Bakal Meningkat Tajam, PPSBI Klaim Ekspor Sarang Burung Walet Bikin Kaya RI

Oleh : Ridwan | Kamis, 21 Januari 2021 - 20:00 WIB

foto Ilustrasi Sarang Burung Walet
foto Ilustrasi Sarang Burung Walet

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Perkumpulan Pengusaha Sarang Burung Indonesia (PPSBI), Boedi Mranata mengungkapkan bahwa ekspor sarang burung walet berpotensi meningkat tajam serta mampu memberi devisa negara yang cukup besar. 

Dengan adanya regulasi eksportir terdaftar sarang burung walet (ET-SBW) yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan untuk ekspor walet ke semua negara  diharapkan nilai devisa ekspor tersebut akan meningkat.

Menurut Boedi, saat ini China menjadi salah satu importir terbesar sarang burung walet dengan total 262 ton per tahun 2020 dengan harga rata-rata Rp25 juta per kilogram.

Sedangkan untuk ke negara lain karena belum diberlakukan Eksportir Terdaftar, maka nilai harga ekspornya rata-ratanya lebih rendah bahkan  ada yang hanya Rp632 ribu per kilogram.

"Ekspor ke Cina paling jelas regulasinya dibanding negara lain. Ini kalau digali dengan aturan-aturan yang jelas dan diberlakukan Eksportir Terdaftar, kemungkinan nilai  harga sarang burung walet yang tercatat  bisa meledak dan devisa kita bisa naik," ujar Boedi di Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Boedi menilai, sejak dulu sarang burung walet Indonesia memang sudah menjadi incaran negara-negara lain khusunya China.

Terlebih dengan keterbukaan globalisasi sekarang ini menjadikan sarang burung walet sebagai salah satu andalan bagi devisa dari sektor pertanian.

Hal lain yang sangat  penting yaitu jangan sampai kita mengekspor bahan baku walet  yang masih kotor seperti  yang kita lakukan di masa lalu karena hal ini tidak memberikan nilai tambah dan bisa menyebabkan pengangguran serta menurunkan devisa negara.

"Saya kira dengan evaluasi mana yang mesti diperbaiki dalam ekspor sarang walet serta kita mampu membuat diversifikasi produk nilai tambahnya (added value) seperti minuman dalam botol, aneka makanan dari walet, kosmetik, obat obatan,dll maka jika produk ini diekspor, saya yakin  devisanya akan berlipat lipat," tandasnya. 

Mengenai hal ini, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menilai bahwa potensi ekspor sarang burung walet masih akan terus menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Hal ini dikarenakan sarang burung walet dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan.

"Dari data pada IQFAST Badan Karantina Pertanian (Barantan) tercatat bahwa selama masa pandemi COVID-19 saja, di tahun 2020 jumlah ekspor sarang burung walet tercatat sebanyak 1.155 ton dengan nilai Rp 28,9 triliun," katanya.

Mentan menambahkan, jumlah itu meningkat 2,13 persen dari pencapaian di tahun 2019 yang hanya sebanyak 1.131 ton atau senilai Rp. 28,3 triliun. Selain itu, kata dia, sarang burung walet dapat hidup baik dengan ekosistem yang terjaga, mulai dari hutan, laut dan sungai sebagai penghasil pakan walet alami.

Sementara Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Kementan, Ali Jamil mengatakan pihaknya telah memiliki laboratorium pengujian yang telah diakui oleh negara mitra dagang. 

Selain percepatan layanan, pihaknya juga terus melakukan inovasi teknologi perkarantinaan untuk memfasilitasi pertanian diperdagangan internasional.

Menurutnya, partisipasi dan dukungan dinas pertanian, peternak dan masyarakat dalam menjaga keberlangsungan komoditas sarang burung walet sangat diperlukan. Terlebih lagi setiap negara tujuan memiliki protokol ekspor yang harus dilewati.

"Untuk itu kita harus bersama-sama menjaga serta laporkan jika melalulintaskan unggas khususnya kepada petugas karantina agar sarang burung walet tetap dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 - 11:00 WIB

Mencermati Dampak Eskalasi Ketegangan di Timur Tengah

DURASI dan skala dari konflik Iran-Israel tak sekadar mengeskalasi ketidakpastian, namun juga memengaruhi perubahan dinamika global di hari-hari mendatang. Komunitas internasional, secara tidak…

Ilustrasi industri keramik

Kamis, 25 April 2024 - 10:53 WIB

Antidumping Keramik, FOSBBI: Tak Perlu Dijalankan, Penjulan Lesu

Ketua Umum Forum Suplier Bahan Bangunan Indonesia (FOSBBI), Antonius Tan menyebut bahwa saat ini, para produsen maupun importir keramik masih melihat secara mendalam terkait Peraturan Menteri…

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Kamis, 25 April 2024 - 10:49 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau proyek Bendungan Bulango Ulu Paket I garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yang berlokasi di Kabupaten Bone Bolango sebagai rangkaian…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Menperin Agus Sodorkan Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Kamis, 25 April 2024 - 10:08 WIB

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. POLYTRON memahami hal ini dengan…