Sri Mulyani Blak-blakan Soal Sulitnya Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik, Publik: Hebat Ibu Menteri...

Oleh : Candra Mata | Minggu, 07 Maret 2021 - 19:42 WIB

Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani

INDUSTRY.co.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani menuai banjir pujian dari masyarakat usai mengunggah tulisan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik.

"Bagaimanakah menjadi seorang pemimpin yang baik?," kata Sri Mulyani, seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari laman Faceboknya pada Minggu malam (7/3/2021).

"Menjadi pemimpin tidaklah mudah. Setiap level dalam hidup kita, kita akan menghadapi berbagai tantangan. Namun, pemimpin yang baik tahu tantangan yang dihadapi dan tidak mudah menyerah,' sambungnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, pemimpin yang baik tidak memikirkan diri sendiri, memiliki kepedulian terhadap sekitar, dan berani melakukan perubahan. 

Ia mampu memotivasi orang lain melalui kepercayaan diri, menjadi contoh atas tindakannya yang selalu berusaha membantu orang lain, dan senang berbagi ilmu yang dimiliki. 

"Dalam acara Dialog Intergenerasional “Women and Girls: Game Changers in Development", saya berdialog dengan Della (19 tahun), Brelyantika (22 tahun), dan Silvia (18 tahun), tiga perempuan muda Indonesia yang menunjukkan kemampuan leadership mereka dalam berbagai bidang," imbuh Sri Mulyani.

Menurutnya, di masa sulit akibat pandemi, Indonesia harus bangga memiliki generasi muda yang berinisiatif turut berkontribusi dalam upaya peningkatan kualitas SDM masyarakat. 

Sikap positif dan kemampuan memotivasi orang lain serta mengembangkan ide-ide untuk menolong orang lain ini merupakan sikap yang harus dimiliki calon pemimpin masa depan.

"Sebagai anak muda, asah terus rasa peduli, peka, dan rasa kasih sayang sebagai modal dalam memimpin. Inilah sikap dasar perempuan. Teruskan tongkat estafet jiwa kepemimpinan ini kepada orang-orang disekelilingmu dan kelak kepada anak-anakmu!," papar Sri Mulyani.

Hingga berita ini diturunkan, unggahan Sri Mulyani tersebut telah mendapat respon pujian dari masyarakat.

"Sepakat bu menteri," ucap Rasman Ali.

"Hebat ibu'mentri," imbuh Suherman.

"Mantap bu sri mulyani sehat selalu," tandas Thamrin.

"Alhamdullillah dibalik pandemi ini ada hikmahnya, kita bisa banyak belajar dan mendengar apa yang harus dilakukan sekarang dan kedepan untuk Indonesia dari Bu Menteri," papar Bambang.

"Pemimpin yang baik itu Amanah dan menjadi contoh serta mau melayani masyarakat. Bukan untuk dilayani oleh masyarakat.," tukas Irwan Nasution.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…