PLN Bangun Jaringan Listrik Dengan Daya 850 kVA Pastikan Pasokan Listrik Food Estate Sumut Terpenuhi

Oleh : Hariyanto | Kamis, 25 Februari 2021 - 14:04 WIB

Pembangunan Jaringan Listrik PLN
Pembangunan Jaringan Listrik PLN

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT. PLN (Persero) memastikan pasokan listrik bagi Lumbung Pangan (Food Estate) di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terpenuhi. Komitmen ini tercermin melalui pembangunan jaringan listrik dengan daya sebesar 850 kilo Volt Ampere (kVA) guna memasok listrik pada lahan seluas 1.000 Hektar are (Ha) tersebut.

Seperti diketahui Sumut merupakan salah satu pilot project Food Estate Nasional yang direncanakan rampung pada tahun 2021. Nantinya, pembangunan food estate ini akan diadopsi provinsi lain untuk mewujudkan program kemandirian pangan nasional.

“Sesuai arahan pemerintah untuk mendukung pembangunan food estate, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 42,2 Kilometer Sirkuit (KMS) serta  Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 11,1 KMS untuk menyuplai pasokan daya listrik  sebesar 850 kVA,” jelas General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut) M Irwansyah Putra dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (25/2/2021).

Irwansyah menambahkan, guna menambah keandalan pasokan, PLN juga membangun Gardu Hubung di Desa Pollung, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Menurutnya, pasokan daya sebesar 850 kVa merupakan tahap awal yang menyesuaikan dengan potensi kebutuhan saat ini. “Nantinya, dengan perkembangan jumlah pelanggan dan perluasan lokasi Food Estate, PLN akan terus menambah pasokan listrik, karena saat ini sistem Sumatera Utara dalam kondisi surplus,” paparnya. 

Saat ini, Sistem Kelistrikan Sumatera Bagian Utara memiliki Daya Mampu sebesar 2.820 Mega Watt (MW), sementara realisasi beban puncak sebesar 2.360 MW, sehingga memiliki cadangan daya sebesar 319 MW.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang ketenagalistrikan, PLN berkomitmen memenuhi kebutuhan listrik di seluruh tanah air guna menggerakan roda perekonomian bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Senin, 19 April 2021 - 04:00 WIB

Pangdam Cenderawasih Pastikan Penentuan Calon Tamtama PK TNI AD Gel I TA Berjalan Lancar

Putra-putra terbaik Papua Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2021 mengikuti Sidang Pantukhir Tingkat Pusat yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/5). (BPBD Kabupaten Flores Timur))

Minggu, 18 April 2021 - 21:25 WIB

Luar Biasa! Bantuan Logistik di Daerah Terisolir NTT Terus Mengalir

Jakarta - Distribusi bantuan ke daerah terisolir mulai dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4/2021). Pemerintah melibatkan helikopter untuk mencapai…

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus memacu realisasi penyaluran kredit dengan menggelar akad massal. Terlampir siaran pers dan semoga bermanfaat. Terima kasih

Minggu, 18 April 2021 - 21:20 WIB

Gokil...Pacu Realisasi Kredit, 1 Cabang Bank BUMN Ini Gelar Akad Massal Untuk 600 Rumah

Jakarta-Realisasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional terus didorong oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.