Digelar Perdana, Pegadaian dan ISEI Jakarta Siap Cetak Wirausaha Muda Lewat Program HoKi

Oleh : Hariyanto | Senin, 22 Februari 2021 - 07:41 WIB

Hibah Kompetisi Kewirausahaan
Hibah Kompetisi Kewirausahaan

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pegadaian (Persero) konsisten mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), salah satunya lewat program HoKi – Hibah Kompetisi Kewirausahaan yang diinisiasi oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jakarta.

Progam HoKi merupakan ajang pencarian dan penyemaian bakat kewirausahaan yang diperuntukkan bagi mahasiswa S1 perguruan tinggi dan diresmikan melalui pelaksanaan webinar sosialisasi program HoKi yang digelar secara virtual, Jumat (19/02/21)

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) sangat menyambut baik program HoKi ini, agar bisa  melahirkan entrepreneur muda yang kompeten dan memiliki daya saing. Pertumbuhan wirausahan bisa membantu meningkatkan kembali geliat perekonomian nasional yang bergejolak akibat pandemi Covid-19.

“Rasio tingkat kewirausahaan di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara Asean lainnya. Oleh karena itu, saya mengajak teman-teman mahasiswa agar tidak takut untuk memulai usaha. Ada banyak sekali institusi formal yang siap membantu mengembangkan usaha, salah satunya PT Pegadaian (Persero)”, tandas Kuswiyoto

Sementara itu ketua panitia HoKi, Winang Budoyo menjelaskan, program HoKi yang digelar perdana ini akan dijadikan sebagai pilot project. Dan acara ini  diperuntukkan bagi Mahasiswa yang berasal dari tiga perguruan tinggi yaitu Institut Perbanas, Kalbis Institute, dan Universitas Kristen Krida Wacana.

“Saya berharap para mahasiswa yang mengikuti program HoKi ini bisa membuat mereka fokus untuk menjadi entrepreneur yang Tangguh. Selain itu, kompetisi kewirausahaan semacam ini juga bisa meningkatkan daya saing dan keberanian anak-anak muda generasi Z untuk menciptakan bisnis yang inovatif dan bisa membuka lapangan kerja baru”, jelas Winang.

Pada kegiatan sosialisasi, turut mengundang  Pamitra Eka selaku President & Co-Founder of Tanihub Group. Dalam kesempatannya, Pamitra Eka berbagi pengalamannya dalam merintis dan mengembangkan usaha Tani-Hub yang saat ini telah bermitra dengan 30 perusahaan ritel dengan sekitar 20 ribu petani yang tergabung.

“Rata-rata anak muda masih menjadikan entrepreneur sebagai opsi dalam berkarir. Padahal jika mampu untuk fokus, entrepreneur merupakan profesi yang menjanjikan. Dengan menjadi entrepreneur kita turut terlibat dalam mengembangkan ekonomi nasional terutama melalui penciptaan lapangan kerja”, jelas Pamitra.

Kementerian BUMN turut mendukung program HoKi - Hibah Kompetisi Kewirausahaan yang melibatkan Generasi-Z di perguruan tinggi. Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting sekaligus Ketua Bidang UMKM, Koperasi dan Nelayan ISEI Jaya, menyampaikan apresiasi dan dukungan penuhnya untuk kesuksesan pelaksanaan program HoKi.

“Kami menyambut baik atas diinisiasinya program pilot project ini. Semoga kedepannya program HoKi bisa dilaksanakan dengan jangkauan yang jauh lebih luas dan menjadi agenda yang berkelanjutan”, ungkapnya dalam sambutan.

HoKi diselenggarakan dengan skema prototype dan uji pasar. Melalui skema ini, mahasiswa dituntut untuk mampu menciptakan rencana ide bisnis yang inovatif dan komprehensif dengan didukung purwarupa produk yang siap diuji pasar. Setelah proses launching dan sosialisasi,  program HoKi akan dilanjutkan dengan proses seleksi proposal dari kelompok mahasiswa di tiga perguruan tinggi peserta pilot project.

Peserta terdiri dari 3 hingga 5 anggota tim dimana yang terpilih sebagai 6 pemenang terbaik akan mendapatkan bantuan pembinaan sebesar Rp 25.000.000 dan menjalani program pembinaan selama tiga bulan.

Selain itu, pemenang terbaik juga berkesempatan mendapatkan pelatihan kewirausahaan, pendampingan kewirausahaan, program kemitraan, dan program pembiayaan. Peserta HoKi diwajibkan menyusun laporan kemajuan setiap bulannya kepada panitia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Di usia ke 60 Tahun, Gubernur Anies Berharap Bank DKI Terus Berinovasi

Senin, 12 April 2021 - 13:41 WIB

Bank DKI Berusia 60 tahun, Gubernur Anies: Saya sangat mengapresiasi kinerja Bank DKI, Berharap Terus Berinovasi dengan Memunculkan Kebaruan

Jakarta – Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang genap berusia 60 tahun diharapkan dapat terus berinovasi sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada…

Tumbler Minuman Edisi Khusus Dengan Tema Wayang

Senin, 12 April 2021 - 13:30 WIB

Tumbler Minuman Edisi Khusus Dengan Tema Wayang Berkolaborasi dengan Ayang Cempaka

Thermos, produsen global dan pelopor produk wadah insulasi vakum inovatif dan berteknologi tinggi, kembali memperkenalkan botol minuman terbarunya dengan tema tokoh Legenda Wayang Indonesia…

Direktur Utama Bank BRI, Sunarso

Senin, 12 April 2021 - 12:55 WIB

Raih 7 Penghargaan dalam Sepekan, Sunarso Dipuji Habis Menteri BUMN RI Pertama: Pencapaian Luar Biasa, CEO Bank BRI Tidak Diragukan Lagi...

Direktur Utama BRI Sunarso diganjar dua penghargaan sekaligus sebagai The Best CEO dan juga sebagai CEO Strategic Orientation Terbaik. Penghargaan diberikan kepada BRI berdasarkan hasil penilaian…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dan Manfaat Pameran Hannover Messe 2021

Senin, 12 April 2021 - 12:21 WIB

Goks! Menperin Agus Bocorkan Sederet Manfaat Indonesia Jadi Official Partner Country di Hannover Messe 2021

Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menungkapkan sederet manfaat bagi industri dan perekonomian nasional dari partispasi Indonesia dalam official partner country Hannover…

Centara Resort

Senin, 12 April 2021 - 12:00 WIB

Berlibur ke Vietnam, Bisa Kunjungi Centara Mirage Resort Mui Ne

Centara Hotels & Resorts, operator hotel terkemuka di Thailand, memperluas merek resor bertema keluarga yang populer dengan Centara Mirage kedua di dunia, terletak di pantai Vietnam selatan…