Lima Kue Yang Harus Ada Ketika Perayaan Imlek

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 30 Januari 2021 - 13:00 WIB

Kue Bulan (Foto Ist)
Kue Bulan (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Banyak hal dalam tahun baru Cina, atau hari Imlek yang identik dengan hal-hal seperti kemakmuran, panjang umur, dan juga keberuntungan. Keberuntungan sendiri dalam bahasa Tionghoa sendiri merupakan kata 福, atau dibaca “fu.”

Di Indonesia sendiri, Hari Imlek sangat dihiasi dengan hiasan-hiasan yang sering diasosiasikan dengan kata “fu” sendiri. Mulai dari amplop merah, atau dikenal angpao, dan juga kuliner yang melambangkan keberuntungan.

Apa saja sih, kue-kue yang identik dengan keberuntungan? Ayo kita lihat sama-sama!

1. Kue Ku

Kue Ku merupakan kue dengan warna merah terang, yang merupakan lambang kemakmuran. Kue ku berbentuk lonjong dan terbuat dari tepung beras yang memiliki isi kacang hijau halus. Biasanya di atas kue ku ini ada cetakan dengan gambar-gambar yang juga identik dengan keberuntungan di tahun yang baru.

Kue ku ini terasa manis dan memang dimakan ketika Imlek karena melambangkan keberuntungan dan umur panjang, dengan harapan bahwa siapapun yang menyantapnya akan terus menjadi sehat sepanjang tahun.

2. Kue bulan

Pasti yang satu ini sering kamu lihat di iklan-iklan menjelang perayaan Imlek! Kue bulan, atau moon cake memang merupakan satu kue yang biasanya ada dan disantap ketika merayakan Festival Musim Gugur. Tapi tidak jarang juga kue bulan ini muncul ketika perayaan Imlek.

Kue tradisional yang legendanya sudah ada sejak dinasti Ming ini biasanya berbentuk bulat, karena dipercaya bahwa bentuk bulat ini melambangkan kebulatan dan keutuhan. Jadi siapapun yang memakannya akan mengalami keutuhan, dalam segi rezeki, kemakmuran, kesehatan, dan juga keberuntungan!

3. Kue WajikDari sekian banyak kue-kue yang telah disebutkan di atas, kue berikut ini juga dipercaya membawa keberuntungan. Kue wajik, yang terbuat dari beras ketan dan kemudian dicampur dengan gula merah ini pastinya lezat dan manis!

Dengan bentuknya yang menyerupai jajaran genjang, kue dengan bentuk mirip gunung ini dipercaya melambangkan cita-cita. Sehingga ketika disantap, harapannya adalah di tahun yang baru ini, semua cita-cita si pemakan akan tercapai.

Selain itu, bentuknya yang memang agak tinggi juga melambangkan harapan kepada keluarga. Kemudian, dengan teksturnya yang lengket, dipercayai bahwa kedekatan satu sama lain dalam keluarga bisa menjadi suatu hal yang manis di tahun yang baru.

4. Kue Ong Lei

Selain itu, juga ada kue Ong Lei. Kue Ong Lei ini memang merupakan kue kering yang mirip dengan nastar yang pasti sudah pernah kamu coba. Dengan isian nanas, buah yang dipercaya membawa keberuntungan, pastinya yang memakan kue ini ketika perayaan Imlek akan diikuti oleh keberuntungan sepanjang tahun!

Perbedaan utama kue Ong Lei dengan kue-kue yang telah disebutkan di atas adalah bahwa kue ini memiliki tekstur kering. Bahkan, ada beberapa budaya yang membuat kue Ong Lei ini dengan bentuk pastry kecil, tentu saja dengan isian nanas yang merupakan identitas kue ini.

5. Sunrise Pie

Selain keempat kue di atas, kamu juga harus mencoba kreasi Ann’s Bakehouse & Creamery! Dengan datangnya Imlek di tahun 2021 ini, Sunrise Pie melakukan comeback! Mirip dengan kue-kue di atas, Sunrise Pie melambangkan terbitnya matahari yang kami percaya akan membuat harimu cerah!

Jangan lupa ya, teman kesayangAnns, ketika Anda  memesan kue ini dari sekarang hingga tanggal 28 Februari 2021, kamu akan mendapatkan gratis satu pack Angpao! Pastinya kombinasi dari Sunrise Pie dan Lapis Legit ini akan membuat perayaan Imlekmu semakin meriah!

Belum selesai, nih, teman kesayangAnns! Ketika Anda  memesan Sunrise Pie atau Lapis Legit, Anda akan mendapatkan promo Free Delivery DKI Jakarta. Pastikan ketika kamu memesan, gunakan kode promo: CNY2021 ya!

Ayo! Segera pesan kue Sunrise Pie atau Lapis Legit melalui WhatsApp kami di +62-811-1915-544. Atau, kamu juga bisa datang langsung ke toko kami di Jl. Sungai Sambas 3 No.12, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12130.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi mahasiswa Institut Teknologi Indonesi (foto ANTARA)

Senin, 12 April 2021 - 14:25 WIB

Komisi VII Dorong ITI Bermitra dengan Industri Nasional

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mendorong Institut Teknologi Indonesia (ITI) untuk bermitra dengan dunia industri nasional. Menurutnya, ITI telah memnuhi syarat sumber daya manusia…

BSD City TOD

Senin, 12 April 2021 - 14:20 WIB

BSD City Segera Dilengkapi Fasilitas Proyek Transit Oriented Development

Lebih dari sekedar TOD, proyek tersebut akan menjadi pengembangan pertama di Jabodetabek yang akan terintegrasi dengan beberapa moda transportasi sekaligus. Proyek ini merupakan proyek pertama…

sumber : pinterest.com

Senin, 12 April 2021 - 14:01 WIB

Catat ya Kaum Hawa, Ada 5 Merk Sheet Mask yang Bikin Wajahmu Cerah dan Kenyal, Cocok untuk Semua Jenis Kulit!

Jakarta-Beberapa tahun kebelakang memiliki wajah glowing bak artis Korea memang menjadi impian banyak perempuan. Tapi mungkin, saat ini menjadi glowing bukan lagi impian para kaum hawa.

Pencuri Ikan Ilegal

Senin, 12 April 2021 - 13:58 WIB

Ya Ampun, 43 Nelayan RI Ditangkap Otoritas Thailand! DPR Desak Pemerintah Bantu Pembebasan

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin meminta pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan…

Di usia ke 60 Tahun, Gubernur Anies Berharap Bank DKI Terus Berinovasi

Senin, 12 April 2021 - 13:41 WIB

Bank DKI Berusia 60 tahun, Gubernur Anies: Saya Sangat Mengapresiasi Kinerja Bank DKI, Selamat!

Jakarta – Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang genap berusia 60 tahun diharapkan dapat terus berinovasi sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada…