Jadi Kawasan Industri Terlengkap dan Terbesar, Jababeka Sandang Gelar Best Industrial Developer (ASIA) 2020

Oleh : Gebby Maurizka Lembah | Kamis, 18 Februari 2021 - 15:13 WIB

Gebby Maurizka Lembah
Gebby Maurizka Lembah

INDUSTRY.co.id - Sejak didirikan pada tahun 1989, Kawasan Industri Jababeka telah diakui sebagai kawasan industri terbesar di Indonesia. Kawasan industri ini terbilang sangat sukses dalam hal menarik perusahaan-perusahaan multinasional (MNCs), perusahaan lokal terkemuka dan perusahaan kecil & menengah. Selain unggul karena keberhasilannya, kawasan industry ini juga memiliki fasilitas terlengkap.

PT Jababeka Tbk sukses menjadi salah satu developer terkemuka yang memberikan kontribusi bagi bangsa. Dengan keahliannya dalam mengembangkan sejumlah kawasan strategis vital di Indonesia seperti Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, KEK Kendal, dan KEK Morotai, dipercaya dapat menciptakan jutaan lapangan pekerjaan, sehingga terjadi pemerataan ekonomi di Indonesia dan kehidupan yang lebih baik untuk masyarakatnya.

Diketahui, Kawasan Industri Jababeka berhasil berkembang lebih dari 2.000 hektar, dan berpenghuni lebih dari 1,650 perusahaan lokal dan mancanegara dari Amerika, Jepang, Perancis, Inggris, Belanda, Australia, Korea, Singapura, Taiwan, dan Malaysia.


PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA).

Untuk Kawasan Industri Jababeka, fasilitas infrastruktur yang tersedia sudah sangat lengkap bahkan memiliki fasilitas berkelas dunia. Sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 142 Tahun 2015 pasal 42 ayat (1) Perusahaan Kawasan Industri diberikan fasilitas kemudahan pembangunan dan pengelolaan tenaga listrik untuk kebutuhan sendiri dan industri di dalam Kawasan Industri.

Terdapat pembangkit listrik mandiri yang sanggup menyuplai 130 MW, Waste Water Treatment Plant & Water Treatment Plant yang mampu mengolah limbah dan memberikan air bersih hingga 72.600 m3 per hari, Cikarang Dry Port sebagai pusat solusi logistik, jaringan fiber optic berkecepatan tinggi, sistem keamanan 24 jam, hingga Heli Commuter, 4 akses pintu tol, Kampus President University dan Vocational High School, lapangan golf internasional hingga kawasan Silicone Valley dan smart manufacture yang siap menyambut era industri 4.0 , IOT, dan AI.

Jababeka Group meyakini bahwa penyediaan fasilitas-infrastruktur yang baik dapat menopang dan memberi kemudahan terhadap perkembangan bisnis industry. Nantinya, para tenant atau investor akan merasa nyaman berinvestasi di kawasan industri yang dimiliki Jababeka.

Terbukti, selama lebih 31 tahun lamanya Kawasan Industri Jababeka berhasil menjadi salah satu pusat perekonomian Indonesia karena menjadi destinasi utama unggulan para investor, berhasil memiliki lebih dari 2000 nasional dan multinasional ternama dari 30 negara (dengan lebih dari 730.000 pekerja serta 10.000 ekspatriat) yang saat ini berada di kawasan Jababeka Industrial Estate Cikarang, seperti Mattel, Unilever, Samsung, L’Oreal, Nissin, KAO, United Tractor, Komatsu, Lotte, Aku Food, Sari Roti, dan lainnya.

PT Jababeka Tbk. terus berusaha membantu seluruh tenant dalam bidang riset dan pengembangan, agar inovasi dan riset bisa terus mencapai permintaan pasar. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua tenant selalu bisa membuat keuntungan.

Seiring berjalannya waktu, Jababeka telah menjadi pionir pengembang kawasan industri dan kota mandiri terbesar dan terlengkap di Indonesia. Pencapaian Jababeka yang berhasil menghadirkan suatu kawasan hunian, komersial, dan bisnis dengan dukungan fasilitas dan infrastruktur yang lengkap, telah berhasil menjadikan Jababeka menjadi salah satu pengembang yang patut untuk diperhitungkan bagi masyarakat dan investor.

Atas kelayakan dan pencapaian tersebut, Jababeka terpilih menjadi sebagai salah satu developer yang mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi Asia Property Award 2020 yang digelar oleh PropertyGuru pada Desember 2020. Hal itu karena Kawasan Industri Jababeka mampu menyediakan semua kebutuhan yang diperlukan para investor melalui fasilitas- infrastruktur yang lengkap sekaligus bertaraf internasional.

Penghargaan  PropertyGuru Asia Property Award 2020 yang melibatkan 87 perusahaan dari 14 negara di Asia adalah ajang penghargaan real estate terbesar dan paling bergengsi di Asia. Penganugerahaan ini ditujukan kepada sejumlah pengembang real estate berprestasi yang telah memberikan dampak positif terhadap perkembangan dunia properti di Tanah Air.

Dalam ajang penghargaan PropertyGuru Asia Property Award 2020 yang menjadi benchmark unggulan di dunia properti Asia tersebut, PT Jababeka Tbk. berhasil menjadi pemenang untuk kategori Best Industrial Developer di tingkat Asia. Award tersebut diselenggarakan oleh PropertyGuru secara daring, di Bangkok-Thailand, Jumat (4/12/2020) lalu. Penetapan pemenang berdasarkan hasil survey dan riset serta penilaian langsung oleh pakar industry terpercaya.


Best Industrial Developer (ASIA) 2020

Tentu saja bukan menjadi suatu kebetulan untuk Jababeka yang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai “Best Industrial Developer (ASIA). Hal ini merupakan suatu hasil dari seluruh kerja keras, inovasi tiada hentinya, serta ide-ide kreatif dalam membangun dan mengembangkan kawasan industri di Indonesia.

Walaupun telah sukses berhasil meraih penghargaan tersebut, namun tak akan membuat Jababeka berpuas diri. Harapan kedepannya, menerima penghargaan tersebut akan menjadi stimulus pemacu Jababeka Group untuk semakin berinovasi di masa yang akan datang.

Penulis: Gebby Maurizka Lembah, Student of MM Tech President University 2021
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Webinar Awareness Industry 4.0 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi (APPARINDO)

Kamis, 04 Maret 2021 - 01:07 WIB

Wujudkan Industri 4.0 di Berbagai Sektor Usaha, Sucofindo Layani Konsultansi X Industry 4.0 & Assessement Readiness Index (Indi 4.0)

Jakarta (02/03) – PT SUCOFINDO (Persero) melayani jasa baru terkait Industry 4.0 yaitu Konsultasi X 4.0 (Industry 4.0) dan asesmen Indonesia Industri 4.0 Readiness Index (INDI 4.0).

Samarinda Industrial Estate

Rabu, 03 Maret 2021 - 21:50 WIB

Siap-siap! Proyek Pergudangan Samarinda Industrial Estate Senilai Rp730 M Terus Dikebut, Dirut: Ini Solusi Buat Pelaku Industri di Kaltim

Para pelaku industri dan usaha yang berada di Kota Samarinda, Kalimantan Timur tidak lama lagi akan bernafas lega. Pasalnya, PT Purnabakti Pakarindo Lestari yang merupakan perusahaan pengembang…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan

Rabu, 03 Maret 2021 - 21:15 WIB

Ucapkan Dirgahayu Satpol PP! Anies Tuai Pujian Netizen: Terpesona Aku Terpesona...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuai banyak pujian usai mengunggah video ucapan selamat ulang tahun kepada Satpol PP Provinsi DKI Jakarta. "Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan…

Proses Pemeriksaan dan Pengujian Halal di Laboratorium PT SUCOFINDO (Persero)

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:52 WIB

Optimalkan Layanan Pemeriksa Halal, Sucofindo Rilis Aplikasi Registrasi Online Sertifikasi Halal

Jakarta – Sebagai komitmen dalam mengoptimalkan pelayanan kepada pelaku usaha terkait dengan pemastian produk halal, PT SUCOFINDO (Persero) merilis aplikasi Lembaga Pengujian Halal (LPH) untuk…

Akun media sosial YADIN

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:05 WIB

Sambut Era Digital, Yadin Resmi Luncurkan Akun Media Sosial di Tiga Platform

PT. Yanmar Diesel Indonesia, anak perusahaan Yanmar Holdings Co., Ltd. meluncurkan akun media sosial resminya di 3 platform berbeda yaitu Facebook, Instagram, dan YouTube.