Hutama Karya Resmi Garap Sisi Timur Kawasan Sirkuit MotoGP Mandalika

Oleh : Hariyanto | Selasa, 09 Maret 2021 - 10:18 WIB

Hutama Karya Resmi Garap Sisi Timur Kawasan Sirkuit MotoGP Mandalika
Hutama Karya Resmi Garap Sisi Timur Kawasan Sirkuit MotoGP Mandalika

INDUSTRY.co.id - Lombok – PT Hutama Karya (Persero)  atau Hutama Karya resmi menggarap salah satu mega proyek milik PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Kabupaten Lombok Tengah, NTB, tepatnya pada sisi sebelah timur Kawasan sirkuit MotoGP Mandalika.
 
Penandatanganan kontrak proyek dengan nama “Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (MUTIP), Construction of Core Infrastructure, Package 2 – East Side” atau yang biasa disebut The Mandalika dilakukan secara offline pada Jum’at (5/3/2021) di Club House National Golf Resort Nusa Dua, Bali dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Turut hadir mewakili Hutama Karya dalam penandatanganan kontrak yakni Wakil Direktur Utama Aloysius Kiik Ro, Wakil Komisaris Utama Lukman Edy, Direktur Operasi I Novias Nurendra, dan Executive Vice President (EVP) Divisi Sipil Umum sekaligus Authorized Representative Hutama-Adhi JO, Ari Asmoko. Sedangkan dari pihak ITDC selaku pemilik proyek diwakili oleh Direktur Utama Abdulbar M. Mansoer beserta Direktur Teknik dan SDM Taufik Hidayat.
 
Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra mengatakan bahwa proyek baru yang cukup strategis ini berhasil diraih perusahaan setelah melalui proses pengadaan menggunakan metode international open competitive tender serta telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang dipersyaratkan. 

“Pada proyek The Mandalika Paket 2, Hutama Karya akan berkolaborasi dengan Adhi Karya dengan HK sebagai leader dalam pembangunannya. Dalam pengerjaannya, Hutama-Adhi JO akan menggunakan teknologi Bulding Information Modelling (BIM) yang dapat mengontrol kesesuaian desain, serta ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan nantinya,” ujar Novias.
 
Lebih lanjut ia menerangkan bahwa proyek senilai 753 miliar ini ditargetkan rampung maksimal dalam 2 (dua) tahun mendatang. Adapun Paket II yang dikerjakan oleh Hutama-Adhi JO ini meliputi pembangunan jalan, river training works, jaringan pipa & drainase, hingga jalur pasokan air.
 
“Dalam pelaksanaan pembangunan proyek, Hutama-Adhi JO berkomitmen akan mengedepankan aspek Quality, Health, Safety, Security and Environment (QHSSE) guna mencapai zero accident dalam pelaksanaannya, serta menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 yang ketat di lokasi proyek. Kami yakin pembangunan Proyek The Mandalika akan memiliki dampak positif dalam peningkatan perekonomian masyarakat setempat,” tutup Novias Nurendra, Direktur Operasi I Hutama Karya.
 
Sejalan dengan Novias, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan bahwa selain dampak ekonomi, proyek KEK ini juga diharapkan dapat menggerakkan kembali geliat pariwisata, salah satunya  mendukung terselanggaranya MotoGP di Sirkuit Mandalika. 

“Selain untuk meningkatkan daya tarik kawasan bagi investor untuk masuk dan bersama-sama mengembangkan The Mandalika, percepatan pembangunan ini juga kami pastikan untuk mempersiapkan kawasan The Mandalika menyambut normalisasi pariwisata setelah proses vaksinasi selesai,”  terang Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…