Indonesia Siap Maju Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Oleh : Irvan AF | Sabtu, 06 Mei 2017 - 07:34 WIB

Ilustrasi trofi Piala Dunia. (Foto: FIFA.com)
Ilustrasi trofi Piala Dunia. (Foto: FIFA.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 dalam kongres Ferderasi Internasional Bola Basket (FIBA) yang berlangsung di Hong Kong, pada Kamis (4/5) hingga Jumat (5/5).

"Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah piala dunia bersama Filipina dan Jepang. Kami akan mempersiapkan segala sesuatunya agar usulan itu dapat terwujud," kata Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima i Jakarta, Jumat (5/5/2017).

Negara lain yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 adalah Turki, Rusia, serta Uruguay yang akan bergabung dengan Argentina. Pada pengajuan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Bakset 2019, Filipina kalah dari China. Negari Panda itu akan menggelar Piala Dunia Bola Basket di kota Beijing, Nanjing, Suzhou, Wuhan, Guangzhou, Shenzhen, Foshan dan Dongguan.

Indonesia optimistis maju sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket karena telah menggelar Kejuaraan Bola Basket Antar-klub Asia pada 2009 di Jakarta. Kementerian Pemuda dan Olahraga mendukung pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 bersama Filipina dan Jepang.

"Kami akan menggandeng Kementerian Luar Negeri untuk melakukan pendekatan diplomatik sebagai bentuk dukungan terhadap Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dan SEABA," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto.

Kemenpora, lanjut Gatot, juga akan memfasilitasi koordinasi penyelenggaraan Piala Dunia Bola Bakset dengan kementerian-kementerian serta lembaga-lembaga terkait sebagaimana persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Pencalonan Indonesia itu menunjukkan kita mampu menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga internasional meskipun persiapannya membutuhkan kerja luar biasa," ujar Gatot.

FIBA meluncurkan empat pilar strategis dalam kongres yang dihadiri perwakilan 139 federasi bola basket nasional itu. Empat pilar itu adalah program pengembangan federasi nasional sebagai misi utama, pemberlakukan kalendar dan sistem kompetisi yang baru yaitu "home and away" mulai 2017. Kemudian, kejuaraan 3x3 menjadi salah satu kejuaraan satu kunci pengembangan bola basket internasional, serta penerapan satu aturan untuk mewujudkan visi bola basket sebagai olahraga populer. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Selasa, 21 Mei 2019 - 11:00 WIB

Lonjakan Defisit Neraca Dagang Tuntut Reformasi Struktural

Kabar kurang menggembirakan kembali mengejutkan pasar finansial Indonesia pada pertengahan Mei ini. Tak hanya polemik perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok semakin panas, investor…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, PhD dan Kepala Karantina dan Keamanan Pangan Sarawak, Gasing Anak Nyalu

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:53 WIB

Kementan Capai Kesepakatan bersama Otoritas Serawak Terkait Ekspor

Kuching - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) jajaki harmonisasi aturan perkarantinaan Indonesia - Sarawak, Malaysia terkait lalu lintas komoditas pertanian di…

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:39 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, FIF Group Resmikan Reading Corner di Lima Kota

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019) kemarin.

Perakitan perangkat Xiaomi

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:34 WIB

Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Menjelang Momentum Lebaran

Berkomitmen untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen di bulan Ramadan, Xiaomi berfokus pada kelancaran proses produksi dan distribusi.

Ilustrasi e-money. (Foto: Istimewa)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:20 WIB

Ini Dia 100 Titik Layanan Top Up E-money bagi Pemudik

Bank Indonesia (BI) berkoordinasi dengan perbankan nasional dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyediakan lebih dari 100 layanan mobile top up e-money (uang elektronik) di sejumlah titik peristirahatan…