Catat! Tugas Bulog Bantu Serap Beras Petani, Panen Raya di Depan Mata

Oleh : Wiyanto | Minggu, 07 Maret 2021 - 16:34 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id-Jateng - Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Suryo Banendro meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk melakukan penyerapan padi secara maksimal. Ini perlu dilakukan mengingat hasil panen di wilayahnya sudah memasuki masa proses penggilingan. Terlebih, Menurut Suryo, produktivitas di Jateng sangat bagus sehingga hampir di semua Desa memiliki sentra beras yang melimpah.

"Kehadiran negara melalui Bulog sangat penting. Sebab temen-temen dari penggilingan bergerak terus, walaupun mereka ada keterbatasan karena beras ada dimana-mana," ujar Suryo, Sabtu, 6 Maret 2021.

Diluar itu, Suryo bersyukur karena pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) bergerak cepat dengan memberi bantuan alat pemanen dan mesin pengering dryer berkapasitas 10 ton. Dengan bantuan tersebut, Suryo berharap semua penyuluh terus melakukan pendampingan.

"Memang upaya ini belum semuanya terjangkau, tapi paling tida upaya ini mampu mengantisipasi harga turun disaat musim hujan karena kadar air yangbsangat tinggi," katanya.

Suryo mengatakan, Provinsi Jawa Tengah merupakan sebtra produksi padi yang memiliki kontribusi besar terhadap cadangan pangan nasional. Wilayah ini merupakan salah satu Provinsi yang dikelilingi dengan areal tanaman pangan.

"Makanya kita tidak ingin kalau kedepannya terjadi serangan hama atau gagal panen. Artinya semua upaya pencegahan harus kita lakukan. Apalagi Jawa Tengah merupakan daerah sentra yang mesti kita amankan," katanya.

Sejauh ini, provinsi Jawa Tengah telah menetapkan kebijakan perbenihan unggul, dimana semua areal tanam menggunakan benih yang terlegalisir sertifikat. Dengan demikian, produktivitas tanaman pangan selalu meningkat bahkan melebihi target.

"Di Jawa Tengah semuanya sudah menanam varietas unggul bersertifikat yang mana hal itu merupakan brader kita. Makanya pengawalannya juga lebih penting untuk memastikan budidaya dan pengendaliannya lebih bagus lagi," katanya.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, Anang Widodo mengatakan bahwa saat ini wilayah Jawa Timur hampir merata memasuki masa panen raya. Di Kediri, panen raya berlangsung dengan sangat baik. "Jawa Timur merata masuk panen raya," tutupnya.

Berdasarkan catatan BPS, produksi beras pada tahun ini diperkirakan meningkat tinggi yakni sebesar 4,86 juta hektare atau naik sebesar 26,56 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan terjadi karena panen raya di awal tahun, terutama di sejumlah daerah terus menunjukan tren positif.

Adapun pergerakan produksi beras tahun 2020 mencapai 54,65 juta ton. Angka ini masih lebih tinggi ketimbang angka tahun 2019 yang hanya mencapai 54,60 juta ton. Adapun total luasan panen pada tahun 2020 mencapai 10,66 juta hektar dengan total produksi padi mencapai 54,65 juta ton (gabah kering giling).

Perlu diketahui, berdasarkan laporan total stok beras Bulog pertanggal 3 Maret 2021 mencapai 870.421 ton. Dari angka tersebut, rata-rata harga gabah kering panen di tingkat petani pertanggal 4 Maret 2021 mencapai Rp 4.464 perkilogra atau turun 0,29 persen dari hari sebelumnya. Sedangkan harga gabah kering giling mengalami kenaikan sebesar 0,96 persen atau Rp 5,479. Adapun harga beras medium di tingkat penggilingan mencapai Rp. 9.153 perkilogram atau naik sebesar 0,39 peraen dari hari sebelumnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…

Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/5). (BPBD Kabupaten Flores Timur))

Minggu, 18 April 2021 - 21:25 WIB

Luar Biasa! Bantuan Logistik di Daerah Terisolir NTT Terus Mengalir

Jakarta - Distribusi bantuan ke daerah terisolir mulai dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4/2021). Pemerintah melibatkan helikopter untuk mencapai…