset digital bernama XAURIUS (PT. Xaurius Asset Digital) meluncurkan cryptocurrency pertama di Indonesia yang didukung emas dengan nama token…

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:30 WIB

Kuat Dugaan Ada Keterlibatan Anggota Dewan dalam Kasus KTM, KPK Diminta Segera Turun Tangan

Kasus temuan puluhan ribu ton gula gudang PT Kebun Tebu Mas (KTM) masih terus bergulir hingga saat ini. Yang terbaru, muncul dugaan keterlibatan anggota DPR RI berinisial AW dan AD dalam dugaan…

Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:19 WIB

Dahsyat! Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Bogor- PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement”) memulai program vaksinasi tahap pertama COVID-19 untuk karyawannya sebagai bagian dari penyelenggaraan gerakan Vaksinasi Mandiri…

Perumahan Cibubur Jaktim

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:00 WIB

Gerbang Tol, CBD hingga Mall Tingkatkan Nilai Properti di Kota Wisata Cibubur

Sebagai primadona di kawasan Cibubur, Kota Wisata menambah kelengkapan fasilitasnya dengan gerbang tol langsung di dalam kompleks tersebut. Keberadaan akses langsung pintu tol di dalam kawasan…