Pengelola Tol Padang-Sicincin Catat Ya! DPR Ini Minta Pelaku UMKM Diberikan Porsi Strategis di Rest Area

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 08 April 2021 - 18:25 WIB

Hutama Karya Terus Kebut Pembangunan Tol Padang-Sicincin
Hutama Karya Terus Kebut Pembangunan Tol Padang-Sicincin

INDUSTRY co.idJakarta, Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina meminta agar para pelaku UMKM diberikan porsi strategis pada rest area Jalan Tol Padang-Sicincin yang tengah dilakukan pembangunannya.

Hal itu diungkapkan Nevi saat mengikuti agenda kunjungan kerja spesifik Komisi VI DPR RI di Provinsi Sumatera Barat, Selasa (6/4/2021).

"Saya minta UMKM ini nantinya mendapat tempat strategis di setiap rest area yang di bangun sepanjang jalan Tol. Ini akan menjadi etalase yang sangat bagus mencitrakan pemerintah sangat berpihak pada UMKM dan rakyat kecil. Sehingga para pelaku UMKM tidak perlu bersaing dengan para pengusaha besar yang bila ini dibiarkan pasti para pelaku UMKM akan terpinggirkan," ujar Nevi dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Kamis (8/4/2021).

Ia menyampaikan, Jalan Tol Padang-Sicincin ini merupakan bagian dari jalan Tol Padang-Pekanbaru yang mempunyai panjang total 254 kilometer dan terbagi menjadi enam seksi.

Yaitu Seksi I Padang-Sicincin, Seksi II Sicincin-Bukittinggi, Seksi III Bukittinggi-Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh-Pangkalan, Seksi V Pangkalan-Bangkinang dan Seksi VI Bangkinang-Pekanbaru.

"Saya menyayangkan, pelaksanaan proyek besar ini agak melamban. Meski sudah dimulai sejak awal 2018, namun hingga saat ini lahan yang sudah dibebaskan baru 5 kilometer dari panjang proyek jalan tol Padang-Sicincin sepanjang 36,2 kilometer," ucapnya.

Selain terkendala soal pembebasan lahan, tambah Nevi, beban utang BUMN juga sudah terlampau tinggi, tren ini terus meningkat sejak beberapa tahun terakhir.

"Saya berharap, dengan sumber pendanaan berasal dari Penyertaan Modal Negara (PMN) serta alternatif pendanaan melalui creative financing seperti pinjaman perbankan nasional dan multinasional hingga penerbitan obligasi, Jalan Tol Padang-Sicincin dapat segera terealisasi," ujarnya.

"Saya juga berharap agar hendaknya jalan tol Padang-Sicincin ini selesai sesuai jadwal yang direncanakan, agar dapat meningkat pertumbuhan ekonomi setelah pandemi," tutup Nevi Zuairina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gempa Bumi di Jawa Timur

Selasa, 13 April 2021 - 15:02 WIB

Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi di Jawa Timur, Ini yang Dilakukan Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut membantu penanganan darurat bencana gempa bumi yang mengguncang sejumlah kota/kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

Mendag Lutfi dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Selasa, 13 April 2021 - 14:57 WIB

Kabar dari Mendag Lutfi Ini Bikin Masyarakat Tenang! Pasokan Bahan Pokok Cukup dan Harga Stabil

Mendag Lutfi mengatakan, beberapa komoditas seperti beras, gula, dan daging sapi perlu adanya penambahan pasokan untuk mengantisipasi cadangan stok, iklim ekstrem, kenaikan harga internasional,…

CDM Raya Cadbury

Selasa, 13 April 2021 - 14:51 WIB

Bagikan 10.000 Paket Makanan dan Cokelat, Cadbury Ajak Masyarakat Berbagi dari Hati

Melalui pembelian Cadbury kemasan spesial “Hari Raya” di Alfamart, konsumen dapat ikut berpartisipasi untuk memberikan donasi 10.000 paket makanan dan cokelat ke 4 Rumah Sakit rujukan Covid-19…

Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Al Mazroui (Foto: The National)

Selasa, 13 April 2021 - 14:50 WIB

Dahsyat! Bawa Duit Berkarung-karung, UEA Bakal Bangun Fasilitas Vaksin Covid-19 di Indonesia

Uni Emirate Arab (UEA) akan segera merealisasi investasi dalam pembangunan fasilitas produksi vaksin COVID-19 di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Energi dan Infrastruktur Uni…

Kampus UBSI Ciputat

Selasa, 13 April 2021 - 14:30 WIB

Upaya Calon Mahasiswa di Tengah Wabah Covid-19

Ahmad Rofikin, pria yang akrab disapa Fikin adalah seorang anak muda berusia 25 tahun yang merantau dari desanya di Plantungan, Kendal ke Kota Tangerang Selatan, Banten untuk mengubah hidupnya.…