Goks! Masyarakat Diminta Belanja Online jelang Lebaran, Ada Subsidi Ongkir Rp 500 Miliar dari Pemerintah

Oleh : Ridwan | Kamis, 08 April 2021 - 07:46 WIB

Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah secara resmi akan menggelar Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) serentak di sejumlah marketplace pada H-10 dan H-5 Hari Raya Idul Fitri.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menggenjot konsumsi masyarakat demi mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Tak tanggung-tanggung, pemerintah juga menyiapkan Rp500 miliar untuk subsidi biaya ongkos kirim (ongkir). Tapi, rencananya bebas ongkir hanya berlaku untuk produk-produk nasional saja.

"Pemerintah juga mendorong hari belanja nasional yang terjadi di H-10 dan H-5 (Lebaran). Di mana untuk hari belanja nasional melalui online itu ditujukan untuk produk nasional dan pemerintah akan mensubsidi ongkos kirim. Sehingga pemerintah menyiapkan Rp 500 miliar," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers usai rapat terbatas (7/4).

Pelaksanaan Harbolnas Lebaran ini tak lain demi menggenjot kinerja ekonomi nasional. Pemerintah masih harus bekerja keras untuk menaikkan pertumbuhan ekonomi yang minus sepanjang tahun 2020 lalu akibat pandemi. 

Karena perdagangan dan investasi masih sulit bangkit, maka konsumsi rumah tangga menjadi sektor yang disasar pemerintah.

Selain Harbolnas dengan subsidi bebas ongkirnya, pemerintah juga mengupayakan bangkitnya ekonomi nasional melalui penyaluran tunjangan hari raya (THR). 

Perusahaan pun diminta membayarkan THR secara tepat waktu karena pemerintah beranggapan telah memberikan sejumlah insentif usaha.

Bila THR disalurkan dengan tertib, pemerintah memprediksi ada aliran dana hingga Rp215 triliun yang mengalir ke pasar. Tentu, angka ini mengasumsikan seluruh karyawan ramai-ramai membelanjakan THR yang diterimanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi angka pengangguran

Kamis, 22 April 2021 - 21:10 WIB

Alamak! Daya Beli Anjlok Faktor Pengangguran Melonjak

Institute for Development of Economics and Finance ( INDEF) memaparkan pandemi COVID-19 berimplikasi terhadap meningkatnya pengangguaran di Indonesia.

PLTS

Kamis, 22 April 2021 - 20:25 WIB

Bukti Komitmen PLN Genjot Energi Bersih, Sebanyak 13 Kampung di Raja Ampat Kini Nikmati Listrik EBT

Sebelumnya, pada tahun 2020 PLN telah melistriki beberapa kampung lainnya di Kabupaten Raja Ampat menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Total keseluruhan kampung berlistrik di…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat menandatangani MoU akselerasi industri 4.0 di BUMN

Kamis, 22 April 2021 - 20:10 WIB

Menperin Agus Gandeng Erick Thohir Akselerasi Transformasi Industri 4.0 di BUMN

Memorandum of Understanding (MoU) tentang pelaksanaan asesmen Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara Kementerian Perindustrian dan Kementerian…

Kenertec Siap Bangun Menara Kincir Angin Lokal Senilai Rp500 Miliar untuk PLTB Sukabumi

Kamis, 22 April 2021 - 20:07 WIB

Kenertec Siap Bangun Menara Kincir Angin Lokal Senilai Rp500 Miliar untuk PLTB Sukabumi

Kenertec dan UPC Renewables menyatakan kesiapan untuk membangun puluhan menara kincir angin untuk Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, untuk mendukung kebijakan…

Jakarta-Ajang kecantikan internasional paling bergengsi, Miss Universe 2020 akhirnya di gelar pada bulan Mei 2021 di Florida, Amerika Serikat.

Kamis, 22 April 2021 - 19:57 WIB

Mustika Ratu dan YPI kirim Puteri Indonesia ke ajang Miss Universe 2021

Jakarta-Ajang kecantikan internasional paling bergengsi, Miss Universe 2020 akhirnya di gelar pada bulan Mei 2021 di Florida, Amerika Serikat.