Kabar Gembira Buat Pesepeda, DAMRI Hadirkan Bus Sehat Untuk Penumpang Membawa Sepeda

Oleh : Hariyanto | Kamis, 25 Februari 2021 - 13:14 WIB

Armada DAMRI
Armada DAMRI

INDUSTRY.co.id - Jakarta - DAMRI selaku operator transportasi darat aktif mendukung penggunaan angkutan umum. Salah satunya ialah dengan turut menyediakan layanan bus sehat untuk pelanggan yang membawa sepeda.

Informasi yang diperoleh INDUSTRY.co.id, Kamis (25/2/2021) menyebutkan, layanan tersebut merupakan bagian dari inovasi DAMRI dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk memperkuat jaringan transportasi darat di seluruh Nusantara

Layanan ini sejalan dengan Program Langit Biru yang merupakan program Pemerintah Indonesia dengan tujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara dan mewujudkan perilaku sadar lingkungan baik, dari sumber tidak bergerak (industri) maupun sumber bergerak, yaitu kendaraan bermotor.

Bus sehat yang disediakan DAMRI memberikan pelayanan terbaik yang tidak hanya aman, namun juga nyaman. Untuk area Kota Bandung, DAMRI menyediakan ruang khusus di kabin bus yang diperuntukkan bagi pelanggan yang hendak menuju kantor menggunakan sepeda maupun berolahraga dengan rute layanan sebagai berikut:

• Leuwi Panjang - Ledeng PP dengan tarif sebesar Rp. 5.000
• Cicaheum - Cibeureum PP dengan tarif sebesar Rp. 4.000
• Jatinangor - Elang PP dengan tarif sebesar Rp. 4.000
• Leuwi Panjang - Cicaheum PP dengan tarif sebesar Rp. 5.000
• Kebon Kalapa - Cibiru PP dengan tarif sebesar Rp. 6.000
• Leuwi Panjang - Dipatiukur PP dengan tarif sebesar Rp. 5.000
• Jatinangor - Elang via Tol Moh.Toha PP dengan tarif sebesar Rp. 10.000
• Alun-alun Kota Bandung - Ciburuy PP dengan tarif sebesar Rp. 10.000
• Kebon Kelapa - Tanjung Sari PP dengan tarif sebesar Rp. 10.000
• Kota Bandung Parahyangan - Alun-alun kota Bandung PP dengan tarif sebesar Rp. 10.000
• Jatinangor - Dipatiukur, via Tol Moh. Toha PP dengan tarif sebesar Rp. 10.000

Layanan tersebut bisa dinikmati mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. 

Sedangkan untuk jenis layanan Jabodetabek Residence Connexion (JRC), DAMRI menyediakan bagasi khusus untuk pelanggan di daerah Jabodetabek dengan rute layanan sebagai berikut:

• Botani, Bogor – Senayan dengan waktu keberangkatan dari Botani pukul 05.30 WIB, sedangkan dari Senayan pukul 17.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp. 50.000

• Kemang Pratama – Stasiun Gambir dengan waktu keberangkatan dari Kemang Pratama jam 05.30 WIB, sedangkan dari Stasiun Gambir pukul 17.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp. 15.000

• Grand Wisata, Bekasi – Epicentrum Walk Kuningan dengan waktu keberangkatan dari Grand Wisata jam 05.30 WIB, sedangkan dari Epicentrum jam 17.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp. 25.000.

Seiring dengan konsistensi DAMRI menciptakan Bus Sehat, DAMRI memastikan seluruh armada yang beroperasi selalu mengutamakan aspek 5K, yaitu Ketepatan, Keselamatan, Keamanan, Kenyamanan, dan Kesehatan Penumpang dan Pramudi.

Hal tersebut dibuktikan DAMRI dengan perolehan sertifikat ISO 45001:2018 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang telah disertifikasi oleh Badan Sertifikasi TUV Rheinland Indonesia.

Seluruh operasional DAMRI dijalankan sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 17 Tahun 2021 tanggal 9 Februari 2021 tentang Perpanjangan Perlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi COVID-19. Beberapa ketentuan tersebut di antaranya adalah:

• Memperhatikan secara ketat pelanggan dan petugas DAMRI untuk selalu menerapkan 3 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumuman, serta mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer;

• Pelanggan wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif RT-PCR atau negatif Rapid Test Antigen yang diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan;

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…