Pelaku Rasisme Tidak Punya Tempat di Republik Indonesia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 02 Februari 2021 - 14:20 WIB

Anggota MPR RI Junaidi Auly
Anggota MPR RI Junaidi Auly

INDUSTRY.co.id - Lampung - Dugaan kasus ujaran kebencian berdasarkan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA) yang sedang ramai diperbincangkan mendapatkan kecaman dari berbagai pihak.

Anggota MPR RI Junaidi Auly mengatakan bahwa pelaku rasisme tidak akan mendapatkan tempat di negeri ini. Menurutnya, tindakan tersebut sangat bertentangan pada kebhinekaan kita sebagai negara yang besar dan majemuk dari berbagai etnis, suku, dan agama.

"Kerukunan antar kita sesama anak bangsa harus dijunjung tinggi, mereka orang-orang rasis tidak akan mendapatkan tempat di negeri ini," ujar Junaidi dalam agenda Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara di Desa Pengaringan, Abung Barat, Lampung Utara. Selasa (2/2/2021)

Junaidi melanjutkan bahwa di negara lain kasus penghinaan rasisme merupakan pelanggaran yang serius dan sangat dikecam. Ia mengatakan hukum harus ditegakkan seadil-adilnya karena semua orang sama di mata hukum.

Aleg Fraksi PKS ini menuturkan bahwa tindakan ujaran kebencian, fitnah, dan rasisme berpotensi merusak persatuan dan kesatuan bangsa, tidak ada toleransi bagi para pelaku. Oleh karenanya ia mengimbau kepada masyarakat agar menerapkan secara sungguh-sungguh konsep bhinneka tunggal ika sebagai landasan bernegara demi kesatuan dan persatuan bangsa.

"Kita harus saling menghargai tanpa melihat perbedaan diantara anak bangsa, itulah konsep kebhinnekaan yang harus kita terapkan secara sungguh-sungguh," pungkas Junaidi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan sosial bagi masyarakat penerima manfaat dan pedagang di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Selasa, 17 Mei 2022. Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Rabu, 18 Mei 2022 - 04:19 WIB

Presiden Jokowi Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Minyak Goreng di Pasar Bogor

Presiden Joko Widodo blusukan ke Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, dan Pasar Gunung Batu, Kota Bogor, pada Selasa, 17 Mei 2022. Presiden membagikan sejumlah bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat…

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.