Jalan Tol Cinere-Serpong Seksi 1 Akan Beroperasi Awal Triwulan II-2021

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 27 Februari 2021 - 10:20 WIB

Seksi 1 Jalan Tol Cinere-Serpong
Seksi 1 Jalan Tol Cinere-Serpong

INDUSTRY.co.id - Serpong - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui kelompok usahanya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) selaku pengelola Jalan Tol Serpong-Cinere, terus menyelesaikan pembangunan fisik atau konstruksi jalan tol tersebut secara keseluruhan.  PT CSJ optimis Jalan Tol Serpong-Cinere siap dioperasikan dalam waktu dekat.
 
Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari menjelaskan, hingga 23 Februari 2021, secara keseluruhan progress konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere telah mencapai 93,932%, sedangkan pembebasan lahannya  telah mencapai 98,72%.
 
“Untuk masing-masing seksi sendiri yaitu, untuk Seksi 1 Serpong-Pamulang pembebasan lahannya telah mencapai 99,21% dan progress konstruksinya telah rampung 100%, sisa pembebasan lahan saat ini kami kejar untuk pekerjaan jalan samping atau frontage road. Sementara itu, Seksi 2 Pamulang-Cinere pembebasan lahannya telah mencapai 97,35% dan progress konstruksi mencapai 78,904%," jelas Ayu dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (27/2/2021).
 
Ayu pun optimis, Seksi 1 Serpong-Pamulang dapat beroperasi lebih awal, yang ditargetkan pada awal Triwulan (TW) II Tahun 2021. Tentu saja dalam dalam memasuki tahap pengoperasian, PT CSJ juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) untuk selanjutnya dapat menjalani tahap uji laik dan fungsi Jalan Tol Serpong-Cinere.
 
“Bila lulus uji laik dan fungsi, jalan tol ini baru akan beroperasi. Seksi 1 Serpong-Pamulang akan terhubung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu. Kami juga terus mengebut penyelesaian pekerjaan untuk Seksi 2 Pamulang-Cinere,” tambah Ayu.
 
Jalan Tol Serpong-Cinere masuk ke dalam jaringan Jalan Tol JORR II yang memiliki panjang keseluruhan 10,14 Km. Jalan tol ini terbagi menjadi dua Seksi, yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 Km dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 Km.
 
Jalan tol ini akan memiliki total 4 Gerbang Tol (GT), yakni GT Pamulang, GT Serpong 5, GT Serpong 6, dan GT Serpong 7. Selain itu, jalan tol ini dilengkapi dengan 1 Junction, yakni Serpong Junction yang merupakan pertemuan antara Jalan Tol JORR II dengan Jalan Tol Serpong-Pondok Aren dan 1 Simpang Susun di wilayah Pamulang.
 
Dengan hadirnya Jalan Tol Serpong-Cinere diharapkan dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan yang menuju Bandara Soekarno-Hatta serta dari arah Tangerang Selatan menuju Jakarta (via ruas Tol Serpong-Kunciran).
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…

Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/5). (BPBD Kabupaten Flores Timur))

Minggu, 18 April 2021 - 21:25 WIB

Luar Biasa! Bantuan Logistik di Daerah Terisolir NTT Terus Mengalir

Jakarta - Distribusi bantuan ke daerah terisolir mulai dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4/2021). Pemerintah melibatkan helikopter untuk mencapai…