SUCOFINDO Edukasi Rumah Sakit Terkait Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan melalui Webinar

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 28 Februari 2021 - 20:26 WIB

Webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis” melalui zoom.
Webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis” melalui zoom.

INDUSTRY.co.id, Jakarta, 24/2 – PT SUCOFINDO (Persero) mengadakan webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis”. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Komersial 2 PT SUCOFINDO (Persero), M. Haris Witjaksono, Kasubdit Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kementrian Republik Indonesia, Ir. Hanafi, MT, Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M. Kes, Ketua Umum Ikatan Elektromedis Indonesia, Winda Wirasa,ST,MT, peserta dari pimpinan Rumah Sakit milik pemerintah dan swasta, perwakilan dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia, serta perwakilan dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan ( BPFK ). Sebanyak kurang lebih 700 peserta dengan latar belakang sebagai Nakes antusias mengikuti Webinar yang dilakukan secara daring.

Webinar ini merupakan respon SUCOFINDO terhadap regulasi Permenkes No.54/2015 yang mengatur agar  alat kesehatan sesuai standar pelayanan, persyaratan mutu, keamanan, manfaat, keselamatan, dan laik pakai . Mengingat pada masa Pandemi terjadi peningkatan yang sangat signifikan terhadap kebutuhan Alat Medis yang perlu dijamin kualitasnya untuk menjamin proses pemeriksaan kesehatan.

Setiap alat Kesehatan yang digunakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan lainnya perlu dilakukan pengujian dan/atau kalibrasi secara berkala oleh Balai Pengujian Fasilitas Kesehatan atau Institusi Pengujian Fasilitas Kesehatan.  Pengujian Alat Kesehatan meliputi uji fungsi, uji keselamatan, dan uji kinerja. Ketentuan mengenai pengujian dan kalibrasi alat kesehatan telah diatur pemerintah melalui Peraturan Menteri Kesehatan nomor 54 tahun 2015.

PT SUCOFINDO (Persero) sebagai Perusahaan Jasa Pengujian, Inspeksi, dan Sertifikasi mempunyai  Laboratorium Alat Kesehatan yang mampu melakukan pengujian dan kalibrasi berbagai jenis peralatan medis.

”Laboratorium PT SUCOFINDO ( Persero ) merupakan Laboratorium yang sudah terakreditasi ISO 17025 serta sudah mendapat penunjukan dari KEMENKES RI melalui Keputusan Dirjen Pelayanan Kesehatan No. HK.02.02/I/344/2020 untuk pengujian dan kalibrasi alat kesehatan. Laboratorium PT SUCOFINDO (Persero) dapat  memberikan pelayanan kepada Fasilitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat dalam memantau kinerja dan akurasi peralatan kesehatan” kata M. M. Haris Witjaksono dalam sambutannya membuka kegiatan Webinar.

M. Haris Witjaksono menambahkan bahwa dalam menjalankan Izin Operasi Kemenkes RI, PT SUCOFINDO (Persero) didukung fasilitas lengkap dengan peralatan canggih, serta Sumber Daya Manusia yang Kompeten. “Laboratorium Sucofindo siap memberikan pelayanan pengujian dan kalibrasi alat kesehatan untuk memenuhi kebutuhan pengujian produsen, distributor alat – alat kesehatan di seluruh Indonesia” Ujar M. Haris Witjaksono.

Selain itu, PT SUCOFINDO (Persero) juga dilengkapi dengan Laboratorium Alat Kesehatan. Laboratorium ini telah didirikan secara resmi sebagai bentuk dukungan dalam merespon Undang – Undang No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, PP 72 tahun 1998 Tentang Pengamanan sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan, Permenkes 1190/VIII/2010 tentang ijin Edar alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT), Permenkes 54 tahun 2015 tentang Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan serta Undang Undang No 20 tahun 2014 tentang Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian.

Ir. Hanafi, MT dalam materinya menegaskan bahwa Alat kesehatan memerlukan kegiatan pemeliharaan berupa kalibrasi, perbaikan, pelatihan pengguna dan penghapusan/ decomisioning. “Kegiatan tersebut harus dilakukan secara teratur mengingat bahwa Alat Kesehatan merupakan salah satu komponen penting di Fasilitas Kesehatan terlebih di masa pandemi COVID-19. Kegiatan pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan telah diatur melalui surat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan terjadi peningkatan sekitar 30% Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang melakukan kegiatan tersebut ” Ujar Ir. Hanafi, MT.

dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M. Kes menjelaskan dalam materi yang dibawakan pada webinar bahwa Teknologi peralatan medis telah memberikan kontribusi signifikan dalam pelayanan kesehatan. “Dalam penggunaan peralatan medis dimungkinkan terjadi kesalahan dalam penggunaan dan pengelolaan sehingga berpotensi terjadi kecelakaan. Hal yang perlu dilakukan untuk memperkecil risiko tersebut adalah dengan menjaga Dimensi mutu RS Professional yang meliputi ; Efektif, Aman, Peduli Kemanusiaan, Cepat dalam penanganan, Terintegrasi dan Efisien” Kata dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M. Kes

Dalam Webinar yang dipimpin oleh Moderator Fitri Muhamady disimpulkan bahwa kualitas alat kesehatan yang baik akan menjaga dan meningkatkan kualitas penanganan di  fasilitas Kesehatan.

Pada akhir Webinar, Anwar Tahir, selaku Kepala SBU Laboratorium juga mengungkapkan rasa terimakasih atas kesediaan pemateri dan  seluruh peserta Webinar yang antusias mengikuti demi meningkatkan pengetahuan mengenai kualitas alat kesehatan yang sehari-hari digunakan. “Semoga edukasi yang diberikan pada hari ini bermanfaat bagi kita semua dan kualitas pelayanan kesehatan di seluruh Indoensia dapat terus meningkat” tutup Anwar

PT SUCOFINDO (Persero) menyediakan layanan pemeriksaan lainnya yaitu monitoring Lingkungan yaitu Pengujian Air bersih, Air Limbah, Air  Hemodialisa, Udara Lingkungan kerja. Selain itu Laboratorium juga bisa melakukan Pengujian Gizi pangan dan Keamanan Pangannya yang dapat dilakukan di lingkungan rumah sakit. Laboratorium PT Sucofindo (Persero) juga melakukan pengujian mikrobiologi yaitu uji sterilitas terhadap alat-alat penunjang yang digunakan seperti syringe, kantong darah, cairan infus, benang bedah maupun peralatan2 yang digunakan dalam pelaksanaan operasi (gunting, baju operasi, dll)

Selain memiliki jasa pengujian Alat Kesehatan,  PT SUCOFINDO (Persero) juga menyediakan jasa-jasa lainnya dalam upaya cegah covid. Layanan tersebut meliputi layanan Penyemprotan Disinfektan. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu Penyemprotan Disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower. Pengujian lainnya untuk pencegahan penyebaran COVID-19 yaitu pegujian Kualitas Udara dan jasa Disinfection Monitoring.

Sebagai dukungan terhadap pelaku usaha di Indonesia menghadapi masa pandemi ini, PT SUCOFINDO (Persero) juga memiliki jasa baru Sertifikasi ARISE, yaitu pedoman para pelaku usaha menjalankan bisnisnya yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah, terutama terkait dengan protokol kesehatan dan tata aturan New Normal. Jasa - jasa ini memonitor bagaimana perusahaan menerapkan protokol kesehatan serta melakukan cek atas keefektifan proses disinfektasi di lingkungan usaha, terutama di bagian yang sering terpapar publik.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…