Sri Mulyani Blak-blakan Soal Sulitnya Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik, Publik: Hebat Ibu Menteri...

Oleh : Candra Mata | Minggu, 07 Maret 2021 - 19:42 WIB

Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani

INDUSTRY.co.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani menuai banjir pujian dari masyarakat usai mengunggah tulisan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik.

"Bagaimanakah menjadi seorang pemimpin yang baik?," kata Sri Mulyani, seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari laman Faceboknya pada Minggu malam (7/3/2021).

"Menjadi pemimpin tidaklah mudah. Setiap level dalam hidup kita, kita akan menghadapi berbagai tantangan. Namun, pemimpin yang baik tahu tantangan yang dihadapi dan tidak mudah menyerah,' sambungnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, pemimpin yang baik tidak memikirkan diri sendiri, memiliki kepedulian terhadap sekitar, dan berani melakukan perubahan. 

Ia mampu memotivasi orang lain melalui kepercayaan diri, menjadi contoh atas tindakannya yang selalu berusaha membantu orang lain, dan senang berbagi ilmu yang dimiliki. 

"Dalam acara Dialog Intergenerasional “Women and Girls: Game Changers in Development", saya berdialog dengan Della (19 tahun), Brelyantika (22 tahun), dan Silvia (18 tahun), tiga perempuan muda Indonesia yang menunjukkan kemampuan leadership mereka dalam berbagai bidang," imbuh Sri Mulyani.

Menurutnya, di masa sulit akibat pandemi, Indonesia harus bangga memiliki generasi muda yang berinisiatif turut berkontribusi dalam upaya peningkatan kualitas SDM masyarakat. 

Sikap positif dan kemampuan memotivasi orang lain serta mengembangkan ide-ide untuk menolong orang lain ini merupakan sikap yang harus dimiliki calon pemimpin masa depan.

"Sebagai anak muda, asah terus rasa peduli, peka, dan rasa kasih sayang sebagai modal dalam memimpin. Inilah sikap dasar perempuan. Teruskan tongkat estafet jiwa kepemimpinan ini kepada orang-orang disekelilingmu dan kelak kepada anak-anakmu!," papar Sri Mulyani.

Hingga berita ini diturunkan, unggahan Sri Mulyani tersebut telah mendapat respon pujian dari masyarakat.

"Sepakat bu menteri," ucap Rasman Ali.

"Hebat ibu'mentri," imbuh Suherman.

"Mantap bu sri mulyani sehat selalu," tandas Thamrin.

"Alhamdullillah dibalik pandemi ini ada hikmahnya, kita bisa banyak belajar dan mendengar apa yang harus dilakukan sekarang dan kedepan untuk Indonesia dari Bu Menteri," papar Bambang.

"Pemimpin yang baik itu Amanah dan menjadi contoh serta mau melayani masyarakat. Bukan untuk dilayani oleh masyarakat.," tukas Irwan Nasution.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…

Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/5). (BPBD Kabupaten Flores Timur))

Minggu, 18 April 2021 - 21:25 WIB

Luar Biasa! Bantuan Logistik di Daerah Terisolir NTT Terus Mengalir

Jakarta - Distribusi bantuan ke daerah terisolir mulai dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4/2021). Pemerintah melibatkan helikopter untuk mencapai…