Gali Potensi Wisata Kota Padang, Kementerian PUPR Selesaikan Penataan Kawasan Batang Arau dan Seberang Palinggam

Oleh : Hariyanto | Kamis, 08 April 2021 - 09:22 WIB

 Kawasan Batang Arau
Kawasan Batang Arau

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus bergerak meningkatkan kualitas kawasan permukiman kumuh guna mengangkat potensi sumber daya alam wilayah setempat.

Di Provinsi Sumatera Barat, program penataan kawasan salah satunya dikerjakan Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR dengan melibatkan peran aktif Pemerintah Daerah dan masyarakat di Kelurahan Batang Arau dan Seberang Palinggam Kota Padang.

Kawasan yang dilintasi Sungai Batang Arau ini mayoritas penduduknya adalah nelayan. Kepadatan dan ketidakberaturan permukiman serta minimnya infrastruktur menyebabkan kawasan ini menyandang predikat kumuh.

“Konsep penataan kawasan disesuaikan dengan fungsi kota sebagai kota tujuan wisata dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan dengan melibatkan Pemerintah Daerah,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (8/4/2021).

Penataan kawasan kumuh Batang Arau dan Seberang Palinggam mulai dikerjakan Juli 2019 dan telah selesai pada Desember 2019. Saat ini kawasan tersebut menjadi tujuan  wisata yang representatif dan ikon kebanggaan wisata di Kota Padang.

Penanganan Kawasan Batang Arau dan Seberang Palinggam bersumber dari APBN sebesar Rp 14,97 miliar untuk pekerjaan fisik dan Rp 466 juta untuk supervisi. Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan pedestrian jalan utama sepanjang 1,6 km, plat duiker sebanyak 2 unit, jalan lingkungan sepanjang 293,3 meter, lampu taman 120 unit, dan pekerjaan bangku serta tempat sampah.

Sebelumnya, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat, Ditjen Cipta Karya sejak April 2018 dan selesai akhir tahun 2018 juga telah mendukung penataan kawasan Batang Arau diantaranya berupa pembangunan jalur pejalan kaki, saluran/drainase, Taman Siti Nurbaya yang dilengkapi arena skateboard, tempat sampah, toilet umum, gapura, dan jalan lingkungan.

Jarak tempuh menuju Kawasan Batang Arau sekitar 20 menit dari pusat Kota Padang dan 50 menit dari Bandara Minangkabau melalui jalur darat. Di samping kualitas lingkungan yang semakin meningkat, Kawasan Batang Arau yang tertata rapi menjadi potensi destinasi wisata yang akan mendorong peningkatan ekonomi lokal.

Di kawasan tersebut terdapat Pelabuhan Muaro yang merupakan pelabuhan tertua di Kota Padang sehingga menyimpan potensi wisata sejarah. Selain itu juga sebagai lokasi legenda Siti Nurbaya yang ditandai dengan adanya Makam Siti Nurbaya dan Jembatan Siti Nurbaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PLTS

Kamis, 22 April 2021 - 20:25 WIB

Bukti Komitmen PLN Genjot Energi Bersih, Sebanyak 13 Kampung di Raja Ampat Kini Nikmati Listrik EBT

Sebelumnya, pada tahun 2020 PLN telah melistriki beberapa kampung lainnya di Kabupaten Raja Ampat menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Total keseluruhan kampung berlistrik di…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat menandatangani MoU akselerasi industri 4.0 di BUMN

Kamis, 22 April 2021 - 20:10 WIB

Menperin Agus Gandeng Erick Thohir Akselerasi Transformasi Industri 4.0 di BUMN

Memorandum of Understanding (MoU) tentang pelaksanaan asesmen Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara Kementerian Perindustrian dan Kementerian…

Kenertec Siap Bangun Menara Kincir Angin Lokal Senilai Rp500 Miliar untuk PLTB Sukabumi

Kamis, 22 April 2021 - 20:07 WIB

Kenertec Siap Bangun Menara Kincir Angin Lokal Senilai Rp500 Miliar untuk PLTB Sukabumi

Kenertec dan UPC Renewables menyatakan kesiapan untuk membangun puluhan menara kincir angin untuk Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, untuk mendukung kebijakan…

Jakarta-Ajang kecantikan internasional paling bergengsi, Miss Universe 2020 akhirnya di gelar pada bulan Mei 2021 di Florida, Amerika Serikat.

Kamis, 22 April 2021 - 19:57 WIB

Mustika Ratu dan YPI kirim Puteri Indonesia ke ajang Miss Universe 2021

Jakarta-Ajang kecantikan internasional paling bergengsi, Miss Universe 2020 akhirnya di gelar pada bulan Mei 2021 di Florida, Amerika Serikat.

MMKSI gelar program Kartini Campaign

Kamis, 22 April 2021 - 19:57 WIB

Manjakan Wanit di Seluruh Indonesia, MMKSI Hadirkan Kartini Campaign

Dalam rangka menyambut hari peringatan emansipasi wanita di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan program Kartini Campaign khusus bagi konsumen wanita…