Hutama Karya Tanam 70 Ribu Pohon Sepanjang Trans Sumatera

Oleh : Herry Barus | Selasa, 26 Januari 2021 - 13:03 WIB

Tol Trans Sumatera
Tol Trans Sumatera

INDUSTRY.co.id - Palembang – Untuk menjaga kualitas lingkungan menjadi lebih baik dan berkelanjutan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol melakukan upaya penghijauan dengan melakukan penanaman pohon sebanyak 6.600 pohon di sepanjang koridor jalan tol dan rest area Tol Bakauheni-Terbanggi Besar – Kayu Agung.

“Ini bukan pertama kali kami menanam pohon. Pada Hari Bakti PU ke – 75, kita menanam di seluruh green belt bendungan bersama seluruh balai – balai, sekarang kita gerakkan lagi selagi musim penghujan,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat memimpin gerakan penanaman pohon di Km 87 A Tol Bakauheni-Terbanggi Besar – Kayu Agung, Senin (25/1/2021)

Menurut Menteri Basuki, penghijauan tersebut sebagai salah satu bentuk menjaga keselarasan antara perekonomian, infrastruktur, serta konservasi. “Kita gerakkan penghijauan di ruas tol atau bendungan sebagai kepedulian akan isu perubahan iklim,” ucap Basuki.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, “Penanaman pohon ini bagian dari rencana menghijaukan jaringan jalan tol di Indonesia yang berfokus pada penataan lansekap ruang terbuka hijau dan permasalahan perubahan iklim,” ujar Danang Parikesit.

Danang menjelaskan, dalam program penghijauan perdana di jalan tol ruas Bakauheni- Terbangi Besar- Kayu Agung akan di tanam 6.600 pohon kayu putih serta gaharu. Dimana ada 5.000 pohon akan ditanam sepanjang koridor tol hingga rest area dan 1.600 buah lain di sepanjang koridor luar rest area.

 “Penghijauan ini selain bermanfaat untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim serta menjaga keberagaman hayati, juga dapat menghasilkan nilai komersial sebab tanaman tersebut cukup cepat tumbuh sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan,” tambahnya.

Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar – Kayu Agung sepanjang 329 Km dilengkapi 9 rest area di lajur A yaitu, di Km 20, Km 49, Km 87 Km, Km 116, Km 163, Km 208, Km 234, Km 277, dan Km 311. Sedangkan lajur B terdapat 8 rest area yaitu di Km 20, Km 49, Km 87, Km 116, Km 172, Km 215, Km 269 dan Km 306.

Hutama Karya  Lakukan Tanam 70 Ribu

Semenetara itu, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans  Sumatera (JTTS) berupaya untuk dapat terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna tol  yang melintas, salah satunya dengan menerapkan konsep jalan tol hijau dan ramah lingkungan  bagi pengguna jalan yang melintas.

Oleh karena itu, pada Senin (25/1/2021), Hutama Karya turut melakukan seremoni penanaman 6600 pohon di sekitar rest area KM 87 Tol Bakauheni – Terbanggi Besar bersama dengan  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Kepala BPJT, Danang Parikesit, Direktur Utama  Hutama Karya, Budi Harto, Direktur Operasi I Hutama Karya, Suroto dan Direktur BUMN  lainnya, disela-sela kunjungan kerja ke Lampung dan Palembang.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa kegiatan penghijauan ini dilakukan  untuk menjaga keselarasan antara infrastruktur dan konservasi. Agenda penghijauan juga merupakan salah satu agenda rutin dari Kementerian PUPR sejak lama, pada saat Hari Bhakti PU yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2020 telah diadakan penanaman pohon sebanyak 476.000 di seluruh Balai Kementerian PUPR yang ada di Indonesia. “Pentingnya untuk melakukan penghijauan saat ini sebagai bentuk implementasi Green Economy, sehingga saat  ini kami gerakan kembali agenda penghijauan dengan sasaran di jalan tol. Momennya juga sangat tepat dikarenakan sedang musim hujan,” tutur Basuki.

Sementara itu Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto mengatakan bahwa kedepan akan  ada total lebih kurang 70.000 pohon di 14 rest area sepanjang JTTS dengan total lebih-kurang  5000 pada tiap-tiap rest area. “Dalam tahapan pertama ini, di lokasi rest area KM 87A Tol Bakauheni – Terbanggi Besar sebelumnya telah ditaniamkan 1000 pohon dan hari ini kami tambah lagi 5600 ribu pohon dimana secara simbolis telah dilakukan oleh Pak Basuki,” tutur  Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan bahwa dengan ceremonial penanaman pohon secara simbolis  tersebut, maka secara resmi Hutama Karya telah berkomitmen untuk melakukan penghijauan  di sekitar Rest Area JTTS Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar dan Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung. “Dengan dilakukannya penanaman pohon secara simbolis tersebut, kami akan berkolaborasi dengan Kementerian PUPR dalam penanaman dan  pemeliharaan pohon untuk mendukung penghijauan dengan tanaman produktif di wilayah  JTTS. Hal ini sebagai wujud pembangunan infrastruktur yang tetap mendukung pelestarian, konservasi, dan menjaga biodiversitas atau ekosistem dari kondisi setempat. Rest Area yang  rindang nantinya juga akan menyegarkan kondisi tubuh dan pikiran pengguna setelah lelah  mengendarai jalan yang cukup panjang,” tutup Budi Harto, Direktur Utama Hutama Karya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Haru Koesmahargyo, Dukung PEN-ICRG, Bank BTN Transplantasi 710 Terumbu Karang dan Lepas 7.100 Tukik di Bal

Minggu, 11 April 2021 - 21:41 WIB

Luar Biasa Terobosan Pak Haru Koesmahargyo, Dukung PEN-ICRG, Bank BTN Transplantasi 710 Terumbu Karang dan Lepas 7.100 Tukik di Bali

DenpasarSebagai bentuk komitmen perusahaan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan hidup, sekaligus dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui program Indonesia Coral…

Ilustrasi Uang (ist)

Minggu, 11 April 2021 - 21:08 WIB

DPR dan Pakar Ekonomi Ungkap Beban Berat APBN Pulihkan Perekonomian

kewenangan dalam Perppu 1 Tahun 2020, dan disempurnakan dalam UU Nomor 2 Tahun 2020, untuk menetapkan batas defisit anggaran melampaui 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) selama masa penanganan…

Saleh Partaonan Daulay , Komisi IX DPR

Minggu, 11 April 2021 - 20:45 WIB

Saleh DPR: Masjid BUMN dan Pemerintah Harus Tetap Moderat, Tak Boleh Bermazhab

Anggota DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyerukan masjid-masjid harus tetap menjaga sikap moderatnya di tengah masyarakat. Masjid tidak boleh berafiliasi pada mazhab dan aliran tertentu, apalagi…

Ilmuwan BATAN (ist)

Minggu, 11 April 2021 - 20:33 WIB

Agar Maju, Pemerintah Diminta DPR Kembangkan Tenaga Nuklir, Sugeng: Skala Kecil Saja Dulu, Kami Dukung...

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto menyampaikan, tenaga nuklir saat ini sudah dikembangkan dan menjadi tren di negara-negara maju sebagai energi alternatif.  Menurutnya, Indonesia sebenarnya…

Pembangkit Listrik

Minggu, 11 April 2021 - 20:07 WIB

MIGA, World Bank Group Bakal Jamin 95% Proyek Energi Terbarukan PLN Selama 5 Tahun Kedepan

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan pertemuan dengan Lembaga Penjamin Investasi Multilateral atau Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA)…