Univ. Yarsi Gelar Seminar Pelatihan TIK Perpustakaan Berbasis SLiMS

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 06 Mei 2017 - 08:28 WIB

Universitas Lembaga Pengambdian Kepada Masyarakat Universitas YARSI (LPM UY) Gelar Seminar Pelatihan TIK Perpustakaan Berbasis SLiMS
Universitas Lembaga Pengambdian Kepada Masyarakat Universitas YARSI (LPM UY) Gelar Seminar Pelatihan TIK Perpustakaan Berbasis SLiMS

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pendidikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat berperan penting bagi kehidupan kita, bahkan menjadi hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Pemanfaat yang optimal, dan caranya efektif membuat kebutuhan manusia semakin mudah. Khususnya, pemanfaat TIK dibidang perpustakaan.

Lembaga Pengambdian Kepada Masyarakat Universitas YARSI (LPM UY) menggelar Seminar Nasional dan Pelatihan Otomasi Perpustakaan Berbasis SLiMS yang bertempat di Ruangan Al Quddus Lt. 12 Universitas YARSI, Selasa 2 Mei 2017. Salah satunya penerapan TIK dalam bidang perpustakaan dengan system otomasi dan perpustakaan digital.

Otomasi perpustakaan merupakan sebuah proses pengelolaan perpustakaan dengan menggunakan bantuan Teknologi Informasi (TI). Dengan otomasi perpustakaan proses pengolahan data koleksi perpustakaan menjadi lebih akurat dan cepat untuk ditelusuri kembali.

Pemanfaatan TI untuk kegiatan-kegiatan perpustakaan meliputi pengadaan, pengolahan, penyimpanan dan penyebarluasan informasi, Dapat dikatakan bahwa otomasi perpustakaan mengubah sistem perpustakaan yang manual menjadi sistem perpustakaan yang terkomputerisasi.

Dengan adanya proses digitalisasi ini, diharapkan dapat mempermudah pencarian informasi di dalam koleksi obyek informasi seperti dokumen, gambar dan database dalam format digital dengan cepat, tepat, dan akurat. Perpustakaan digital itu tidak berdiri sendiri, melainkan terkait dengan sumber-sumber lain dan pelayanan informasinya terbuka bagi pengguna di seluruh dunia

Selain itu sistem ini dapat membantu manajemen perpustakaan serta dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengoperasian perpustakaan.

Idealnya, setiap perpustakaan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk mendukung pengelolaan koleksi perpustakaan. Salah satu contoh konkritnya yaitu perpustakaan menggunakan Aplikasi yang disebut dengan SLiMS (Senayan Library Management System).

Aplikasi OSS (Open Source System) ini telah digunakan hampir di seluruh perpustakaan di Indonesia. SLiMS adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) yang dilisensikan di bawah GPL v3.

Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan mendapatkan penghargaan INAICTA 2009 untuk kategori aplikasi open source.

Senayan Library Management System (SLiMS) merupakan aplikasi OSS perpustakaan yang cukup terkenal di Indonesia, bahkan di luar negeri pun banyak yang menggunakan SLiMS sebagai metadatanya.

Hal ini karena beberapa keunggulan yang dimiliki metadata ini sebagai mana yang telah dipaparkan. Diharapkan SLiMS ini lebih disosialisasikan kepada masyarakat luas dalam upaya mengembangkan perpustakaan digital di Indonesia. Semoga semangat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang perpustakaan semakin tumbuh subur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.