PLTS Atap Dinilai Menjadi Solusi Kurangi Tagihan Listrik Saat Pandemi

Oleh : Hariyanto | Selasa, 26 Januari 2021 - 20:47 WIB

Ilustrasi PLTS Atap
Ilustrasi PLTS Atap

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Banyaknya kegiatan yang dilakukan di rumah selama masa pandemi turut meningkatkan konsumsi listrik yang mengakibatkan tagihan listrik bulanan semakin tinggi.

Untuk itu, penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap sebagai sumber energi listrik dirumah dinilai menjadi salah satu solusi yang ampuh untuk mengurangi beban tagihan listrik.

“PLTS atap adalah solusi dalam penghematan tagihan listrik PLN. Dengan memasang PLTS atap, kita dapat menggunakan energi listrik yang bersumber dari pancaran sinar matahari. Dengan rata-rata 3,8 jam efektif matahari, kita dapat melakukan penghematan tagihan listrik sebesar 20%-35% tagihan listrik bulanan PLN,” kata Jurike Tapiomas, Head of Sales SUNterra dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (26/1/2021).

SUNterra, sebagai lini usaha dari SUN Energy yang berfokus mengembangkan pasar residensial, mengandalkan konsep teknologi pintar dalam pemasangan PLTS atap melalui sistem pantau penggunaan energi. Konsumen dapat mengetahui jumlah energi yang dihasilkan oleh PLTS atap yang dipasang di rumah yang diakses melalui gawainya dimana pun mereka berada.

Dengan memproduksi energi listrik dari pancaran sinar matahari, konsumen diuntungkan dengan penggunaan PLTS atap pada siang hari sehingga bisa menutupi biaya listrik yang biasanya dikeluarkan pada dari pagi hingga sore hari.

Terutama jika pancaran sinar matahari terhitung kuat, secara otomatis energi yang dihasilkan oleh PLTS atap bisa memenuhi kebutuhan listrik rumah lebih besar. Inilah salah satu keistimewaan PLTS atap dalam penghematan tagihan bulanan.

Jurike menambahkan bahwa SUNterra sangat mendukung kebijakan pemerintah agar terjadi bauran energi nasional sebesar 23% bersumber dari energi baru terbarukan pada tahun 2025.

Ketergantungan terhadap energi fosil harus segera dikurangi, salah satunya adalah dengan penggunaan PLTS atap yang pemasangannya tidak sulit, tidak memerlukan banyak biaya tetapi tetap bisa menghasilkan daya listrik yang dibutuhkan oleh setiap penggunanya.

Di samping perawatan yang sangat mudah dan tidak perlu rutin dilakuan, masa pemakaian PLTS atap juga sangat lama. Umur PLTS atap bisa mencapai 25 tahun. Selain itu tampilan rumah dengan panel surya bisa membuat rumah terlihat lebih gaya. Dan selama itu pula apabila ada kendala teknis dan konsumen ragu untuk memperbaikinya, SUNterra siap datang ke rumah untuk memperbaiki kendala tersebut.

“Kini saatnya masyarakat beralih menggunakan energi bersih dengan memasang PLTS atap yang sumber energinya bersih dan tersedia sepanjang hari. Ini tentu akan menjadi tren rumah masa depan. Memantau energi dari mana saja dan kapan pun, dengan perawatan yang relative mudah, serta pilihan pembiayaan melalui cicilan bahkan DP 0%, masyarakat diberikan pilihan untuk segera beralih ke sumber energi masa depan,” tutup Jurike.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Haru Koesmahargyo, Dukung PEN-ICRG, Bank BTN Transplantasi 710 Terumbu Karang dan Lepas 7.100 Tukik di Bal

Minggu, 11 April 2021 - 21:41 WIB

Luar Biasa Terobosan Pak Haru Koesmahargyo, Dukung PEN-ICRG, Bank BTN Transplantasi 710 Terumbu Karang dan Lepas 7.100 Tukik di Bali

DenpasarSebagai bentuk komitmen perusahaan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan hidup, sekaligus dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui program Indonesia Coral…

Ilustrasi Uang (ist)

Minggu, 11 April 2021 - 21:08 WIB

DPR dan Pakar Ekonomi Ungkap Beban Berat APBN Pulihkan Perekonomian

kewenangan dalam Perppu 1 Tahun 2020, dan disempurnakan dalam UU Nomor 2 Tahun 2020, untuk menetapkan batas defisit anggaran melampaui 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) selama masa penanganan…

Saleh Partaonan Daulay , Komisi IX DPR

Minggu, 11 April 2021 - 20:45 WIB

Saleh DPR: Masjid BUMN dan Pemerintah Harus Tetap Moderat, Tak Boleh Bermazhab

Anggota DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyerukan masjid-masjid harus tetap menjaga sikap moderatnya di tengah masyarakat. Masjid tidak boleh berafiliasi pada mazhab dan aliran tertentu, apalagi…

Pembangkit Listrik

Minggu, 11 April 2021 - 20:07 WIB

MIGA, World Bank Group Bakal Jamin 95% Proyek Energi Terbarukan PLN Selama 5 Tahun Kedepan

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan pertemuan dengan Lembaga Penjamin Investasi Multilateral atau Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA)…

Sri Mulyani di Forum Internasional (WEF)

Minggu, 11 April 2021 - 19:43 WIB

Sri Mulyani Minta IMF dan WBG Bantu Ringankan Beban Utang Negara-negara Berpenghasilan Rendah

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa pemulihan ekonomi indonesia prospeknya terproyeksi semakin baik. Hal itu disampaikannya secara virtual pada forum¬†Development…